Cara Membuat Bir Pletok - Minuman yang satu ini ialah minuman tradisional yang nyaris susah ditemui. Bermacam restoran tertentu saja yang masih sediakan bir pletok ini.
Bir pletok lumayan populer di Indonesia di antara lain semacam Bir Pletok Jawa serta Bir Pletok Betawi. Untuk kalian yang penasaran mau berupaya, kalian dapat buatnya sendiri di rumah lho! Nih, regu eatcious hendak bocorkan formula rahasianya. Berikut sepenuhnya.

Cara Membuat Bir Pletok Tradisional serta Enak

Ramuan rasa khas bir pletok lahir dari 11 berbagai rempah yang terdapat di dalam satu gelas minuman bernama bir pletok. Terkesan susah buat terbuat kala kalian mencicipi minuman ini, tampaknya gampang banget buat terbuat. Kalian cuma lumayan mempersiapkan sebagian rempah di dasar ini semacam:
Cara Membuat Cendol
  1. Jahe 250 gram
  2. Cengkeh 3 gram
  3. Biji pala 3 gram
  4. Lada 3 gram
  5. Sereh 3 gram
  6. Kapulaga 3 gram
  7. Kayu manis 30 gram
  8. Daun pandan 7 lembar
  9. Daun jeruk 6 lembar
  10. Gula manis satu kilogram
  11. Ini merupakan bahan- bahan buat membuat minuman kurang lebih 6 liter.
Nah, sehabis seluruh bahan sudah kalian siapkan, kalian lumayan membutuhkan sedikit perlengkapan masak saja. Lumayan keahlianmu menghancurkan bumbu yang pantas diuji pada formula ini. Umumnya tingkatan kehalusan perpaduan rempah tersebut hendak mempengaruhi rasa dari bir pletok.
Ayo kita mulai membuat
  1. Pertama- tama, kalian wajib mempersiapkan jahe, biji pala, lada, kapulaga, serta sereh yang sudah digeprek sampai rusak ataupun sirna. Berikutnya, masukkanlah ke dalam panci yang telah berisi air serta dipanaskan memakai api lagi. Jangan sangat kecil serta pula jangan sangat besar tekanan apinya ya.
  2. Sesi berikutnya, masukkan rempah yang lain mulai dari daun pandan, daun jeruk, cengkeh, serta kayu manis. Kala kalian mulai mengaduk- aduk, masukkan pula gula cocok seleramu. Tentukan rasa manis cocok keinginanmu.
  3. Oh iya, satu rempah yang belum dimasukkan yakni kayu secang. Kayu secang sendiri berperan buat pewarnaan. Terus menjadi banyak terus menjadi merah, pasti dengan mutu secang yang bagus.
  4. Memilih sacang yang wangi serta masih baru. Ya, karena mempengaruhi mutu rasa lho. Sehabis mendidih, tutup panci serta diamkan sepanjang 20- 25 menit dalam kondisi kompor menyala.
  5. Sehabis mendidih, bir pletok juga siap dihidangkan. Eits, bir pletok pula nikmat dicampur dengan batu es. Ayo dicoba cocok kreasi minuman favoritmu.
Cara Membuat Es Krim
Bir pletok khas Betawi ini dapat dinikmati selagi hangat, dapat pula dengan ditambahkan es batu. Buat buatnya sendiri di rumah pula tidak sangat susah. Berikut formula yang dapat dicoba.
Bahan- Bahan
  • 2, 5 liter air
  • 200 gr jahe, dikupas kemudian diiris tipis
  • 5 lembar daun pandan wangi, mencuci bersih kemudian potong 5 cm
  • 10 lembar daun jeruk purut, mencuci bersih
  • 3 batang serai, memarkan
  • 5 butir cengkeh
  • 10 centimeter kayu manis
  • 15 gr kayu secang
  • 300 gr gula pasir
  • 5 butir kapulaga
  • 1 butir pala
Metode Membuat
  1. Campur seluruh bahan. Rebus hingga mendidih, kemudian kecilkan api serta perkenankan sepanjang 30 menit.
  2. Matikan api, saring bir pletok.
  3. Bir pletok dapat dinikmati selagi hangat, dapat pula dinikmati dingin dengan es batu.

Selamat berupaya! Dari berbagai Sumber Google
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: