Punya Hobi Menulis? Nih, ada 7 Pekerjaan yang Cocok Buat Kamu - Memiliki hobi menulis memang sangat menyenangkan. Memiliki kebiasaan menulis ternyata juga bisa menjadikan penghasilan juga, karena ada banyak sekali pekerjaan untuk para pecinta dunia tulis-menulis.

Tentunya ini akan membuat hobi menjadi lebih berharga dan saat bekerja dalam bidang tulis-menulis nanti akan sangat menyenangkan atau bahkan tidak terasa seperti bekerja, karena memang sudah hobinya.

Apabila kamu masih bingung pekerjaan yang cocok buat yang suka nulis, yuk simak ulasannya berikut ini seperti yang dikutip oleh Cermati.com dari berbagai sumber.

1. Penulis Buku Cerita Anak


Di jaman yang serba digital seperti sekarang ini, nyatanya keberadaan buku masih eksis di  beberapa kalangan salah satunya adalah buku anak. Hal ini dikarenakan, sebagai orang tua yang pintar pasti akan mengajarkan anaknya untuk mencintai buku bacaan sejak dini.

Dengan membaca buku juga dapat meningkatkan kemampuan otaknya dalam berpikir dan berimajinasi. Jika memiliki hobi menulis, tentunya menulis cerita-cerita pendek fiksi untuk anak tentunya akan sangat menyenangkan.

Tak perlu bingung untuk menguraikan ceritanya, ungkapkan saja mengenai hewan yang dirangkai menjadi sahabat. Selain itu, kamu sebagai pengarang juga bisa menguraikan cerita mengenai cerita anak yang berbakti kepada orang tuanya, mengejar cita-citanya dan masih banyak lainnya.

2. Editor

Yang ini lebih keren lagi, yaitu menjadi editor. Sebagai seorang penulis pasti kamu memiliki kemampuan dan menguasai aturan ejaan yang baik dan benar.

Apalagi di zaman sekarang ini, ada banyak sekali media-media baru yang pastinya membutuhkan editor. Atau kamu juga bisa mencoba menjadi editor di penerbit buku yang juga sedang menjamur di mana-mana.

3. Content Writer


Seiring berkembangnya teknologi, banyak perusahaan yang membutuhkan jasa content writer untuk mengisi dan mempromosikan produknya di website. Hal ini tentunya sangat bisa dicoba buat kamu yang ingin mendapat penghasilan tambahan dari dunia tulis-menulis.

Menjadi content writer juga tidaklah sulit, penulis hanya butuh waktu untuk mengumpulkan bahan informasi dari berbagai sumber kemudian diulasnya kembali dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar serta gaya tulisan yang menarik. Selain itu, sebagai content writer juga tidak menyita banyak waktu. Bahkan sebagian besar para content writer adalah freelance yang bisa bekerja sesuai dengan waktu kosong mereka.

4. Penulis Berita Online

Seperti yang dikatakan sebelumnya, pertumbuhan media online semakin pesat, termasuk portal berita online. Jika kamu hobi menulis esai atau opini tentang politik di negeri ini, atau informasi teknologi terbaru atau juga bisa tentang selebritis, tentunya pekerjaan ini akan sangat cocok buat kamu.

Tak ada salah menjadi penulis kontributor di beberapa media online, sebab kamu juga biasanya akan diberikan honor jika tulisan lolos dari editor. Bukan hanya itu saja, tulisanmu juga akan dimuat di media online tersebut.

5. Blogger


Seorang penulis pasti tidak asing dengan blog. Bahkan bisa dipastikan setiap orang yang memiliki hobi menulis akan membuat blog mereka sendiri untuk mengekspresikan pemikirannya. Dengan sering menulis di blog yang telah dimiliki, kamu hanya tinggal mempromosikan blog pribadi ke khalayak umum agar mereka membuka dan membacanya.

Kamu juga akan mendapatkan penghasilan dari blog pribadi disaat telah memiliki banyak pengunjung. Kamu bisa mendaftarkan blog miliki ke Google Adsense dan juga dari iklan-iklan. Tambah lagi, jika ada tempat usaha seperti restoran, salon dan sebagainya yang ingin diulas.

Namun hal ini tentunya membutuhkan proses yang cukup tidaklah sebentar. Jadi, nikmati saja prosesnya dan terus konsisten untuk menulis di blogmu.

6. Ghost Writer

Jangan berpikir buruk dulu, ghost writer bukanlah penulis hantu atau penulis yang menjadi hantu. Lebih tepatnya, ghost writer merupakan seorang penulis yang menyediakan jasa menulis artikel, cerita atau berbagai jenis tulisan lain tanpa mencantumkan namanya dalam tulisan tersebut.

Biasanya ghost writer menerima proyek menulis dari orang dengan tema yang telah ditentukan. Tugasnya disini adalah ghost writer membantu pemesan tulisan untuk membuat sebuah tulisan dengan gagasan dari kliennya atau si pemesan.

Menjadi Ghost writer adalah pekerjaan yang mulia, karena mereka membantu menuliskan sesuatu baik itu ide, gagasan, atau pengalaman hidup orang lain yang memiliki kendala dalam hal menulis. Selain itu juga, tentunya kamu akan mendapat upah yang sesuai dengan hasil tulisanmu.

7. Jurnalis


Puncaknya, seorang penulis pasti menginginkan berprofesi sebagai jurnalis. Buat kamu yang hobi melakukan reportase dari jalan-jalan atau ingin memiliki tantangan yang berbeda, tentunya profesi ini sangat cocok. Jika memiliki cita-cita menjadi seorang jurnalis, langsung saja mendaftarkan diri di portal berita di kota.

Pilih Sesuai Passion dan Kerjakan Sebaik Mungkin

Banyaknya pekerjaan yang bisa dipilih berdasarkan hobi nulis tentunya kembali lagi dengan passion yang dimiliki. Bekerja sesuai dengan passion yang dimiliki tentunya akan sangat menyenangkan, sehingga tidak ada beban bahwa itu adalah pekerjaan. Selain itu, kerjakan semua pekerjaan dengan sebaik mungkin. Ingatlah bahwa di luar sana masih ada banyak orang yang menginginkan sebuah pekerjaan namun belum bisa mencapai cita-cita.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: