Cara Membuat Kue Putu - Kue putu, kue dengan bentuk seperti tabung, berwarna hijau atau putih, rasanya gurih dan manis. Kue yang terkenal dengan suara khas seperti suara peluit ini merupakan salah satu jenis kuliner tradisional khas Indonesia.

Jenis makanan berupa kue yang terbuat dari butiran kasar tepung beras yang biasanya berisi gula jawa dan ditaburi parutan kelapa. Selain suara khas uap yang keluar dari alat suitannya, proses pembuatan kue putu juga khas dengan cara dikukus di dalam bambu dan sedikit dipadatkan.
Kue ini biasnya banyak ditemukan pada saat sore hari hingga larut malam. Tidak hanya terkenal di Indonesia, kue putu kini juga sudah merambah ke negara lain seperti Singapura dan Malaysia dengan bentuk yang sedikit berbeda namun rasa yang sama.
Nah buat kamu yang mau mencoba bikin kue putu sendiri di rumah, kali ini brilio.net mau ngasih tau resep dan cara membuat kue putu tanpa menggunakan bambu yang dilansir dari cookpad.com, Selasa (27/2).
Bahan:
  1. 200 gram tepung beras
  2. 100 ml air
  3. 1/2 sdt garam
  4. 100 gram gula merah
  5. Daun pandan secukupnya
  6. Kelapa parut secukupnya
Cara membuat:
  1. Masak air bersama garam dan daun pandan hingga mendidih, sisihkan sampai agak hangat.
  2. Masukkan air tadi ke dalam tepung beras. Lalu aduk hingga bergumpal kasar.
  3. Kemudian saring tepung tadi dengan saringan kawat.
  4. Saring hingga mendapatkan butiran tepung berasa yang halus.
  5. Setelah itu potong kecil-kecil gula merah.
  6. Masukkan tepung yang sudah disaring sebanyak 1/3 ke dalam cetakan plastik kue atau agar. Lalu masukkan gula merah secukupnya di atasnya.
  7. Masukkan kembali tepung beras sampai penuh. Setelah itu kukus selama kurang lebih 40 menit.
  8. Angkat dan sajikan kue putu bersama kelapa parut. Selamat mencoba!

Cara Kedua Cara Membuat Kue Putu

Kue putu memang jadi makanan tradisional dari Jawa yang tak ada matinya. Teksturnya yang empuk dan bagian dalamnya yang manis pasti membuatmu ketagihan. Tapi bagaimana jika tak ada penjual putu di sekitar rumahmu? Kamu bisa kok buat sendiri di rumah. Berikut ini caranya!
Bahan-bahan
  • Resep Kue Putu, Kudapan Manis Bertabur Kelapa Khas Jawapexels.com/Pixabay
  • 400 gram tepung beras
  • 150 gram kelapa parut (pilih kelapa yang tak terlalu tua atau terlalu muda)
  • 150 gram gula merah (sisir halus)
  • Air (secukupnya)
  • Garam (secukupnya, 1 sdt)
  • 1 lembar daun pandan
  • Cetakan bambu (diameternya 3 sampai 5 cm)
  • Daun pisang (secukupnya)
Cara membuat
  • Resep Kue Putu, Kudapan Manis Bertabur Kelapa Khas Jawainstagram.com/jajanancirebons
  • Didihkan air di dalam panci. Masukkan garam dan daun pandan lalu aduk sebentar. Aduk-aduk hingga garam larut dan aroma daun pandan wangi. Rebus hingga airnya hangat lalu matikan api.
  • Siapkan wadah lain untuk mengaduk adonan. Tuang tepung beras di dalamnya. Tuang sedikit demi sedikit air yang telah dihangatkan sebelumnya. Sambil menuang air, aduk adonan hingga tepung membentuk butiran-butiran halus.
  • Jika adonan sudah jadi butiran halus, masukkan adonan ke dalam cetakan bambu. Masukkan hingga cetakan terisi setengahnya. Selanjutnya, masukkan pula gula merah yang telah disisir halus. Tutup atasnya dengan sedikit adonan lagi.
  • Selanjutnya, siapkan dandang untuk mengukus kue putu. Kukus selama 10 menit. Sambil menunggu kue putu matang, siapkan loyang atau piring yang telah dilapisi dengan daun pisang.
  • Angkat kue putu yang telah matang lalu sajikan. Jangan lupa untuk menaburi kue putu dengan parutan kelapa. Segera nikmati selagi hangat dengan secangkir kopi atau teh.
Cara Membuat Tumis Bawang
Cara Membuat Lempeng Pisang
Cara Membuat Cheese Tea
Cara Membuat Ketan Durian

Pemilihan tepung untuk kue putu

  1. Cara mencampur adonan
    Resep Kue Putu, Kudapan Manis Bertabur Kelapa Khas Jawapexels.com/Pixabay
    Saat mencampurkan tepung terigu ke adonan, masukkan sedikit demi sedikit sambil diayak. Selain berfungsi untuk memecahkan tepung yang saling menempel, tepung yang diayak akan menghasilkan kue yang lembut dan super empuk.
  2. Beraneka rasa
    Resep Kue Putu, Kudapan Manis Bertabur Kelapa Khas Jawainstagram.com/solarismalang
    Sekarang ini kue putu banyak di inovasi sehingga memiliki beraneka rasa yang menggoda selera, seperti rasa cokelat, rasa keju, rasa blueberry dan masih banyak lagi. Selain itu warnanya juga telah berubah, dari warna hijau hingga kini kue putu telah hadir dengan berbagai warna. Dengan menciptakan varian dan rasa baru, hal ini justru akan sangat baik karena akan menjadikan kue putu buatan berbeda dari yang lainnya.
Itulah resep dan tips membuat kue putu yang enak, gurih nan legit. Bagaimana, resep yang sangat mudah bukan? Jangan lupa untuk membuat resep ini di rumah dan menyajikannya untuk keluarga tercinta. Semoga resep ini bermanfaat

Diambil dari berbagai sumber google Cara Membuat Kue Putu
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: