Cara Membuat Gemblong – Ketan Gemblong merupakan kemilan tradisional ataupun jajanan pasar yang memiliki wujud semacam bola lonjong yang dilumuri dengan gula merah ataupun besta serta dibuat dari tepung beras ketan serta ketan gelap. Perpaduan citarasa gurih di dalam dengan manis gula merah di susunan sangat luar membuat kue jajanan tradisional ini senantiasa disukai oleh warga. Mayoritas diantara kita tentu lebih memilah membelinya daripada buatnya sendiri. Sementara itu metode membuat gemblong ketan khas Jawa ini sesungguhnya sangat gampang serta simpel lho. Sama semacam jajanan pasar yang lain, formula gemblong goreng ini pula cuma memerlukan bahan- bahan yang simpel serta gampang didapat di dekat kita. Tidak hanya dari tepung beras ketan yang putih, kita pula dapat berkreasi dengan membuat formula kue gemblong ketan gelap yang tidak kalah lezat serta lezat
Formula kue gemblong sama semacam formula tradisional yang lain memanglah sangat gampang serta simpel. Metode buat gemblong dapat dibilang lebih gampang apabila dibanding dengan formula jajanan modern yang lain, semacam donat JCO ataupun yang lain. Buat membuat Formula Gemblong itu snediri tidak hanya bahan- bahan yang diperlukan tidak sangat banyak, pula tidak butuh alat- alat modern. Alat- alat masak modern, semacam mixer, food processor, blender maupun oven tidak dibutuhkan apabila kita hendak membuat kue gemblong goreng ini. Tinggal ditakar dengan cocok bahan- bahan yang diperlukan terus dicampur. Jadilah formula jajanan tradisional yang lezat, manis serta gurih buat sajian bersama keluarga tercinta.
Sangat disayangkan memanglah jika kue goreng satu ini saat ini telah tidak sangat gampang buat ditemui. Sementara itu waktu jaman aku kecil dulu, penjual gemblong ketan dengan mudah ditemui serta dibeli dengan harga sangat terjangkau. Masuknya bermacam berbagai jajanan modern, semacam cheese stik, donat, makaroni serta yang yang lain memanglah membuat banyak orang melupakan formula gemblong goreng ketan ini. Jajanan serta kemilan modern tadi memanglah lebih menarik sebab dikemas dengan bungkus yang bagus. Namun telah jadi rahasia universal kalau kemilan kemasan umumnya memiliki MSG serta bahan pengawet yang beresiko buat kesehatan. Terlebih disantap oleh kanak- kanak serta dalam jangka waktu lama. Sementara itu sesungguhnya metode membuat gemblong itu sendiri sangat gampang sehingga dapat kita kerjakan sendiri dir umah tanpa perlu waktu lama.
Tidak hanya kemasannya yang umumnya apa terdapatnya serta tidak sangat menarik, makan kue gemblong bagi sebagian sahabat memanglah sedikit ribet serta tidak instan. Terlebih sebab susunan luar dari kue tradisional ini dilapisi oleh gula merah yang kental buat gemblong beras ketan serta larutan gula pasir buat formula gemblong ketan gelap. Acapkali jika kita mencicipi formula gemblong tradisonal ini membuat tangan jadi lengket sebab gula merah tadi. Sementara itu jika menikmati formula kue gemblong goreng ini memanglah sangat nikmat memakai tangan langsung. Rasanya kelihatannya lebih gurih serta manis kulit luarnya lebih terasa lho.
Perpaduan gurihnya tepung ketan dengan besta ataupun gula merah di luar inilah yang menjadikan formula kue gemblong ketan gelap ataupun putih ini masih banyak yang menyukainya. Teksturnya yang sedikit cruncy di dalam tetapi lembut di susunan besta gula merahnya memanglah memunculkan sensasi tertentu buat penggemar berat kue jajanan tradisonal Jawa ini. Metode buat formula gemblong ini yang sangat wajib dicermati merupakan dikala menggorengnya biar hasilnya matang hingga didalam serta rupanya tidak gosong. Pakai minyak yang banyak denga api lagi saja. Jangan terlau besar apinya biar tidak gosong serta masih mentah serta keras di dalam gemblong gorengnya. Tidak hanya itu jangan mayoritas dibolak balik. Lumayan sekali ataupun 2 kali saja biar kulit luarnya nanti tidak rusak. Buat lebih jelasnya, silahkan memandang bahan serta metode membuat gemblong ketan gelap serta beras ketan dibawah ini.
Cara Membuat gemblong beras ketan
Formula gemblong empuk
Bahan Formula Gemblong Beras Ketan Empuk
  1. Bahan utama yang diperlukan merupakan tepung ketan putih kurang lebih sebanyak 200 gr saja. Seleksi tepung yang bagus serta tidak apek.
  2. Santan asli yang diambil dari parutan 1/ 2 buah kelapa kurang lebih sebanyak 125 ml saja.
  3. Parutan kelapa kurang lebih sebanyak 100 gr saja.
  4. Minyak goreng seperlunya ntuk menggoreng adonan kue gemblong nya.
  5. Garam dapur sedikit saja. Dapat dihilangkan jika tidak sangat suka rasa asin( bahan buat susunan besta gula merah).
  6. Gula putih serta Gula merah yang telah disisir halus kurang lebih tiap- tiap sebanyak 100 gr saja( bahan buat susunan besta gula merah).
  7. Daun pandang fresh kurang lebih sebanyak 2 pcs. Mencuci bersih setelah itu buat simpul( bahan buat susunan besta gula merah).
  8. Air bersih seperlunya ataupun kurang lebih sebanyak 150 ml saja( bahan buat susunan besta gula merah).
Cara Membuat Gemblong Beras Ketan
  1. Langkah awal rebus santan setelah itu aduk- aduk hingga hangat. Ingat santan jangan hingga mendidih ya biar rasanya nanti tidak berganti.
  2. Ambil wadah serta tuang tepung beras ketan putihnya bersama dengan garam sedikit saja serta parutan kelapanya setelah itu aduk- aduk hingga rata.
  3. Masukkan santan sedikit demi sedikit sembari diaduk ataupun diuleni ke kombinasi tepung diatas hingga kalis.
  4. Wujud adonan diatas menyamai bulatan yang sedikit lonjong hingga habis.
  5. Ambil serta masukkan adonan gemblong diatas kedalam penggorengan serta masak hingga matang setelah itu sisihkan.
  6. Saat ini kita buat besta gula merahnya.
  7. Tuang air bersih bersama dengan gula merah, gula putih serta segala bahan besta setelah itu campur serta aduk- aduk hingga rata, berbusa serta mengental.
  8. Ambil gemblong goreng tadi serta masukkan kedalam larutan besta diatas kemudian aduk- aduk hingga tercampur rata setelah itu matikan apinya.
  9. Aduk- aduk kembali hingga betul- betul rata serta perkenankan hingga besta gula merahnya mengering serta siap disajikan.
Bahan Cara Membuat Gemblong Ketan Hitam
  1. Bahan utama yang diperlukan merupakan tepung ketan gelap yang bagus kurang lebih sebanyak 150 gr saja.
  2. Tepung beras ketan putih buat kombinasi adonan gemblongnya kurang lebih sebanyak 150 gr pula.
  3. Parutan kelapa kurang lebih sebanyak 300 gr.
  4. Santan kelapa asli kurang lebih sebanyak 0. 1 liter ataupun 100 ml saja.
  5. Garam dapur beryodium kurang lebih sebanyak 1/ 2 sendok kecil.
  6. Minyak goreng seperlunya buat menggoreng gemblongnya.
  7. Gula pasir putih kurang lebih sebanyak 150- 180 gr saja( bahan buat susunan besta).
  8. Air bersih seperlunya ataupun kurang lebih sebanyak 4 sendok makan( bahan buat susunan besta).
  9. Sejumput garam dapur beryodium ataupun kurang lebih sebanyak 1/ 8 sendok kecil( bahan buat susunan besta).
Cara Membuat Gemblong Ketan Hitam
  1. Masak santan bersama dengan garam dapur setelah itu aduk- aduk hingga hangat saja setelah itu sisihkan.
  2. Ambil wadah serta masukkan tepung ketan gelap, tepung ketan putih, parutan kelapa serta garam dapur beryodium kemudian aduk serta campur hingga betul- betul rata.
  3. Masukkan santan yang telah dihangatkan tadi sedikit- demi sedikit sembari diuleni sambai betul- betul kalis.
  4. Sehabis kalis ambil sedikit adonan gemblong ketan hitamnya setelah itu wujud dengan apik. Ulangi hingga adonan habis.
  5. Siapkan wajan serta goreng gemblong ketan gelap hingga matang serta mengambang setelah itu tiriskan.
  6. Saat ini kita buat susunan gula putihnya. Masak gula putih berserta dengan garam sejumput serta air nya serta aduk hingga rata serta mengental.
  7. Masukkan gemblong ketan gelap gorengnya kedalam larutan gula tadi kemudian aduk hingga rata serta matikan apinya.
  8. Aduk kembali sebentar hingga betul- betul rata setelah itu perkenankan hingga dingin.
Berakhir telah metode membuat gemblong goreng beras ketan serta gemblong ketan gelap diatas. Sangat gampang serta simpel bukan metode buat kue gemblong tadi. Meski begitu, formula gemblong ini tidak kalah lezat serta tidak kalah lezat bukan dengan aneka formula modern yang lain. Dipastikan jika telah sempat merasakannya, kanak- kanak tentu suka serta lain kali memohon dibuatkan kembali. Buat ilham formula yang lain, silahkan berupaya formula dibawah ya.
Dari berbagai sumber Google
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: