Cara Membuat Es Pisang Ijo – Bermacam hidangan takjil hendak gampang kalian temukan kala menjelang berbuka puasa. Salah satu di antara lain merupakan es pisang ijo. Kuliner khas kota Makassar ini jadi hidangan yang digemari banyak orang sehabis kolak pisang.

Walaupun jajanan pasar ini tidak cuma muncul dikala bulan Ramadan saja, hendak namun es pisang ijo telah jadi salah satu kuliner identik yang sering dijadikan menu takjil dikala puasa. Sama semacam kolak pisang, es pisang ijo pula memakai pisang bagaikan bahan utamanya yang setelah itu dibalut dengan adonan tepung bercorak hijau.
Rasanya manis, gurih serta fresh sebab perpaduan dari pisang, vla ataupun bubur sumsum, sirup DHT ataupun cocopandan dan es serut. Kuliner ini sesuai banget buat dijadikan menu berbuka puasa sebab kesegarannya hendak memanjakan lidah siapapun yang menyantapnya.
Nah, daripada jajanan melulu, mending kalian coba buat sendiri di rumah. Berikut formula serta metode gampang membuat es pisang ijo, semacam dikutip dari cookpad. com, Sabtu( 19/ 5).
Bahan kulit:
  1. 100 gr tepung terigu
  2. 100 ml air
  3. 1 sdt margarin
  4. Garam secukupnya
  5. Pasta pandan secukupnya
  6. 3 buah pisang raja dimensi sedang
Bahan vla ataupun bubur sumsum:
  1. 200 ml santan( santan kara 65 ml+ air)
  2. 25 gr gula pasir
  3. 3 sdt tepung terigu
  4. Garam secukupnya
  5. Vanili cair secukupnya
Bahan lain:
  1. Es batu ataupun es serut secukupnya
  2. Sirup DHT ataupun sirup cocopandan secukupnya
Cara membuat:
  1. Buat membuat kulitnya, awal siapkan panci kemudian rebus air, margarin, garam serta pasta pandan. Rebus hingga mendidih kemudian kecilkan api, masukkan tepung terigu sembari diaduk kilat. Matikan api.
  2. Sehabis adonan telah agak dingin, remas- remas adonan sampai seluruh menyatu. Bila rupanya kurang hijau dapat meningkatkan pasta pandan.
  3. Kupas pisang kemudian bungkus dengan adonan kulit tadi.
  4. Panaskan kukusan, bungkus tutupnya dengan serbet bersih. Olesi dengan minyak di dalam wadah pisang supaya pisang tidak lengket. Kemudian kukus sepanjang 10- 15 menit. Angkat serta potong- potong cocok selera.
  5. Buat membuat vlanya, awal rebus santan, gula, garam serta vanili cair. Aduk dengan whisker hingga mendidih. Setelah itu larutkan tepung dengan air. Dikala santan telah mendidih, masukkan larutan tepung sembari diaduk terus dengan whisker hingga mengental serta mendidih. Matikan api.
  6. Siapkan mangkuk ataupun piring. Letakkan pisang, es batu ataupun es serut serta vla.
  7. Tuangkan sirupnya serta es pisang ijo juga siap disajikan. Selamat berupaya!
Saya merupakan salah satu penggemar berat es pisang ijo asli Makassar. Tapi suka sebel karena saat penyajian pisang ijonya sering sudah keras. Padahal bayangan pengin makan pisang ijo yang masih lembut, menul-menul dan mantap saat di makan.
Karena baper yang terlalu dalam akhirnya coba-coba bikin sendiri di rumah. Alhamdulilah ketemu resep es pisang ijo nya Bunda Endang JTT yang super lembut dan menul-menul walaupun dimakan keesokan harinya. Resep es pisang hijau ini anti gagal, asal Anda mengikuti step by stepnya dengan benar.
Untuk mendapatkan adonan es pisang ijo yang mantap dengan rasa yang premium, lebih baik gunakan pewarna makanan alami seperti daun suji dan daun pandan. Karena selain menciptakan aroma wangi yang khas, warnanya pun sangat cantik dan alami. Namun jika ingin praktis, boleh juga menggunakan pasta atau pewarna makanan warna hijau. Suka-suka saja yes!
Nah untuk mendapatkan tekstur adonan resep es pisang ijo yang tetap lembut sampai besok, di sini kita menggunakan cara yang sedikit berbeda dengan proses pembuatan adonan kulit es pisang ijo pada umumnya.
Yaitu dengan cara campur semua bahan adonan kulit pisang ijo, kemudian kukus dalam wadah tahan panas sampai adonan mengeras. Adonan yang telah mengeras ini kemudian diaduk-aduk sampai kalis dan siap dibungkus bersama pisang yang sudah dikukus sebelumnya.
Nah dari pada penasaran bagaimana sih cara membuat resep es pisang ijo yang merupakan salah satu jajanan asli khas dari Makassar yang dibuat dari bahan utama pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau lalu kemudian disajikan bersama sirup warna merah dan bubur sumsum yang gurih ini? Berikut resepnya :
Langkah Membuat Resep Es Pisang Ijo Homemade
Bahan Kulit Pisang Ijo :
  • Pisang raja 6 buah, kukus
  • Tepung terigu 60 gram
  • Tepung beras 60 gram
  • Gula pasir 5 sendok makan
  • Santan 150 mili liter
  • Air matang 100 mili liter
  • Pasta pandan 4 tetes
  • Garam 1/4 sendok teh
Bahan Bubur Sumsum :
  • Santan 600 mili liter
  • Tepung beras 40 gram
  • Gula pasir 4 sendok makan
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Daun pandan secukupnya, optional
Bahan Pelengkap Es Pisang Ijo :
  • Susu kental manis Putih secukupnya
  • Sirup DHT (pisang ambon) atau sirup cocopandan sesuai selera
  • Es batu secukupnya
Cara Membuat Es Pisang Ijo :
  1. Pertama-tama selain pisang, campurkan semua bahan dalam satu wadah. Aduk rata menggunakan whisk sampai adonan licin, lalu saring. Kemudian tuang adonan dalam loyang atau wadah tahan panas lainnya. Sisihkan.
  2. Panaskan dandang atau panci kukus, lalu kukus adonan kurang lebih selama 15 menit sampai adonan matang. Keluarkan loyang dan biarkan dingin sampai uap panasnya hilang.
  3. Selanjutnya keluarkan adonan dari loyang, lalu uleni hingga kalis. Bagi adonan jadi 6 bagian kemudian masing-masing pipihkan.
    Taruh pisang kukus di atas adonan yang sudah dipipihkan. Gulung, kemudian rapatkan kedua ujungnya.
  4. Ulangi langkah ini dan lakukan hingga adonan habis.
  5. Panaskan kembali panci kukusan/dandang. Lapisi dasarnya dengan daun pisang atau plastik tahan panas.
  6. Lalu kukus pisang ijo kembali selama 10-15 menit. Angkat dan dinginkan.
Cara Membuat Bubur Sumsum :
  • Dalam wadah atau baskom, larutkan 200 mili liter santan dengan tepung beras lalu aduk hingga licin. Sisihkan.
  • Dalam panci, masak sisa santan bersama gula, garam, dan daun pandan hingga mendidih, sambil terus diaduk pelan. Tuangkan larutan santan dan tepung beras tadi, kemudian aduk terus dan masak hingga mengental serta meletup-letup. Matikan api.
Saran Penyajian Es Pisang Ijo :
  • Potong-potong pisang ijo sesuai selera lalu tata dalam mangkuk saji.
  • Beri bubur sumsum dan es batu secukupnya.
  • Kemudian siram dengan susu kental manis dan sirup merah sesuai selera.
  • Sajikan selagi dingin. Mantap!
Tips Sukses Membuat Resep Es Pisang Ijo :
  • Saat menggulung atau membentuk pisang ijo, sebaiknya gunakan daun pisang atau plastik bening agar lebih mudah untuk dibentuk.
  • Jika mau rasa yang mantap, pasta pandan bisa diganti dengan jus atau sari daun pandan alami.
  • Saat mengukus adonan, pastikan menggunakan panci kukusan yang berdiameter agar besar dari loyang.
  • Sehingga adonan pisang ijo matang merata dengan sempurna.
  • Sirup DHT atau sirup rasa pisang ambon merupakan produk khas Makassar. Jika kesulitan mencarinya, maka bisa menggunakan sirup merah atau sirup cocopandan.
  • Jika suka, Anda juga dapat menambahkan potongan buah nangka kuning yang matang secukupnya, bubur kacang hijau serta bubur kembang pacar cina sesuai selera.
Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Es Pisang Ijo, semoga bermanfaat Dari berbagai Sumber Google
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: