Cara membuat Mendol Tempe - Berbicara mengenai kuliner memang tidak ada habisnya. Apalagi jika membahas tentang kuliner asli Indonesia. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia memiliki beragam jenis kuliner yang mengunggah selera.

Salah satu jenis kuliner asli Indonesia yang belum diketahui kelezatannya oleh banyak orang adalah mendol. Makanan olahan tempe yang berasal dari Jawa Timur ini biasa disajikan sebagai lauk pelengkap rawon, nasi pecel atau nasi urap.
Panganan yang rupanya mirip seperti perkedel tersebut rasanya gurih, sedikit pedas dan ada aroma jeruknya. Tempe yang digunakan pun tempe yang sudah agak basi alias tempe bosok. Untuk membuatnya, tempe ditumbuk kasar, kemudian dicampur dengan bumbu, dibentuk lonjong dan digoreng sampai matang.
Nah untuk lebih lengkapnya, berikut resep dan cara membuat mendol tempe khas Malang yang lansir dari cookpad.com, Kamis (22/3).
Bahan:
  1. 450 gram tempe lama/tempe bosok
  2. 1 sdm tepung tapioka
  3. 1 sdt bawang putih bubuk
  4. 1/2 sdt kaldu
  5. 1/4 sdt lada putih bubuk
  6. 1/2 sdt jahe bubuk
  7. 2 sdt cabe bubuk
  8. 1/4 sdt garam
  9. 6 lembar daun jeruk, iris tipis
  10. 2 batang seledri, iris
  11. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng
Cara membuat:
  1. Potong-potong tempe menjadi bagian kecil, kemudian tumbuk kasar.
  2. Masukkan tempe yang sudah ditumbuh tadi ke dalam wadah lalu tambahkan bumbu-bumbu, irisan daun jeruk dan seledri. Aduk merata.
  3. Stelah tercampur rata, ambil adonan secukupnya lalu bentuk menjadi bulat pipih memanjang. Lakukan terus sampai adonan tempe habis.
  4. Panaskan minyak, kemudian goreng mendol hingga matang dan berubah warna kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
  5. Mendol tempe khas Malang pun siap disajikan. Selamat mencoba
Diambil dari berbagai sumber Google Cara membuat Mendol Tempe

Cara Kedua Cara membuat Mendol Tempe

Saya kenal resep ini sejak kecil. Bisa dikatakan ini resep khas kampung, memanfaatkan tempe yang sudah agak semangit atau berumur 2-3 hari. Di kampung halaman saya di Kediri, lauk ini dikenal dengan nama Entho-Entho. Ibu saya menyebutnya Trasi Dhele. Mungkin pembaca mengenal dengan nama lain lagi tergantung daerah masing-masing.
Menyontek dari Ibu saya, makanan ini sengaja dibuat dari tempe semangit, tapi referensi lain ada yang menyebutkan memakai tempe segar. Solusinya silahkan pilih sesuai selera anda.
Cara Membuat Strawberry Cheesecake
Cara Membuat Es Mambo 
Cara Membuat Ayam Saus Telur Asin 
Cara Membuat Pisang Goreng Madu
Tips Penting: Buat anda yang tinggal di LN, saya sarankan untuk mengukus tempe semangit terlebih dahulu sebelum diolah atau memakai tempe segar karena dari pengalaman tempe semangit buatan asing lain dengan tempe lokal. Rasa dan baunya sangat aneh menurut saya.
Cara Membuat:

  •  Ulek bahan bumbu halus dengan cobek sampai halus.
  • Iris halus daun jeruk purut, campurkan ke bumbu halus.
  • Tekan2 tempe dengan ulekan sampai hancur. Pindahkan ke wadah yang agak besar, campur sambil diremas-remas hingga rata.
  • Cicipi, jika perlu tambahkan garam atau gula secukupnya. (Olesi telapak tangan ada dengan sedikit minyak supaya tangan tidak panas karena cabai).
  • Ambil kurang lebih segenggam adonan, kepal sampai padat dan bentuk oval. (Mendol harus padat supaya tidak hancur/ambyar saat digoreng)
  • Goreng dengan minyak panas sedang sampai kedua sisinya matang dan berwarna kecoklatan. Tiriskan
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: