Cara Membuat Pisang Goreng Madu - Salah satu makanan yang paling cocok untuk menemani kegiatan minum teh di sore atau pagi hari adalah pisang goreng. Manisnya pisang dan renyahnya tepung pisang goreng semakin nikmat jika dikonsumsi dalam keadaan panas.

Pisang goreng memang merupakan kuliner yang digemari oleh berbagai kalangan masyarakat Indonesia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Pisang goreng juga bisa kamu temukan di berbagai tempat makan, dari tukang gorengan dipinggir jalan sampai di restoran berkelas.
Saking banyaknya orang yang menyukai kudapan yang satu ini, kini sudah banyak varian pisang goreng yang bisa dinikmati. Nah salah satunya adalah pisang goreng madu. Kuliner kekinian ini menambah rasa manis pisang goreng dengan campuran madu. Gimana? Kebayang nggak tuh manisnya kayak apa?
Biar kamu nggak cuma bisa ngebayangin aja, kali brilio.net bakal ngasih tahu resep dan cara membuat pisang goreng madu kekinian yang manisnya menggigit seperti dilansir dari cookpad.com, Selasa (20/3).
Bahan:
  1. 2 buah pisang tanduk ukuran sedang
  2. 7 sdm tepung terigu
  3. 3 sdm madu
  4. 1 butir kuning telur
  5. 1 sdt margarin
  6. Garam secukupnya
  7. Vanili bubuk secukupnya
  8. Air secukupnya
Cara membuat:
  1. Masukkan semua bahan kecuali pisang dan air. Aduk rata.
  2. Tambah 1/2 bagian air, aduk rata. Lalu tambah lagi 1/2 bagian air es dan aduk rata sampai menjadi adonan yang kental. Untuk jumlah air cukup dikira-kira saja.
  3. Potong-potong pisang berbentuk koin setebal 1 cm dan masukkan ke dalam adonan tadi.
  4. Aduk rata. Lebih baik adonan tepung dibuat kental dan tidak terlalu cair agar dapat menempel sempurna pada pisang.
  5. Masukkan pisang satu persatu ke dalam wajan penggorengan yang sudah diberi minyak dan dipanaskan terlebih dahulu. Goreng dengan api sedang sampai pisang berubah kecokelatan dan matang.
  6. Pisang goreng madu siap disajikan. Selamat mencoba
Diambil dari berbagai sumber google Cara Membuat Pisang Goreng Madu
Akhir-akhir ini, pisang goreng madu sedang menjadi tren. Tidak heran sih. Karena setelah saya coba, rasanya memang legit dan lebih enak dari pisang goreng biasa. Pantas saja kalau semua orang tergila-gila dengan pisang goreng madu ini.
Untuk membeli pisang goreng madu yang terkenal enak, biasanya kita harus menunggu cukup lama karena pembelinya membludak hingga mengular. Kalau benar-benar ingin makan tapi malas antre, kenapa tidak membuatnya saja sendiri? Caranya mudah, kok. Hanya 6 langkah saja!

Gunakan pisang tanduk yang tidak lembek

Untuk membuat pisang goreng madu, anda sebenarnya bisa menggunakan pisang jenis apa saja. Yang penting matang dan teksturnya tidak lembek. Tapi, untuk hasil yang lebih nikmat, saya sarankan anda menggunakan pisang tanduk saja. Soalnya, pisang ini punya tekstur renyah dan tidak mudah benyek atau lembek. Jadi, cocok sekali untuk diolah menjadi pisang goreng.
Cara Membuat Cookie Shot
Cara Membuat Strawberry Cheesecake
Cara Membuat Es Mambo 
Cara Membuat Ayam Saus Telur Asin 

Potong pisang bentuk koin

Ciri khas dari pisang goreng madu adalah pisangnya tidak digoreng secara utuh. Melainkan dipotong bulat-bulat terlebih dahulu seperti koin. Untuk tebalnya, bisa disesuaikan dengan selera atau sekitar 0,5-1 cm. Nah, karena pisang tidak utuh, bentuk dari pisang goreng madu ini jadi mirip seperti bakwan setelah digoreng. Unik, ya?

Gunakan campuran tepung terigu dan tepung maizena

Adonan tepung untuk pisang goreng madu ini tidak jauh berbeda dari pisang goreng biasa. Adonan dibuat dari campuran tepung terigu dan tepung maizena, kemudian ditambahkan gula, air, dan baking powder. Penggunaan campuran tepung terigu dan tepung maizena ini akan membuat hasil pisang goreng menjadi lebih garing dan renyah.

Madu dicampur ke dalam adonan tepung

Lalu letak madunya di mana? Jawabannya yaitu madu dicampurkan ke dalam adonan tepung. Setelah adonan tepung jadi, masukkan sekitar 3-4 sdm madu. Takaran ini digunakan untuk 2 buah pisang tanduk. Jadi, kalau anda tidak menambahkan porsi pisang tanduknya, jangan gunakan madu lebih banyak dari takaran, ya. Soalnya, pisang goreng yang dihasilkan nantinya akan berwarna hitam gelap dan tidak cantik.

Pakai sendok sayur untuk menakar adonan

Untuk menggoreng pisang goreng madu, anda bisa pakai sendok sayur untuk menakar porsi adonan yang akan digoreng. Caranya sama seperti menggoreng bakwan. Ambil 1 sendok sayur adonan, lalu tata 6-7 pisang di dalam adonan tersebut. Setelah itu, tuang adonan ke dalam minyak panas. Usahakan saat dituang ke dalam minyak, bentuknya tetap bulat ya.

Goreng dengan api kecil

Karena ada madu di dalam adonan, pisang goreng akan lebih mudah berubah warna menjadi cokelat saat digoreng. Untuk menghindari hasil yang kurang matang, gorenglah pisang dengan api yang kecil dan gunakan wajan yang cukup besar, seperti Maspion Wajan Clarita (lihat di Lazada DISKON). Tunggu satu sisi matang, kemudian balik pisang goreng untuk mematangkan sisi satunya lagi. Dengan begitu, pisang goreng akan matang di dalam dan renyah di luar.

Sekarang sudah tahu kan rahasia membuat pisang goreng madu yang lagi tenar itu? Membuatnya mudah, bahan-bahan yang diperlukan pun pasti tersedia di rumah. Selamat mencoba
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: