Yeay Dapat Interview Kerja! ini 8 Tips Tampil Menarik yang Perlu Kamu Perhatikan - Lolos ke tahap interview kerja? Selamat! Kamu patut senang dan bangga terhadap dirimu sendiri. Tapi, jangan sampai berlebihan karena masih punya tugas yang tak kalah penting, yaitu menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan interview sebaik dan semaksimal mungkin. Mulai dari dokumen, alat tulis, dan yang tidak kalah penting adalah penampilan dari pakaian hingga merias wajah dengan makeup untuk wanita agar bisa tampil menarik selama interview kerja nanti.

Hingga sekarang ini, pastinya masih ada saja yang merasa bingung harus berpenampilan seperti apa agar saat interview kerja terlihat menarik. Agar bisa mendapatkan gambaran penampilan saat intervier kerja untuk pertama kalinya, tak ada salahnya simak ulasan berikut ini yang telah

1. Kenakan Outfit yang sesuai


Satu hari sebelum wawancara kerja berlangsung, coba persiapkan outfit atau pakaian seperti apa yang akan dikenakan nanti. Apakah itu celana bahan yang dipadukan dengan kemeja putih dan blazer atau rok? Hal berpakaian mungkin terkesan sepele, tapi pakaian yang tepat dapat membuatmu tampil maksimal selama wawancara kerja berlangsung.

Hindari pakaian yang terlalu besar atau ketat saat interview kerja. Selain kurang sopan dan kurang enak dilihat, pakaian yang kebesaran atau kekecilan kurang nyaman saat dipakai. Ketidaknyamanan ini tentu saja dapat mempengaruhi performa saat menjawab pertanyaan.

2. Pastikan Pakaian Rapi

Pastikan pakaian yang dikenakan sudah disetrika terlebih dahulu, ya! Jangan biarkan satu helai pun terlihat kusut agar siapapun yang memandangmu langsung terkesan atas penampilanmu. Baik pria maupun wanita, sebaiknya masukan kemeja ke dalam bawahan celana atau rok, lalu pasangkan ikat pinggang agar kesan rapinya lebih maksimal.

Selain rapi, pastikan pula pakaianmu bersih dan wangi.  Jika bau, hal ini tentu saja akan mengurangi rasa percaya dirimu karena menganggap ada yang salah dengan dirimu.

3. Poles Wajah dengan Makeup Natural


Khusus wanita, sah-sah saja kalau mau memakai makeup saat menghadiri interview kerja. Tapi, pastikan makeup yang dipoles natural alias tidak terkesan berlebihan ataupun pucat agar penampilanmu enak dilihat. Kamu bisa memoles foundation, concealer, bedak padat, blush on, dan lipstik secara tipis ke masing-masing area wajah. Usahakan memakai produk makeup yang berkualitas agar hasilnya lebih tahan lama di wajah.

4. Tata juga Rambut dengan Rapi

Rambut merupakan bagian yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Pastikan penataan rambut sudah baik dan rapi sebelum menghadiri interview kerja. Untuk pria, sebaiknya pangkas rambutmu 3-4 hari sebelum interview berlangsung sehingga kamu tidak merasa ada yang aneh dengan penampilanmu. Sementara untuk perempuan, cuci rambut, keringkan, dan jepit bagian tertentu agar tidak menutupi wajah. Jika perlu, bisa mengikat rambut agar tidak mengganggu selama interview kerja berlangsung.

Jangan sampai kamu datang ke ruang wawancara dengan rambut yang masih berantakan. Hal ini menandakan kalau kamu terburu-buru dan kurang persiapan. Kalaupun kamu bangun terlambat, setidaknya bawalah sisir kecil agar bisa menyisir rambutmu terlebih dahulu sebelum menginjakkan kaki di perusahaan.

5. Hindari Kuku yang Kotor


Bagian yang sering diabaikan kebersihannya, yaitu kuku jari tangan. Meskipun kebersihan kuku tidak masuk dalam kriteria penilaian, tapi apa salahnya kalau kamu membersihkannya terlebih dahulu. Hal ini bisa menjadi poin tambahan bila kamu adalah calon karyawan yang sangat memperhatikan kebersihannya. Selain memotong kuku, bagi wanita juga bisa memoleskan kuteks berwarna bening atau warna lain yang lebih soft agar kukumu tampak lebih sehat.

6. Cek Kembali Penampilan

Apakah penampilan kamu sudah sesuai dengan kriteria interview kerja pada umumnya? Atau masih ada yang perlu diperbaiki karena terkesan terlalu berlebihan? Sebaiknya cek kembali dan perhatikan keserasian pakaian, makeup, dan lain-lain sebelum berangkat ke perusahaan atau tempat interview.

Apabila ada bagian yang kurang pas, kamu pun bisa segera memperbaikinya sebelum kesalahan ini dilihat oleh rekruiter nanti. Sesuaikan penampilan dengan karakter yang melekat pada dirimu. Ketika semuanya sesuai, kamu pun akan merasa nyaman terhadap diri sendiri sehingga kamu mampu menonjolkan sisi terbaik dalam dirimu. Sisi terbaik seperti inilah yang menjadi poin penilaian penting bagi rekruiter.

7. Hindari Memakai Aksesoris Berlebihan


Mengingat wawancara kerja adalah sesi formal, maka penampilanmu pun harus terlihat formal dan profesional. Hindari yang namanya pemakaian aksesori yang berlebihan, kecuali jam tangan. Kalaupun ingin memakai anting atau cincin, perhatikan model dan ukurannya. Jangan pula memakai anting atau cincin yang terlalu besar dan terlihat mewah agar rekruiter tetap nyaman saat mewawancarai kamu.

8. Pupuk Rasa Percaya Diri

Pakaian sudah bagus, makeup dan rambut juga sudah, selanjutnya saatnya untuk menumbuhkan rasa percaya diri agar kamu bisa tampil lebih maksimal lagi kala menghadiri interview kerja. Sebab, sebagus apapun penampilan tapi kalau tidak disertai dengan rasa percaya diri, semuanya akan sia-sia. Rekruiter pun ragu untuk merekrutmu sebagai karyawan karena gagal menunjukkan potensi dirimu yang sebenarnya.

Anggaplah sesi wawancara seperti sesi tanya-jawab dengan teman-teman biasa, namun menggunakan tata bahasa yang baik dan benar sehingga bisa lebih rileks saat menjawab.

Tunjukkan Sisi Terbaikmu Kepada Perusahaan

Semua orang mempunyai sisi terbaik dalam dirinya. Tapi, tidak semua orang berhasil menunjukkannya kepada orang lain. Hal inilah yang sebaiknya harus dihindari saat interview kerja. Maka dari itu, latihlah dirimu dari sekarang untuk menjadi lebih berani sehingga apa yang ada dalam dirimu akan terpancar dengan sendirinya. Jadikan sesi interview sebagai kesempatan berharga yang tidak bisa diulang kembali agar kamu bisa menunjukkan yang terbaik. Good luck!

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: