Cara Membuat Bubur Sumsum Lembut - Berbuka puasa dengan takjil yang manis dan bertekstur lembut selalu menjadi pilihan banyak orang. Selain nikmat, mengonsumsi takjil dengan tekstur lembut dan manis seperti bubur sumsum memang dianjurkan karena baik bagi tubuh khususnya sistem pencernaan agar tidak kaget setelah berpuasa seharian.

Di pertengahan bulan puasa seperti ini, pasti ada rasa kejenuhan tersendiri dengan hidangan takjil yang itu-itu saja. Beberapa makanan takjil yang biasanya disajikan antara lain kolak pisang, bubur candil dan bubur sumsum.
Nah untuk memberikan variasi menu berbuka puasamu di bulan Ramadan ini, kamu bisa mencoba membuat bubur ganepo. Bubur ganepo sendiri merupakan bubur yang terbuat dari singkong yang sudah diparut sebelumnya. Rasanya yang manis dan lembut cocok banget deh buat takjil berbuka puasa.
Berikut resep dan cara mudah membuat bubur ganepo

Cara Pertama Cara Membuat Bubur Sumsum

Bahan bubur :
  1. 600 gr singkong, parut
  2. 1 liter santan encer
  3. 200 gr gula merah
  4. 7 sdm gula pasir atau bisa menyesuaikan dengan selera masing-masing
  5. 1 sdt garam
Bahan kuah :
  1. 200 ml santan kental
  2. 1 sdt garam
  3. 1/2 sdt gula pasir
  4. 1 lembar daun pandan
Cara membuat :
  1. Dalam panci, masukkan santan encer, gula merah, gula pasir dan garam. Didihkan hingga gula larut, cek rasa manisnya, lalu saring.
  2. Didihkan kembali, masukkan singkong parut. Aduk rata hingga singkong mengental. Masak hingga matang, tekstur adonan menjadi sangat kental, meletup-letup dan manisnya pas. Matikan api. Sisihkan.
  3. Untuk membuat kuahnya, pertama campur dan masak semua bahan-bahan dalam panci. Didihkan sambil terus diaduk agar santan tidak pecah. Angkat.
  4. Dalam mangkuk, masukkan bubur singkong, lalu siram dengan kuah santan. Bubur ganepo pun siap disajikan. Selamat mencoba!
Cara Membuat Bingka Barandam
Cara Membuat Es Kuwut
Cara Membuat Kue Lumpur 
Cara Membuat Dodol Ambon 

Cara Kedua Cara Membuat Bubur Sumsum

Bubur sumsum cukup populer di Indonesia karena rasanya yang enak dan lembut. Rasa gurih dari tepung beras dengan manisnya sirup atau juruh gula Jawa plus wangi dari daun pandan menyatu jadi perpaduan yang nikmat. Resep dan cara membuatnya pun terbilang mudah. Bahan-bahannya juga gampang didapat.
Tak hanya orang Indonesia saja yang mengenal bubur sumsum. Masyarakat Malaysia juga cukup akrab dengan jenis kuliner yang satu ini. Tampaknya, bubur sumsum adalah makanan khas orang Melayu, termasuk orang-orang Indonesia dan Malaysia yang terhitung masih satu rumpun. Selain untuk makanan ringan, bubur sumsum juga kerap disajikan untuk acara-acara tradisional. Konon, penamaan bubur sumsum berasal dari wujud buburnya yang putih dan lembut seperti sumsum pada tulang hewan besar, seperti sumsum yang ada di dalam tulang sapi.
Berikut ini resep, bahan, dan cara membuat bubur sumsum, dikutip dari Geniuskitchen:
Bahan Bubur:
  • 100 gram tepung beras
  • ½ sendok teh garam
  • 650 ml santan
  • 2 daun pandan Bahan Juruh:
  • 200 gram gula Jawa (gula merah), serut halus
  • 50 gram gula pasir
  • 250 ml air
  • 1 lembar daun pandan
Cara Membuat Bubur:
  • Campurkan tepung beras dengan setengah dari santan dan garam.
  • Tuang santan dan garam sisa ke dalam panci, tambahkan daun pandan.
  • Panaskan hingga mendidih. Tuang adukan tepung beras, santan, dan garam ke panci berisi santan yang sudah mendidih Lanjutkan memasak dan aduk terus hingga mengental.
Cara Membuat Juruh:
  • Masukan semua bahan pembuat juruh ke dalam panci. Panaskan dan aduk hingga mendidih.
  • Cara Penyajian: Ambil sebagian bubur dan tempatkan di mangkuk, lalu siram dengan juruh secukupnya

Demikianlah Cara Membuat Bubur Sumsum Lembut di salin dari berbagai sumber google
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: