Jasa Kirim Mobil :  Papua adalah provinsi terluas Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Papua atau bagian paling timur wilayah Papua milik Indonesia. Belahan timurnya merupakan negara Papua Nugini. Provinsi Papua sebelumnya bernama Irian Jaya yang mencakup seluruh wilayah Papua Bagian barat. Sejak tahun 2003, dibagi menjadi dua provinsi dengan bagian timur tetap memakai nama Papua sedangkan bagian baratnya memakai nama Papua Barat. Provinsi Papua memiliki luas 316.553,07 km2 dan merupakan provinsi terbesar di Indonesia


Provinsi Papua memiliki luas sekitar 316.553,07 km2, pulau Papua berada di ujung timur dari wilayah Indonesia, dengan potensi sumber daya alam yang bernilai ekonomis dan strategis, dan telah mendorong bangsa-bangsa asing untuk menguasai pulau Papua.

Kabupaten Puncak Jaya merupakan kota tertinggi di pulau Papua, sedangkan kota yang terendah adalah kota Merauke. Sebagai daerah tropis dan wilayah kepulauan, pulau Papua memiliki kelembapan udara relative lebih tinggi berkisar antara 80-89% kondisi geografis yang bervariasi ini mempengaruhi kondisi penyebaran penduduk yang tidak merata. Pada tahun 1990 penduduk di pulau Papua berjumlah 1.648.708 jiwa dan meningkat menjadi sekitar 2,8 juta jiwa pada tahun 2006 dan 3.322.526 jiwa pada tahun 2018.[8] Dengan ketinggian 4.884 m, Puncak Jaya merupakan puncak tertinggi di Indonesia sekaligus di Oseania.


Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Jayapura
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Manokwari
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Papua Barat
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Ambon
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Maluku
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Sofifi
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Maluku Utara
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Kendari
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Sulawesi Tenggara
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Makassar
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Sulawesi Selatan
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Palu
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Sulawesi Tengah
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Mamuju
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Sulawesi Barat
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Manado
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Sulawesi Utara
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Gorontalo
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Samarinda
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Kalimantan Timur
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Banjarmasin
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Kalimantan Selatan
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Palangkaraya
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Kalimantan Tengah
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Pontianak
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Kalimantan Barat
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Tanjungselor
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Kalimantan Utara
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Kupang
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Nusa Tenggara Timur
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Mataram
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Nusa Tenggara Barat
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Denpasar
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Bali
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Surabaya
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Jawa Timur
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Jogja
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Yogyakarta
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Semarang
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Jawa Tengah
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Jakarta
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke DKI Jakarta
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Bandung
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Jawa Barat
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Serang
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Banten
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Lampung
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Pangkalpinang
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Bangka Belitung
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Palembang
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Sumatera Selatan
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Bengkulu
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Jambi
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Tanjung Pinang
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Kepulauan Riau
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Pekanbaru
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Riau
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Padang
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Sumatera Barat
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Medan
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Sumatera Utara
Ekspedisi Kirim Mobil Dari Papua Ke Aceh

Perkembangan asal usul nama pulau Papua memiliki perjalanan yang panjang seiring dengan sejarah interaksi antara bangsa asing dengan masyarakat Papua, termasuk pula dengan bahasa-bahasa lokal dalam memaknai nama Papua.


Provinsi Papua, sebelumnya mencakup seluruh wilayah Indonesia di Pulau Papua. Pada masa pemerintahan kolonial Hindia Belanda, wilayah ini dikenal sebagai Nugini Belanda (Nederlands Nieuw-Guinea atau Dutch New Guinea). Setelah berada bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia, wilayah ini dikenal sebagai Provinsi Irian Barat sejak tahun 1963 hingga 1973. Namanya kemudian diganti menjadi Irian Jaya oleh Soeharto pada saat meresmikan tambang tembaga dan emas Freeport, nama yang tetap digunakan secara resmi sampai terbitnya Undang-Undang No. 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Papua mengamanatkan nama provinsi ini untuk diganti menjadi Papua. Pada tahun 2003, disertai oleh berbagai protes (penggabungan Papua Tengah dan Papua Timur), Papua dibagi menjadi dua provinsi oleh pemerintah Indonesia; bagian timur tetap memakai nama Papua sedangkan bagian baratnya menjadi Provinsi Irian Jaya Barat (kemudian menjadi Papua Barat). Bagian timur inilah yang menjadi wilayah Provinsi Papua pada saat ini.


Nama Papua Barat (West Papua) masih sering digunakan oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM), suatu gerakan separatis yang ingin memisahkan diri dari Indonesia dan membentuk negara sendiri.

Papua adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah utara Australia dan merupakan bagian dari wilayah timur Indonesia. Sebagian besar daratan Papua masih berupa hutan belantara. Papua merupakan pulau terbesar kedua di dunia setelah Greenland. Sekitar 47% wilayah pulau Papua merupakan bagian dari Indonesia, yaitu yang dikenal sebagai Netherland New Guinea, Irian Barat, West Irian, serta Irian Jaya, dan akhir-akhir ini dikenal sebagai Papua. Sebagian lainnya dari wilayah pulau ini adalah wilayah negara Papua New Guinea (Papua Nugini), yaitu bekas koloni Inggris. Populasi penduduk di antara kedua negara sebetulnya memiliki kekerabatan etnis, tetapi kemudian dipisahkan oleh sebuah garis perbatasan.


Papua memiliki luas area sekitar 421.981 kilometer persegi dengan jumlah populasi penduduk hanya sekitar 2,3 juta. Lebih dari 71% wilayah Papua merupakan hamparan hutan hujan tropis yang sulit ditembus karena terdiri atas lembah-lembah yang curam dan pegunungan tinggi, dan sebagian dari pegunungan tersebut diliputi oleh salju. Perbatasan antara Indonesia dengan Papua Nugini ditandai dengan 141 garis Bujur Timur yang memotong pulau Papua dari utara ke selatan.


Seperti juga sebagian besar pulau-pulau di Pasifik Selatan lainnya, penduduk Papua berasal dari daratan Asia yang bermigrasi dengan menggunakan kapal laut. Migrasi itu dimulai sejak 30.000 hingga 50.000 tahun yang lalu, dan mengakibatkan mereka berada di luar peradaban Indonesia yang modern, karena mereka tidak mungkin untuk melakukan pelayaran ke pulau-pulau lainnya yang lebih jauh.


Para penjelajah Eropa yang pertama kali datang ke Papua, menyebut penduduk setempat sebagai orang Melanesia. Asal kata Melanesia berasal dari kata Yunani, ‘Mela’ yang artinya ‘hitam’, karena kulit mereka berwarna gelap. Kemudian bangsa-bangsa di Asia Tenggara dan juga bangsa Portugis yang berinteraksi secara dekat dengan penduduk Papua, menyebut mereka sebagai orang Papua.


Papua sendiri menggambarkan sejarah masa lalu Indonesia, karena tercatat bahwa selama abad ke-18 Masehi, para penguasa dari kerajaan Sriwijaya, yang berpusat di wilayah yang sekarang dikenal sebagai Palembang, Sumatra Selatan, mengirimkan persembahan kepada kerajaan Tiongkok. Di dalam persembahan itu terdapat beberapa ekor burung Cenderawasih, yang dipercaya sebagai burung dari taman surga yang merupakan hewan asli dari Papua, yang pada waktu itu dikenal sebagai ‘Janggi’.


Dalam catatan yang tertulis di dalam kitab Nagarakretagama, Papua juga termasuk kedalam wilayah kerajaan Majapahit (1293–1520). Selain tertulis dalam kitab yang merupakan himpunan sejarah yang dibuat oleh pemerintahan Kerajaan Majapahit tersebut, masuknya Papua kedalam wilayah kekuasaan Majapahit juga tercantum di dalam kitab Prapanca yang disusun pada tahun 1365.


Walaupun terdapat kontroversi seputar catatan sejarah tersebut, hal itu menegaskan bahwa Papua adalah sebagai bagian yang tidak terlepas dari jaringan kerajaan-kerajaan di Asia Tenggara yang berada di bawah kontrol kekuasaan kerajaan Majapahit.


Selama berabad-abad dalam paruh pertama milenium kedua, telah terjalin hubungan yang intensif antara Papua dengan pulau-pulau lainnya di Indonesia, yang hubungan tersebut bukan hanya sekadar kontak perdagangan yang bersifat sporadis antara penduduk Papua dengan orang-orang yang berasal dari pulau-pulau terdekat.


Selama kurun waktu tersebut, orang-orang dari pulau terdekat yang kemudian datang dan menjadi bagian dari Indonesia yang modern, menyatukan berbagai keragaman yang terserak di dalam kawasan Papua. Hal ini tentunya membutuhkan interaksi yang cukup intens dan waktu yang tidak sebentar agar para penduduk di Papua bisa belajar bahasa Melayu sebagai bahasa pengantar, apalagi mengingat keanekaragaman bahasa yang mereka miliki. Pada tahun 1963, dari sekitar 700.000 populasi penduduk yang ada, 500.000 di antara mereka berbicara dalam 200 macam bahasa yang berbeda dan tidak dipahami antara satu dengan yang lainnya.


Beragamnya bahasa di antara sedikitnya populasi penduduk tersebut diakibatkan oleh terbentuknya kelompok-kelompok yang diisolasi oleh perbedaan antara yang satu dengan yang lainnya selama berabad-abad karena kepadatan hutan dan juga jurang yang curam yang sulit untuk dilalui yang memisahkan mereka. Oleh karena itu, sekarang ini ada 234 bahasa pengantar di Papua, dua dari bahasa kedua tanpa pembicara asli. Banyak dari bahasa ini hanya digunakan oleh 50 penutur atau kurang. Beberapa golongan kecil sudah punah, seperti Tandia, yang hanya digunakan oleh dua pembicara dan Mapia yang hanya digunakan oleh satu pembicara.


Sekarang ini bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Indonesia, yang menjadi bahasa pengantar yang diajarkan di sekolah-sekolah dan merupakan bahasa di dalam melakukan berbagai transaksi. Bahasa Indonesia sendiri berasal dari bahasa melayu, versi pasar.

Berikut daftar kabupaten dan/atau kota di Papua

No.Kabupaten/kotaPusat pemerintahanBupati/wali kotaLuas wilayah (km²)[1]Jumlah penduduk (2017)[1]DistrikKelurahan/kampungLogo
Coat of arms of Papua.png
CiutkanPeta lokasi
1Kabupaten AsmatAgatsElisa Kambu31.983,69103.07419-/221
Lambang Kabupaten Asmat.jpeg
2Kabupaten Biak NumforBiakHerry Ario Naap2.602,00140.6311914/254
Lambang Kabupaten Biak Numfor.png
3Kabupaten Boven DigoelTanah MerahChaerul Anwar (Plt.)27.108,0058.09320-/112
Logo BOVENDIGOEL.jpg
4Kabupaten DeiyaiTigiAteng Edowai537,3988.1455-/67
Lambang Kabupaten Deiyai.png
5Kabupaten DogiyaiKigamaniYakobus Dumupa4.237,40112.51310-/79
Lambang Kabupaten Dogiyai.gif
6Kabupaten Intan JayaSugapaNatalis Tabuni3.922,02137.0508-/97
Lambang Kabupaten Intan Jaya.png
91.27.00 Papua Intan Jaya.svg
7Kabupaten JayapuraSentaniMathius Awoitauw11.157,15165.404195/139
Lambang Kabupaten Jayapura.jpeg
8Kabupaten JayawijayaWamenaJhon Richard Banua7.030,66268.137404/328
Lambang Kabupaten Jayawijaya.png
9Kabupaten KeeromWarisMuhammad Markum8.390,0059.40611-/91
Lambang Kabupaten Keerom.jpeg
10Kabupaten Kepulauan YapenSeruiTonny Tesar2.050,00109.531165/160
Lambang Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua.jpg
11Kabupaten Lanny JayaTiomBefa Yigibalom2.248,00197.313391/354
Lambang Kabupaten Lanny Jaya, Papua.jpg
12Kabupaten Mamberamo RayaBurmesoDorinus Dasinapa23.813,9134.5588-/60
Lambang Kabupaten Mamberamo Raya, Papua.jpg
13Kabupaten Mamberamo TengahKobakmaRicky Ham Pagawak1.275,0044.7885-/59
Lambang Kabupaten Mamberamo Tengah.webp
14Kabupaten MappiKepiKristosimus Yohanes Agawemu24.118,00102.113152/162
Lambang Kabupaten Mappi.png
15Kabupaten MeraukeMeraukeFrederikus Gebze44.071,00221.8862011/179
Lambang Kabupaten Merauke.jpg
16Kabupaten MimikaTimikaEltinus Omaleng21.633,00306.5171819/133
Lambang Kabupaten Mimika.jpg
17Kabupaten NabireNabireIsaias Douw11.112,61166.463159/72
Lambang kabupaten nabire.jpg
18Kabupaten NdugaKenyamYairus Gwijangge2.168,00106.35432-/248
Lambang Kabupaten Nduga.png
19Kabupaten PaniaiEnarotaliMeki Fritz Nawipa6.525,25117.047235/216
Lambang Kabupaten Paniai.jpg
20Kabupaten Pegunungan BintangOksibilCostan Oktemka15.682,00107.35334-/277
Lambang Kabupaten Pegunungan Bintang.webp
21Kabupaten PuncakIlagaWillem Wandik8.055,00158.40625-/206
Lambang Kabupaten Puncak.webp
22Kabupaten Puncak JayaKotamuliaYuni Wonda4.989,51215.106263/302
Lambang Kabupaten Puncak Jaya.png
23Kabupaten SarmiSarmiEduard Fonataba17.742,0036.726102/92
Lambang Kabupaten Sarmi.png
24Kabupaten SupioriSorendiweriJules F. Warikar678,3221.0145-/38
Lambang Kabupaten Supiori.png
25Kabupaten TolikaraKarubagaUsman Wanimbo5.588,13246.858464/541
Lambang Kabupaten Tolikara.tif
26Kabupaten WaropenBotawaYeremias Bisay10.977,0932.54111-/100
Lambang Kabupaten Waropen, Papua.jpg
27Kabupaten YahukimoSumohaiAbock Busup17.152,00349.410511/510
Lambang Kabupaten Yahukimo.png
28Kabupaten YalimoElelimLakius Peyon1.253,00118.8295-/300
Lambang Kabupaten Yalimo.png
29Kota Jayapura-Benhur Tommy Mano935,92417.492525/14
Lambang Kota Jayapura.jpeg


Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: