Cara Membuat Dodol Ambon - Asida sebetulnya merupakan kue khas Arab. Namun, bagi warga Ambon, makanan yang satu ini sudah tidak asing lagi di lidah mereka. Bahkan, Asida sendiri telah menjadi camilan favorit di bulan Ramadan.

Sekilas, asida memiliki rasa seperti dodol, manis. Ia juga memiliki aroma kayu manis. Namun, teksturnya sekenyal dodol. Hal ini dikarenakan ia tidak terbuat dari tepung ketan, melainkan tepung terigu.
Tak hanya itu, di bagian atasnya, kue ini dilumuri dengan mentega cair yang rasanya gurih. Perpaduan antara manis dan gurih inilah yang membuat asida menjadi santapan yang unik.
Berikut ini adalah bahan-bahan dan cara membuat Asida yang menjadi menu khas bulan Ramadan tiba. Yuk, dicoba! Biar menu berbukamu jadi lebih variatif.

Cara Kedua Cara Membuat Dodol Ambon

Bahan-bahan:
  1. 250 gr tepung terigu
  2. 250 ml air
  3. 150 gr gula merah sisir
  4. 8-10 biji kapulaga
  5. 2 lembar daun pandan
  6. sejumput garam
  7. 2-3 sdm mentega
Cara membuat:
  1. Siapkan panci kecil, lalu tuangkan air. Masukkan kapulaga yang sudah ditumbuk, kayu manis, daun pandan, gula merah, dan garam. Panaskan hingga mendidih selama 3-5 menit. Selagi panas, masukkan mentega dan aduk hingga mencair. Dinginkan.
  2. Setelah dingin, saring air tersebut dan campurkan dengan terigu. Aduk hingga rata.
  3. Panaskan kuali atau panci, tuang adonan tersebut. Masaklah dengan api yang kecil. Aduk terus agar adonan tidak gosong sampai teksturnya menjadi kental seperti dodol. Agar memudahkan dalam mengaduk, baiknya gunakan sendok kayu.
  4. Lalu bentuk adonan seperti gunung. Bagian tengahnya dibentuk menyerupai lubang. Kemudian tuangkan mentega cair ke dalam lubang tersebut.
  5. Sekarang, asida pun siap disajikan. Tertarik? Yuk, dicoba!

Cara Kedua Cara Membuat Dodol Ambon

Ada berbagai macam pilihan menu yang pas untuk sahur maupun berbuka puasa di bulan Ramadan. Saat berbuka kita dianjurkan untuk minum atau menyantap makanan yang manis lebih dulu.
Diantara banyak pilihan, ada penganan khas Ambon yang termasuk unik karena bisa dijumpai di bulan Ramadan saja. Namanya asida yang punya rasa manis seperti dodol. Asida juga memiliki aroma kayu manis.
Namun, teksturnya sekenyal dodol, karena tidak terbuat dari tepung ketan, melainkan tepung terigu. Selain itu, di bagian atasnya, kue ini dilumuri dengan mentega cair yang rasanya gurih.
Cara Membuat Kolak Biji Salak
Cara Membuat Bingka Barandam
Cara Membuat Es Kuwut
Cara Membuat Kue Lumpur 
Bahan yang disiapkan
  • 250 gr tepung terigu
  • 250 ml air
  • 150 gr gula merah sisir
  • 8-10 biji kapulaga
  • 2 lembar daun pandan
  • 3 sdm mentega
  • Garam secukupnya.
  • Omlet Roti
Cara membuat
  1. Siapkan panci kecil, lalu tuangkan air. Masukkan kapulaga yang sudah ditumbuk, kayu manis, daun pandan, gula merah, dan garam.
  2. Panaskan sampai mendidih selama 3-5 menit. Selagi panas, masukkan mentega dan aduk hingga mencair, lalu dinginkan.
  3. Setelah dingin, saring air tersebut dan campurkan dengan terigu. Aduk hingga rata.3. Panaskan kuali atau panci, tuang adonan tersebut. Masaklah dengan api yang kecil.
  4. Aduk terus agar adonan tidak gosong sampai teksturnya menjadi kental seperti dodol. Supaya mudah mengaduk, sebaiknya gunakan sendok kayu.
  5. Bentuk adonan seperti gunung. Bagian tengahnya dibentuk menyerupai lubang. Lalu tuangkan mentega cair ke dalam lubang tersebut. Asida pun siap disajikan.
Tak ada salahnya membuat menu makanan yang baru dan beda, seperti asida. Apalagi negeri kita punya banyak makanan khas yang menarik. Masih ada sejumlah resep menu sahur dan berbuka puasa yang akan disajikan selama bulan Ramadan

Demikianlah Cara Membuat Dodol Ambon yang di ambil dari berbagai sumber google
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: