Cara Membuat Schotel Peuyeum - Siapa sih yang nggak kenal dengan macaroni schotel? Ya, makanan yang berasal dari Belanda ini memang sudah menjadi salah satu makanan yang memiliki banyak penggemar di Indonesia.


Rasanya yang gurih, dengan tekstur garing di luar dan lembut di dalam pastinya akan memanjakan lidah siapa pun yang menyantapnya. Makaroni schotel atau dapat juga disebut dengan makaroni panggang ini masih termasuk dalam olahan pasta karena penggunaan makaroni sebagai bahan dasarnya.
Nah ternyata selain makaroni schotel, ada juga varian schotel lainnya yang bercita rasa manis dengan menggunakan bahan dasar khas Indonesia, yaitu schotel peuyeum atau tape. Ya, hasil olahan singkong yang sudah difermentasi itu juga bisa kamu nikmati dalam bentuk schotel.
Penasaran sama rasanya? Yuk coba bikin schotel peuyeum sendiri di rumah dengan mengikuti cara mudah membuatnya di bawah ini
Bahan:
  1. 25 gr mentega
  2. 25 gr tepung terigu
  3. 250 ml susu cair
  4. 450 gr tape singkong manis, buang seratnya
  5. 3 sdm gula pasir
  6. 1/2 sdt garam halus
  7. 1/4 sdt vanili bubuk
  8. 100 gr kismis
  9. 80 gr keju cheddar parut
  10. 4 butir telur kocok lepas
Cara membuat:
  1. Panaskan mentega sampai meleleh. Matikan api lalu segera masukkan tepung dan vanili bubuk aduk hingga rata dengan whisk. Lalu masukkan susu cair, gula pasir dan garam, aduk lagi sampai rata. Setelah itu masukkan 3 butir telur, aduk lagi. Terakhir tambahkan sedikit tape dan kismis, aduk semua bahan hingga menyatu.
  2. Masukkan tape ke dalam wadah alumunium foil.
  3. Lalu tambahkan dengan sisa adonan tadi dan tuangkan juga sisa telur kocok di atasnya.
  4. Setelah itu taburkan keju parut di atasnya.
  5. Panggang dengan suhu 180 derajat selama sekitar 35 menit.
  6. Setelah matang keluarkan schotel peuyeum dan dinginkan. Schotel peuyeum pun siap disajikan. Selamat mencoba
Siapa yang tidak suka schotel? Sajian lezat ini pastinya digemari banyak kalangan, terutama anak-anak ya. Bunda coba yuk buat kreasinya: Schotel Peyeum.
Nah, jika biasanya schotel dibuat dari makaroni ataupun pasta, ternyata schotel bisa dikreasikan dengan bahan dasar peyeum lho, Bun. Jangan khawatir, rasanya mudah akrab di lidah kok.
Cara membuat Es Krim Bonbon
Cara Membuat Nutella Banana
Cara Membuat Steak Daging
Cara Membuat Es Kepal Milo
Langsung simak ya bahan-bahan dan cara membuatnya, yang dipandu chef Ayu Wardojo dalam program Semua Bisa Masak Trans TV.
Bahan:
  • 450 gr tape singkong
  • 250 ml susu cair
  • 25 gr tepung terigu
  • 25 gr mentega
  • 100 gr kismis
  • 3 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt vanili
  • 1/2 sdt garam halus
  • 80 gr keju parut
  • 3 butir telur
Resep Schotel Peyeum, Lezatnya Cepat Akrab di LidahFoto: Semua Bisa Masak Trans TV
Cara membuat:
  1. Siapkan teflon, panaskan 25 gr mentega hingga meleleh, kemudian sisihkan.
  2. Siapkan mangkuk, masukkan mentega cair yang sudah dipanaskan, 3 sdt gula pasir, aduk menggunakan whisk.
  3. Masukkan tiga butir telur, 1/4 sdt vanili, aduk lagi. Kemudian tambahkan 1/2 sdt garam halus, aduk kembali hingga adonan tercampur merata.
  4. Haluskan tape cukup menggunakan garpu, jangan lupa buang serat tapenya ya. Masukkan tape ke dalam adonan. Setelah itu, masukkan 25 gr tepung terigu, 250 ml susu cair, aduk kembali hingga adonan sedikit mengental, lalu masukkan kismis ke adonan.
  5. Siapkan cetakan, tuang adonan ke dalam cetakan dengan menggunakan sendok, lakukan hingga bahan habis.
  6. Setelah itu taburi dengan kismis dan beri keju parut di atasnya.
  7. Selanjutnya, taruh schotel peyeum di atas loyang, kemudian panggang dalam oven selama 30 menit dengan suhu 180 derajat Celcius.
  8. Setelah setengah jam, angkat dari oven, lalu baluri dengan kocokan mentega meleleh di atasnya dengan menggunakan kuas, beri daun mint sebagai pemanis.
  9. Terakhir, agar lebih menarik, letakkan schotel peyeum di atas talenan saji. Selamat mencoba

Disalin dari berbagai sumber google Cara Membuat Schotel Peuyeum
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: