Jasa Kirim Mobil Bireuen, ekspedisi, biaya, harga, tarif, kendaraan, antar pulau, terpercaya, murah, driver, towing, car carrier, Tiki, JNE, Pelni. Kabupaten Bireuen adalah salah satu kabupaten di Aceh, Indonesia.[1][4] Kabupaten ini beribukotakan di Bireuen Kabupaten ini menjadi wilayah otonom sejak 12 Oktober tahun 1999 sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Utara. Kabupaten ini terkenal dengan julukan kota juangnya, dan sempat menjadi salah satu basis utama Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Semenjak diberlakukannya darurat militer sejak bulan Mei 2003, situasi di kabupaten ini berangsur-angsur mulai kembali normal setelah perjanjian damai MOU Helsinki[5].

Kabupaten Bireuen termasuk salah satu kabupaten yang bersejarah bagi bangsa ini karena pernah ditetapkan sebagai ibukota Republik Indonesia kedua pada tanggal 18 Juni 1948 yakni tepat pada saat Agresi Militer Belanda II (1947-1948). Akibatnya, PDRI yang semula menetap di Kota Bukittinggi berpindah lokasi ke Kabupaten Bireuen (a.k.a. Kota Juang).



Kabupaten Bireuen juga terkenal di bidang kulinernya diantaranya Mie Kocok Geurugok (Gandapura), Rujak Manis dan Bakso Gatok (Kuta Blang), Sate Matang (Peusangan) Bu Sie Itek dan Nagasari (Kota Juang/Bireuen).

Jasa Kirim Mobil Bireuen - Secara geografis Kabupaten Bireuen terletak diantara 04° 54' 00” - 05° 21' 00” LU dan 96° 20' 00” - 97° 21' 00” BT yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Utara pada tanggal 12 Oktober 1999 (berdasarkan Undang-undang No. 48 Tahun 1999). Luas wilayah Kabupaten Bireun adalah 1.796,32 Km² (179.632 Ha), dengan ketinggian 0 - 2.637 mdpl (meter di atas permukaan laut). Terbagi dalam 17 kecamatan, dimana Kecamatan Peudada merupakan kecamatan terluas dengan luas wilayah 312,84 km2 atau sebesar 17,42 persen dari luas Kabupaten Bireuen. Sedangkan kecamatan terkecil adalah Kecamatan Kota Juang dengan luas hanya 16,91 km².

 Jasa Kirim Mobil Aceh Utara
 Jasa Kirim Mobil Aceh Timur
 Jasa Kirim Mobil Aceh Tenggara
 Jasa Kirim Mobil Aceh Tengah

Sejarah

Jasa Kirim Mobil Bireuen - Kabupaten Bireuen dalam catatan sejarah dikenal sebagai daerah Jeumpa. Dahulu Jeumpa merupakan sebuah kerajaan kecil di Aceh. Menurut Ibrahim Abduh dalam Ikhtisar Radja Jeumpa, Kerajaan Jeumpa terletak di Desa Blang Seupeung, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen.

Kerajaan-kerjaan kecil di Aceh tempo dulu termasuk Jeumpa mengalami pasang surut. Apalagi setelah kehadiran Portugis ke Malaka pada tahun 1511 M yang disusul dengan kedatangan Belanda. Secara de facto Belanda menguasai Aceh pada tahun 1904, yaitu ketika Belanda dapat menduduki benteng Kuta Glee di Batee Iliek, di bagian barat Kabupaten Bireuen.

Kemudian dengan Surat Keputusan Vander Guevernement General Van Nederland Indie tanggal 7 September 1934, Aceh dibagi menjadi enam Afdeeling (kabupaten) yang dipimpin oleh seorang Asisten Residen. Salah satunya adalah Afdeeling Noord Kust van Aceh (Kabupaten Aceh Utara) yang dibagi dalam tiga Onder Afdeeling (kewedanan).

Kewedanan dikepalai oleh seorang Countroleur (wedana) yaitu: Onder Afdeeling Bireuen (kini Kabupaten Bireuen), Onder Afdeeling Lhokseumawe (Kini Kota Lhokseumawe) dan Onder Afdeeling Lhoksukon (Kini jadi Ibu Kota Aceh Utara).

Selain Onder Afdeeling tersebut, terdapat juga beberapa daerah Ulee Balang (Zelf Bestuur) yang dapat memerintah sendiri terhadap daerah dan rakyatnya, yaitu Ulee Balang Keureutoe, Geureugok, Jeumpa dan Peusangan yang diketuai oleh Ampon Chik.

Pada masa pendudukan Jepang istilah Afdeeling diganti dengan Bun, Onder Afdeeling diganti dengan Gun, Zelf Bestuur disebut Sun. Sedangkan mukim disebut Kun dan gampong disebut Kumi.

Setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945, Aceh Utara disebut Luhak, yang dikepalai oleh Kepala Luhak sampai tahun 1949. Kemudian, setelah Belanda mengakui kedaulatan Indonesia melalui Konferensi Meja Bundar pada 27 Desember 1949, dibentuklah Negara Republik Indonesia Serikat (RIS) dengan beberapa negara bagian. Salah satunya adalah Negara Bagian Sumatra Timur, Aceh dan Sumatra Utara tergabung didalamnya dalam Provinsi Sumatra Utara.

Kemudian melalui Undang-Undang Darurat nomor 7 tahun 1956 tentang pembentukan daerah otonom setingkat kabupaten di Provinsi Sumatra Utara, maka dibentuklah Daerah Tingkat II Aceh Utara.

Keberadaan Aceh dibawah Provinsi Sumatra Utara menimbulkan rasa tidak puas masyarakat Aceh. Para tokoh Aceh menuntut agar Aceh berdiri sendiri sebagai sebuah provinsi. Hal ini juga yang kemudian memicu terjadinya pemberontakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII) pada tahun 1953.

Pemberontakan ini baru padam setelah keluarnya Keputusan Perdana Menteri Republik Indonesia Nomor 1/Missi/1957 tentang pembentukan Provinsi daerah Istimewa Aceh dan Aceh Utara sebagai salah satu daerah Tingkat dua, Bireuen masuk dalam wilayah Kabupaten Aceh Utara.

Baru pada tahun 1999 Bireuen menjadi Kabupaten tersendiri setelah lepas dari Aceh Utara selaku Kabupaten induk, pada 12 Oktober 1999, melalui Undang Undang Nomor 48 tahun 1999.

Kabupaten Bireuen terletak pada jalur Banda Aceh – Medan yang di apit oleh tiga (3) kabupaten, yaitu Kabupaten Bener Meriah, Kabupaten Pidiy Jaya dan Kabupaten Aceh Utara yang membuat Bireuen sebagai daerah transit yang maju.

Daerah tingkat dua pecahan Aceh Utara ini termasuk Wilayah agraris. Sebanyak 52,2 persen wilayah Bireuen adalah wilayah pertanian. Kondisi itu pula yang membuat 33,05 persen penduduknya bekerja di sektor agraris. Sisanya tersebar di berbagai lapangan usaha seperti jasa perdagangan dan industri.

Dari lima kegiatan pada lapangan usaha pertanian, tanaman pangan memberi kontribusi terbesar untuk pendapatan Kabupaten Bireuen. Produk andalan bidang ini adalah padi dan kedelai dengan luas tanaman sekitar 29.814 hektar.

Sentra produksi padi terdapat di Kecamatan Samalangan, Peusangan, dan Gandapura. Untuk pengairan sawah, kabupaten ini memanfaatkan tujuh sungai yang semua bermuara ke Selat Malaka. Salah satunya, irigasi Pante Lhong, yang memanfaatkan air Krueng Peusangan. Padi dan kedelai merupakan komoditas utama di kabupaten ini.

Bireuen juga dikenal sebagai daerah penghasil pisang. Paling banyak terdapat di Kecamatan Jeumpa. Pisang itu diolah jadi keripik. Karena itu pula Bireuen dikenal sebagai daerah penghasil keripik pisang. Komoditas khas lainnya adalah giri matang, sejenis jeruk bali. Buah ini hanya terdapat di Matang Geulumpangdua.

Potensi kelautan juga sangat menjanjikan. Untuk menopang hal itu di Kecamatan Peudada dibangun Pusat Pendaratan Ikan (PPI). Selain itu ada juga budi daya udang windu. Sementara untuk pengembangan industri, Pemerintah Kabupaten Bireuen menggunakan kawasan Gle Geulungku sebagai areal pengembangan. Untuk kawasan rekreasi, Bireuen menawarkan pesona Krueng Simpo dan Batee Iliek. Dua sungai yang menyajikan panorama indah.

Daerah pecahan Aceh Utara ini juga dikenal sebagai kota juang. Beragam kisah heroik terekam dalam catatan sejarah. Benteng pertahanan di Batee Iliek merupakan daerah terakhir yang diserang Belanda yang menyisakan kisah kepahlawan pejuang Aceh dalam menghadapi Belanda.

Kisah heroik lainnya, ada di kubu syahid lapan di Kecamatan Simpang Mamplam. Pelintas jalan Medan-Banda Aceh, sering menyinggahi tempat ini untuk ziarah. Di kuburan itu, delapan syuhada dikuburkan. Mereka wafat pada tahun 1902 saat melawan pasukan Marsose, Belanda.

Kala itu delapan syuhada tersebut berhasil menewaskan pasukan Marsose yang berjumlah 24 orang. Namun, ketika mereka mengumpulkan senjata dari tentara Belanda yang tewas itu, mereka diserang oleh pasukan Belanda lainnya yang datang dari arah Jeunieb.

Kedelapan pejuang itu pun syahid. Mereka adalah : Tgk Panglima Prang Rayeuk Djurong Bindje, Tgk Muda Lem Mamplam, Tgk Nyak Bale Ishak Blang Mane, Tgk Meureudu Tambue, Tgk Balee Tambue, Apa Sjech Lantjok Mamplam, Muhammad Sabi Blang Mane, serta Nyak Ben Matang Salem Blang Teumeuleuk. Makan delapan syuhada ini terletak di pinggir jalan Medan – Banda Aceh, kawasan Tambue, Kecamatan Simpang Mamplam. Makam itu dikenal sebagai kubu syuhada lapan.

Bireuen—Julukan Kota Juang yang ditabalkan untuk Kabupaten Bireuen menarik untuk ditelusuri asal usulnya. Terlebih masih banyak orang yang tidak mengetahuinya. Bahkan mereka yang mengaku orang Bireuen sekali pun.

Tgk Sarong Sulaiman, seorang pelaku sejarah dan pejuang yang sekarang berusia 110 tahun, yang berdomisili di Desa Keude Pucok Aleu Rheng, Peudada Bireuen, saat ditemui Narit di rumahnya, kelihatan masih sehat dan ingatannya pun masih kuat.

Jasa Kirim Mobil Bireuen - Menurut Kepala Badan Statistik (BPS) Aceh, Syeh Suhaimi kepada Narit, Tgk Sarong merupakan salah seorang pelaku sejarah yang masih hidup. “Beliau merupakan seorang pejuang kemerdekaan negara ini, bahkan terlibat langsung dalam masa pergerakan melawan penjajahan Belanda dulu,” kata Syeh Suheimi saat melakukan sensus penduduk di Bireuen beberapa bulan lalu.

Bireuen itu berasal dari Bahasa Arab yaitu asal katanya Birrun, artinya kebajikan, dan yang memberikan nama itu juga orang Arab pada saat Belanda masih berada di Aceh

Ditemui di kediamannya beberapa waktu lalu, Kakek Sarong yang terlihat masih bugar dengan lancar menceritakan sejarah Aceh pada umumnya dan Bireuen khususnya. Tgk Sarong pernah menjadi komandan pertempuran Medan Area tahun 1946, yang saat itu diberi gelar Kowera (Komandan Perang Medan Area).

Ayah tiga anak dan sejumlah cucu ini, pernah ditawarkan menjadi guru ngaji di Arab Saudi, ketika dirinya bersama istri menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci pada tahun 60-an. Namun, tawaran itu ditolaknya karena sayang pada sang istri yang harus pulang ke Aceh tanpa pendamping. “Itu romansa masa lalu. Tapi, di sini (Aceh-red) saya juga menjadi guru ngaji he he he…,” katanya sambil terkekeh

Menurut pelaku sejarah yang lancar berbahasa Arab dan Inggis ini, “Bireuen itu berasal dari Bahasa Arab yaitu asal katanya Birrun, artinya kebajikan, dan yang memberikan nama itu juga orang Arab pada saat Belanda masih berada di Aceh. Kala itu, orang Arab yang berada di Aceh mengadakan kenduri di Meuligoe Bupati sekarang. Saat itu, orang Arab pindahan dari Desa Pante Gajah, Peusangan, lalu mereka mengadakan kenduri. Kenduri itu merupakan kebajikan saat menjamu pasukan Belanda. Orang Arab menyebut kenduri itu Birrun. Sejak saat itulah nama Bireuen mulai dikenal,” kata pria berkulit sawo matang yang mengaku pernah jadi guru Bahasa Arab di sebuah sekolah di Aceh tempoe doeloe.

Dengan penuh semangat, Tgk Sarong Sulaiman menceritakan, sebelum Bireuen jadi nama Kota Bireuen yang sekarang ini, dulu namanya Cot Hagu. Setelah peristiwa itulah, nama Cot Hagu menjadi nama Bireuen. “Jadi Bireuen itu bukan asal katanya dari bi reuweueng (memberi ruang/ lowong atau celah), tetapi, Birrun itulah asal kata nama Kota Bireuen sekarang,” kata pria yang mengaku pernah berhasil memukul mundur pasukan Kolonial Belanda, saat bertempur melawan penjajahan dulu.

Daftar kecamatan dan gampong di Kabupaten Bireuen

Jasa Kirim Mobil Bireuen - Berikut ini adalah daftar kecamatan dan gampong di kabupaten Bireuen.Kabupaten Bireuen memiliki 17 kecamatan dan 609 gampong dengan kode pos 24251-24357 (dari total 289 kecamatan dan 6.497 gampong di seluruh Aceh). Pada tahun 2010, jumlah penduduk di wilayah ini adalah 389.024 (dari penduduk seluruh provinsi Aceh yang berjumlah 4.486.570) yang terdiri atas 191.006 pria dan 198.018 wanita (rasio 96,46). Dengan luas daerah 1.796,31 km² (dibanding luas seluruh provinsi Aceh 56.770,81 km²), tingkat kepadatan penduduk di wilayah ini adalah 200 jiwa/km² (dibanding kepadatan provinsi 78 jiwa/km²).[1]

Daftar kecamatan dan gampong di Kabupaten Bireuen, adalah sebagai berikut:

KemendagriKecamatanJumlah GampongDaftar Gampong
11.11.07Gandapura, Bireuen40CiutkanlbsKecamatan GandapuraKabupaten BireuenAcehGampongAlue MangkiBlang GuronBlang KeudeBlang KubuBlang RheueCeuboCot JabetCot ManeCot PuukCot RambatCot TubeCot TufahCot TunongDama KawanGeurugokIe RhopKeude LapangLapang BaratLapang TimuLhok MambangLingka KutaMon JambeeMon JeureujakMon KeulayuPaloh Kayee KunyetPaloh MePante SikumbongPaya BaroPaya KareungPaya SeupatPulo GisaSamuti AmanSamuti KruengSamuti MakmurSamuti RayeukTanjong BungongTanjong MesjidTanjong RayaTeupin SironUjong Bayu
11.11.10Jangka, Bireuen46CiutkanlbsKecamatan JangkaKabupaten BireuenAcehGampongAbeuk JalohAlue Bayeu UtangAlue Bie PusongAlue BuyaAlue Buya PasiAlue KutaBada BaratBada TimurBarat LanyanBugak BlangBugak KruengBugak Krueng MateBugak MesjidBugengGampong MeulinteungGeundotJangka AlueJangka Alue BieJangka Alue UJangka KeutapangJangka MesjidKambuekKuala CeurapeLamkutaLampoh RayeukLhok BugengLinggongLuengMeunasah KruengPante PakuPante PeusanganPante RanubPante SukonPaya BiengPulo BlangPulo IbohPulo Pineung Meunasah IIPulo ReudeupPulo SeunaPulo UPunjotRuseb AraRuseb DayahTanjonganTanoh AnoeUlee Ceue
11.11.04Jeumpa, Bireuen42CiutkanlbsKecamatan JeumpaKabupaten BireuenAcehGampongAbeuk TingkeumAbeuk UsongAlue LimengBatee TimohBeurawangBlang BladehBlang Cot BarohBlang Cot TunongBlang DalamBlang GandaiBlang MeBlang RheumBlang SeunongBlang SeupengCot BadaCot GadongCot GeurundongCot Iboeh TimuCot IbohCot LeusongCot MeugoeCot Tarom BarohCot Tarom TunongCot UlimGeulumpang PayongKuala JeumpaKuta MeuligoeLhaksamanaLipah CutLipah RayeukMon JambeeMon ManePaloh PanyangPaloh SeulimengPulo LawangSalah Sirong JayaSeuleumbahSeuneubok LhongTeupok BarohTeupok TunongKelurahanCot KeutapangGeudong Tampu
11.11.02Jeunieb, Bireuen43CiutkanlbsKecamatan JeuniebKabupaten BireuenAcehGampongAlue LamsabaAlue SeutuiBlang LancangBlang Mee BaratBlang Mee TimurBlang NeubokBlang PorohCot Geulumpang BarohCot Geulumpang TunongDarul AmanDayah BaroDayah Blang RaleuJanggot SeungkoJeumpa SikureungLampoh OeLancangLheue BaratLheue SimpangLhok KulamLhueng TeungohMatang BangkaMatang NibongMatang TeungohMeunasah AlueMeunasah BlangMeunasah DayahMeunasah KeupulaMeunasah KeutapangMeunasah LuengMeunasah TamboMeunasah Tunong LuengPaya BiliPulo RangkilehSampoi AjatTanjong BungongTeupin KeupulaTufahUlee BlangUlee GajahUlee RaboUteun PeupalehKeude Jeunieb
11.11.09Juli, Bireuen36CiutkanlbsKecamatan JuliKabupaten BireuenAcehGampongAbeuk BudiAleu RambongAlue UnouBalee PanahBatee RayaBeunyotBlang KeutumbaBuket MuliaGeulumpang Meu Jim-jimJuli Cot MeurakJuli Keudee DuaJuli Mee TeungohJuli Meunasah JokJuli Meunasah SeutuyJuli Meunasah TamboJuli Meunasah TeungohJuli Paya RuJuli Seupeng/LampohJuli Tambo TanjongJuli Teungku DilampohJuli Uruek AnoeKrueng SimpoMane MeujingkiPante BaroPante PeusanganPasehPaya CutRanto PanyangSeuneubok DalamSeuneubok GunciSeuneubok PeuradenSimpang JayaSuka TaniTamboi TanjongTeupin ManeeKelurahanJuli Cot Mesjid
11.11.13Kota Juang, Bireuen23CiutkanlbsKecamatan Kota JuangKabupaten BireuenAcehGampongBlang ReuliengBlang TingkeumBuket TeukuehCot JratCot PeutekGampong BaroUteun ReutohKelurahanBireun Meunasah BlangBireun Meunasah CapaBireun Meunasah DayahBireun Meunasah ReuleutBireun Meunasah Teungku DigadongCot GapuGeudong AlueGeudong-geudongGeulanggang BaroGeulanggang GampongGeulanggang KulamGeulanggang TeungohKota BireuenLhok Awe TeungohPulo Ara Geudong TeungohPulo Kiton
11.11.14Kuala, Bireuen20CiutkanlbsKecamatan KualaKabupaten BireuenAcehGampongBalee KuyunCot BateeCot GlumpangCot KutaCot LagasawaCot TriengCot U SibakCot UnoeGlumpang BarohKareuengKrueng Juli BaratKrueng Juli TimurKuala RajaKuta BaroLancok-lancokLancok Pante AraUjong BlangUjong Blang MesjidWeu JangkaKelurahanLhok Awe-awe
11.11.17Kuta Blang, Bireuen41CiutkanlbsKecamatan Kuta BlangKabupaten BireuenAcehGampongBabah JurongBabah SuakBalee MeBlang MeeBlang PanjoeBuket DalamCot AraCot BarohCot MeCrueng KumbangDayah MesjidDayah PanjoeGeulanggang MeunjeeGeulanggang PanahGeulanggang RayeukGle PutohIembudeeJambo KajeungJarommah BarohJarommah MeKeurumbokKuluKulu KutaLhok NgaMeusePaloh DamaPaloh PeuradiPaloh RayaParang SikureungPaya RangkuluhPulo AwePulo BlangPulo NgaPulo ReudeupPulo SironRancongTanjong SironTingkeum BaroUjong BlangUlee PusongKelurahanTingkeum Manyang
11.11.06Makmur, Bireuen27CiutkanlbsKecamatan MakmurKabupaten BireuenAcehGampongAlue DuaAra LipehBatee DabaiBlang DalamBlang KutangBlang ManeBlang PerlakBuket SelamatCot KruetKuta BaratLapehan MesjidLeubu CotLeubu MeLeubu MesjidMatang KumbangMeureuboMon AraPandakPante BreuhPanton MesjidPaya DuaPulo TeungohSeuneubok BaroSukarameTanjong MuliaTrienggadengUlee Gle
11.11.08Pandrah, Bireuen19CiutkanlbsKecamatan PandrahKabupaten BireuenAcehGampongAlue IgeuehBantayanBlang Sama GadengCot LeubengGampong BlangGarotKuta ReusepLancok UlimLhok DagangMeunasah ReudeupMeunasah TeungohNase MePandrah JanengPandrah KandehPantonPanton BiliSeuneubok BaroUteun Kruet
11.11.03Peudada, Bireuen52CiutkanlbsKecamatan PeudadaKabupaten BireuenAcehGampongAlue GandaiAlue KeutapangAlue SijuekAra BungongBlang BatiBlang BeururuBlang GlumpangBlang KubuBlang MatangBlang RangkuluhBuket PayaCalokCot KeutapangCot KruetCot LaotDayah Mon AraGarotHaguJabaJabetKampong BaroKariengKeude Alue RheingKukueLawangMatang PasiMatang ReuleutMeunasah AlueMeunasah BarohMeunasah BlangMeunasah BungoMeunasah CutMeunasah KruengMeunasah MesjidMeunasah PuloMeunasah RaboMeunasah TamboMeunasah TeungohMeunasah TunongMuliaNeubok NaleungPayaPaya BaratPaya BunotPaya TimurPinto RimbaPulo AraPulo LawangSawangSeuneubok PayaTanjong SeulamatTeungku Di Bathon
11.11.12Peulimbang, Bireuen22CiutkanlbsKecamatan PlimbangKabupaten BireuenAcehGampongBalee DakaCot GeulumpangGarabJambo DalamKrueng BaroKuta TriengLancok BungoMatang KuleePadang KasabPaloh PupuPu UkRambong PayongSeuneubok AcehSeuneubok NalanSeuneubok PlimbangSeuneubok PuntiSeuneubok SeumaweSeuneubok TeungohTeupin PanahUteun RungkomUteun SikumbongKelurahanKeude Plimbang
11.11.05Peusangan, Bireuen69CiutkanlbsKecamatan PeusanganKabupaten BireuenAcehGampongAlue Glumpang BaAlue PeunoAlue UdeungAsan BideunBayuBlang CutBlang DalamBlang GeulanggangBlang PanjoeBlang RambongCot Bada BaratCot Bada BarohCot Bada TunongCot BuketCot GirekCot IjueCot KeumudeeCot KeuranjiCot NgaCot PanjoeCot PuukCot Rabo BarohCot Rabo TunongGampong BarohGampong PutohGampong Raya TamboKapaKariengKeude TanjongKrueng Baro Babah KruengKrueng Baro MesjidKrueng DheueMata MamplamMatang Cot PasehMatang MesjidMatang SagoeMeunasah MeucapMeunasah NibongNeuheuenNicahPalohPante AraPante CutPante LhongPante PisangPante PiyeuPanton GeulimaPaya AboePaya CutPaya LipahPaya MeunengPaya ReuhatPulo NaleungPulo PisangPulo Ue BaroeSagoeSeuneubok AcehSeuneubok RawaTanjong MesjidTanjong NieKelurahanBlang AsanGampong Raya DagangKeude Matang Glumpang IIMatang Glumpang II Meunasah DayahMatang Glumpang II Meunasah TimurPante Gajah
11.11.16Peusangan Selatan, Bireuen21CiutkanlbsKecamatan Peusangan SelatanKabupaten BireuenAcehGampongBlang CutBlang ManeBlang PalaCeubrekDarul AmanDarussalamGeulanggang LabuKrueng BeukahLueng BaroLueng KuliMata IeMe RayeukPaya CrotPulo HarapanPulo PanyangTanjong BeuridiTeupin ReudeupUlee JalanUteun GhatomUteun Raya
11.11.15Peusangan Siblah Krueng, Bireuen21CiutkanlbsKecamatan Peusangan Siblah KruengKabupaten BireuenAcehGampongAlue Glumpang Siblah KruengAlue IetAlue KeupulaAlue KruebAwe GeutahAwe Geutah PayaBlang CirihBuket SudanCot Aneuk BateeCot SaleutDayah BaroeKubuKubu RayaLueng DaneunPaloh MampreePante Baro Bukit PanyangPante Baro Glee SiblahPante Baro KumbangPante KaryaRambong PayongTeupin Raya
11.11.01Samalanga, Bireuen46CiutkanlbsKecamatan SamalangaKabupaten BireuenAcehGampongAlue BaratAngkieng BaratBatee IliekCot ManeCot Meurak BarohCot Meurak BlangCot SirenDarussalamGampong BaroGampong MeulumGampong PutohGeulumpang BungkokGeulumpang PayongKandangKeude AcehLancokLhok SeumiraLueng KeubeuMatangMatang JareungMatang TeungohMatang WakeuhMesjid BaroMeuliekMeunasah LancokMeunasah LuengMeunasah LincahMeunasah PuukMeurahMideun GeudongMideun JokNamploh BaroNamploh Blang GarangNamploh KruengNamploh ManyangNamploh PapeuenPalohPante RhengPineung Siri BeePulo BarohSangsoTanjong BaroTanjongan IdemUlee AlueUlee JeumatanUlee Ue
11.11.11Simpang Mamplam, Bireuen41CiutkanlbsKecamatan Simpang MamplamKabupaten BireuenAcehGampongAlue LeuhobAronganBaleeBlang Kuta CohBlang Kuta Dua MeunasahBlang Mane BaratBlang Mane Dua MeunasahBlang PanyangBlang TambueBlang TeumulekCalokCeureucokCot TriengCure BarohCure TunongGle MeundongIe Rhob Babah LuengIe Rhob BaratIe Rhob GeulumpangIe Rhob TimurJurong BinjeeKeude TambueKrueng MeuseugobLancangLhok ManeLhok TanohMeunasah AsanMeunasah BaratMeunasah DayahMeunasah MamplamMeunasah MesjidPakuPeuneulet BarohPeuneulet TunongPulo DapongPulo DrienRheum BaratRheum BarohRheum TimurTambue BaratUlee Kareung
TOTAL609

Metode Cek Mobil Baru dikala Serah Terima dari Jasa Kirim Mobil

Jasa Kirim Mobil Bireuen - Serah terima maupun delivery Jasa Kirim mobil baru, ialah disaat yang ditunggu- tunggu sekaligus mendebarkan buat pembeli mobil, terlebih apabila itu ialah mobil baru yang anda beli. Namun jangan sampai euforia memunculkan kita kurang ingat tentang apa saja yang harus ditilik dan di tetetapkan pada mobil baru.

Jasa Kirim Mobil Bireuen

Jasa Kirim Mobil Bireuen - Ada pula sebagian sales nakal meminta pesan karakteristik serah- terima kendaraan lekas ditandatangani oleh pembeli. Sales tersebut ingin memanfaatkan keluguan maupun euforia pembeli mobil buat menutup- nutupi ketidak sempurnaan mobil yang mereka kirimkan ke kosumen maupun mengambil keuntungan orang dengan tidak memberikan bonus- bonus yang semestinya. Anda perlu waspada dan tidak mudah percaya dengan cuma kata- kata dari sang sales. ingat, SEEING IS BELIEVING!

Sampai ada baiknya sobat calon pemilik mobil yang lagi menunggu delivery maupun baru hendak membeli mobil impiannya, mempersiapkan diri dengan pengetahuan yang cukup mengenai apa saja yang harus dicek disaat menerima mobil baru, apabila perlu dibuatkan checklist, apa saja yang tidak boleh terlewat buat diperhatikan.

Berikut Hal- perihal yang harus diperhatikan, dicek dan ditest disaat menerima mobil baru:

  • Lakukan serah- terima kendaraan di rumah
  • Mintalah waktu Jasa Kirim mobil di siang hari
  • Siapkan checklist pemeriksaan
  • Cek dokumen standar: Surat servis, novel panduan/ manual
  • Pastikan tipe maupun varian sesuai permintaan
  • Cek bidang luar: body dan kelengkapan fitur dan pernak- pernik eksterior
  • Cek Bidang dalamnya: kondisi dashboard, doortrim, kursi, langit- langit, dan bagasi
  • Cek dan lakukan test segala fitur dan kelistrikan
  • Cek bagian ruang mesin dan nomor kendaraan
  • Cek kelengkapan standar: ban cadangan, dongkrak dan tools
  • Cek odometer( jarak tempuh)
  • Lakukan test drive
  • Cek bonus yang dijanjikan sales
  • Buat komitmen dengan pengirim apabila ada hal- perihal yang tidak sesuai
  • Mari kita ulas lebih detail mengenai poin- poin di atas satu- persatu:
  • Lakukan Serah Terima di Rumah

Ada 2 opsi posisi serah terima, yakni sobat datang ke dealer buat mengambil sendiri mobil baru, maupun meminta dikirimkan oleh sales yang bersangkutan. Keduanya mempunyai sisi positif, apabila sobat mengambil langsung ke dealer, sobat bisa langsung meminta perbaikan/ rekondisi apabila ada hal- perihal minor yang perlu dilengkapi.

Namun kami lebih menyarankan biar sobat meminta mobil baru dikirimkan dan proses serah terima dicoba di rumah sobat. Mengenai ini buat mengantisifasi apabila terjalin apa- apa dalam ekspedisi dari dealer ke rumah sobat, itu masih jadi tanggungjawab dealer maupun sales yang bersangkutan.

Tidak cuma itu, nyatanya sobat hendak lebih berkuasa di rumah sendiri dan terlepas dari pengaruh pihak penjual di dealer. Memanglah terkesan paranoid, namun ini buat cuma memperkecil dampak. Apabila sobat yakin bisa membawa mobil baru dengan aman dari dealer ke rumah, serah terima kendaraan di dealer pula tidak mengapa.

Waktu Jasa Kirim Mobil Siang Hari

Waktu Jasa Kirim Mobil Siang Hari

Jasa Kirim mobil Bireuen - Mintalah pada sales maupun pihak dealer buat melakukan pengiriman mobil baru pada siang hari. Mengenai ini buat mempermudah pengecekan secara visual, karena penerangan oleh matahari disaat siang hari tetap hendak lebih baik dibanding cahaya lampu pada malam hari. Apabila dapat jadi, lakukan pada hari libur maupun akhir minggu, sehingga sobat mempunyai waktu yang banyak buat melakukan pengecekan secara lengkap dan detail.

Siapkan Checklist Pemeriksaan Jasa Kirim Mobil

Jasa Kirim Mobil Bireuen

Jasa Kirim mobil Bireuen - Dapat jadi buat orang yang sudah sering membeli mobil maupun sudah sangat faham dengan mobil, tidak perlu mengingat- ingat apa saja yang harus dicek. Namun buat kita yang awam dan tidak bisa beli mobil sesering beli kemilan, kita tidak dapat jadi mengingat segala Mengenai yang harus ditilik. Sampai ada baiknya sobat mencatat apa saja yang harus dicek dalam bentuk ceklist.

Cek Dokumen Mobil dari Jasa Kirim Mobil

Cek Dokumen Mobil dari Jasa Kirim Mobil

Jasa Kirim Mobil Bireuen - Terlebih dahulu mintalah segala dokumen terkai mobil yang dikirim. Pastikan seluruhnya lengkap. Dokumen yang perlu didetetapkan dan dicek tersebut antara lain:

Buku manual, yang memberikan petunjuk manual mengenai konsumsi mobil, fitur dan tata cara memfungsikannya, petunjuk pemeliharaan, petunjuk keselamatan dan keamanan mobil, petunjuk penggunaaan audio head unit dan lain sebagainya. Semacam sesuatu Hp, masing- masing mobil ada novel panduan manualnya.

Novel servis, ini ialah dokumen yang sangat berarti yang memuat informasi dan pencatatan servis berkala maupun insidental. Novel servis tidak boleh tidak ada.

Dokumen pengiriman dan serah- terima kendaraan, yang biasanya sudah disiapkan oleh pihak dealer.

Jasa Kirim mobil Bireuen - STNK Sebaliknya, biasanya ada dokumen berupa uraian jika STNK mobil tersebut lagi diurus, karena STNK dan BPKB memerlukan waktu lebih dari satu bulan buat mengurusnya. Pihak Samsat menciptakan pesan uraian jika mobil yang bersangkutan lagi diurus STNKnya. Mintalah dokumen ini, buat berjaga- jaga apabila ada razia oleh pihak kepolisian disaat sobat mengenakan mobil berplat putih tersebut di jalan raya.

Pastikan Tipe dan Varian Mobil

Disaat mengisi form SPK tentu kita sudah memesan tipe dan varian mobil sesuai keinginan dan budget kita. Jangan sampai rasa senang menerima mobil baru membuat kita kurang ingat membetulkan apakah mobil yang dikirim sesuai dengan pesanan kita. Memanglah kecil bisa jadi pihak dealer salah kirim, namun tetap saja bisa jadi itu ada, misalnya mobil yang dikirim tampaknya buat konsumen lain.

Buat membetulkan tipe dan varian cukup simpel, sobat hanya perlu mengidentifikasi perbandingan mobil yang sobat pesan dengan tipe dan varian lain. Mengenai tersebut bisa diketahui dari informasi di berbagai website maupun website otomotif yang bertebaran.

Banyaknya varian dan tipe mobil pada satu merek perlu difahami dengan detail, jangan sampai kita memesan dan membayar buat tipe sangat besar, namun mendapatkan mobil tipe menengah hanya karena kurang teliti maupun ketidaktahuan kita hendak perbandingan tipe- jenis tersebut. Biasanya bukti diri ada pada emblem di balik mobil, perbandingan pernak- pernik bidang luar semacam chrom dan berbagai perbandingan pada bidang dalamnya.

Cek Bidang luar Mobil

Jasa Kirim mobil Bireuen - Bagaikan pembeli mobil baru, kita mempunyai hak penuh atas kondisi mobil yang sempurna. jadi sobat tidak perlu merasa segan dan takut dibilang cerewet, karena uang yang kita belanjakan buat membeli mobil bukanlah uang yang sedikit.

Periksalah masing- masing sisi body, depan, balik, atas, samping kiri dan kanan. Pastikan tidak ada cat yang baret maupun body yang kempot. Tata cara memastikannya secara visual pula dengan diraba, spesialnya body bagian dasar yang rawan bersenggolan dengan kendaraan lain maupun benda- barang keras di jalan.

Cek pula bagian kolong, pastikan tidak ada bagian yang cacat, semacam kempot karena berbenturan dengan benda keras, cat yang tergores dan kondisi tidak sempurna yang lain.

Gunakan senter bagaikan peralatan bantu buat cek goresan halus maupun lekukan pada body. Senter pula berguna buat mengecek bagian kolong mobil.

Cek kondisi raga komponen bidang luar tidak cuma body, semacam: lampu utama depan dan balik, lampu kabut, reflektor, antenna, wiper, bumper, fender, kolong spakbor, velg dan ban, grill dan lain- lain.

Apabila ditemui cacat pada body, bagian kolong dan komponen berarti bidang luar semacam lampu utama, wiper, bumper, grill dan lain- lain, kita mempunyai hak buat meminta unit mobil pengganti. apabila cacat tersebut lumayan parah, jangan terima tawaran dari sales maupun dealer buat melakukan perbaikan atas cat. Tidak cuma tidak orisinil, cat ulang berpotensi membuat mobil tersebut belang. Namun apabila cacat tersebut minor dan di bagian yang tidak nampak, Mengenai itu bisa dijadikan alibi buat meminta diskon harga, apabila saja sobat tidak merasa keberatan dengan kondisi kurang sempurna tersebut.

Cek Bidang dalamnya Mobil
Cek Bidang dalamnya Mobil

Sebagian besar bidang dalamnya mobil baru harusnya masih ditutupi plastik pelindung disaat pengiriman , spesialnya bagian jok kursi dan head rest. Dikala saat sebelum mengecek bagian bidang dalamnya, mintalah pihak sales/ dealer buat membuka bungkus plastik tersebut. Sebaiknya sobat tidak melakukan pembukaan plastik ini sendiri, biar apabila ada ketidak sempurnaan maupun kehancuran, pihak dealer tidak bisa menyalahkan sobat atas kehancuran tersebut.

Periksalah dengan teliti masing- masing bagian jok kursi dan headrest, pastikan tidak ada jahitan yang cacat, bentuk yang tidak sempurna maupun terlebih tidak sesuai dengan yang dijanjikan pada brosur. Test segala guna dan fitur- fiturnya, apakah segala dalam kondisi baik. Semacam guna reclining( kemiringan sandaran), sliding( maju- mundur), seat adjuster( ketinggian kursi pengemudi), pelipatan kursi, pengaturan ketinggian head rest, dan lain sebagainya.

Cek kondisi dashboard, apakah dalam kondisi sempurna. Pastikan tidak ada cacat semacam goresan, pengaturan arah exhaust AC yang macet, guna buka- tutup glovebox yang macet dan lain sebagainya.

Cek kondisi doortrim, pastikan tidak ada bagian yang baret, plastik yang tidak kokoh dan lain sebagainya.

Cek bagian bagasi, pastikan segala dalam kondisi baik. Tidak ada bagian yang baret maupun tergores, maupun cacat penciptaan pada bagian- bagian plastik penutup pintu bagasi bagian dalam dan disisi body bagian dalam.

Jangan ragu buat menolak mobil yang dikirim apabila ada cacat pada bidang dalamnya, karena itu ialah hak kita bagaikan konsumen. Bayangkan kita membelanjakan uang ratusan juta rupiah buat mobil yang ada cacat maupun tidak sempurna.

Cek dan Test segala Fitur dan Kelistrikan Mobil

Pastikan segala fitur mobil tersebut lengkap sesuai varian dan tipenya. Sehabis itu lakukan test buat mengidentifikasi apakah fitur- fitur tersebut berfungsi sebagaimana mestinya. Sebaiknya, sobat meminta dorongan pihak dealer maupun sales buat mendemonstrasikan fitur tersebut. Pastikan jika masing- masing fitur yang ada bekerja dengan sempurna. Hal- perihal berarti yang perlu didetetapkan dan ditest antara lain:

Pastikan AC berfungsi dengan baik serta indikatornya menyala apabila itu AC Digital.

Pastikan AC berfungsi dengan baik serta indikatornya menyala apabila itu AC Digital.

Jasa Kirim mobil Bireuen - Pastikan indikator di cluster meter menyala segala disaat kunci kontak diposisi on, dan sehabis itu indikator tersebut mati segala disaat mesin dihidupkan. Apabila ada lampu indicator yang masih menyala merah maupun kuning disaat mesin sudah dihidupkan, ini menampilkan ada yang tidak beres pada fitur maupun kondisi yang terpaut dengan indicator tersebut.

Test Audio Head Unit baik yang manual maupun yang berupa monitor touchscreen. Sebaiknya meminta pihak dealer menunjukkan fungsi- gunanya. Test pula apabila ada tombol- tombol audio control di palang setir. Alangkah lebih baiknya apabila sobat sudah menekuni terlebih dahulu apa saja fitur pada HU tersebut dan gimana mengoperasikannya.

Test guna fitur- fitur yang dikendalikan dari ruang kemudi, semacam: wiper, washer kaca, dan lain sebagainya.

Test guna fitur- fitur yang dikendalikan dari ruang kemudi, semacam: wiper, washer kaca, dan lain sebagainya.

Test guna lampu- lampu, mintalah pihak dealer duduk di kursi pengemudi buat menghidup dan mematikan segala lampu, sebaliknya sobat terletak di luar buat membetulkan apakah benar lampu- lampu terseburt menyala. Semacam lampu utama depan balik, lampu rem, lampu mundur, lampu sein, lampu LED, lampu bagasi dan lain sebagainya.

Lakukan pengujian fitur- fitur yang berfungsi disaat mobil berjalan, berbarengan dengan test drive mobil baru tersebut. Semacam guna rem, rem tangan( parkir), rem ABS, sensor parkir, cruise control( apabila ada), dan lain sebagainya.

Sebaiknya sobat sudah faham maupun mencatat fitur apa saja yang ada pada mobil opsi tersebut. sehingga tidak ada satu pula fitur yang terlewatkan buat didetetapkan dan ditest.

Cek Ruang Mesin dan Nomor Kendaraan yang di bagikan Jasa Kirim Mobil

Sebaiknya sobat sudah mengenali bentuk dan bagian ruang mesin dari berbagai website otomotif, sehingga sedikit banyak bisa mengidentifikasi apakan mobil yang dikirimkan dalam keadaan baik. Karena mesin ialah bagian yang tertutup, bisa jadi cacat itu tetap ada. Pengecekan ruang mesin ini bisa berbarengan dengan membetulkan nomor rangka dan nomor mesin, apakah sesuai dengan yang ada pada dokumen mobil.

Pastikan segala cairan dalam kondisi penuh sesuai standar, semacam oli mesin dengan mencabut stik pengukur tingkatan oli, coolant water dan wiper washer.

Cek kelengkapan mesin, semacam battery, baut- baut pada engine mounting, kabel- kabel dan selang- selang, kondisi raga air intake dan air filter dan hal- perihal lain yang nampak secara visual. Pastikan tidak ada cacat pada bagian- bagian tersebut.

Cek Perlengkapan/ Tools Standar mobil

Perlengkapan standar mobil wajib terdapat, karena buat kondisi darurat apabila ada kasus di jalan semacam rusak ban, mobil mogok dan lain sebagainya. Mintalah pihak sales maupun dealer menunjukkan tempat penyimpanan kelengkapan tersebut, Hal- perihal yang perlu di pastikan dan dicek ialah bagaikan berikut:

Cek kondisi ban cadangan( serep),

pastikan velg dan bannya dalam kondisi baik. Kasus yang pernah terjalin ialah buat mobil yang velg dan ban serep sama semacam ban standarnya, ban serep terpakai karena salah satu pelek hadapi kehancuran disaat pengiriman maupun disaat ditest oleh pihak dealer, misalnya kena pembatas jalan. Jangan sampai sobat hadapi ban cadangan yang telah rusak sehabis prosesi serah terima berakhir, karena dealer dapat menolak permintaan sobat buat penggantian ban serep baru.

Pastikan Peralatan/ tools yang wajib, semacam berupa kunci sesuai, kunci baut ban, dongkrak, stik dongkrak, towing dan obeng.

Kotak P3K harus ada, karena biasanya sudah disediakan oleh pihak pabrikan/ dealer.

Kunci- kunci istimewa lain, semacam kunci pembuka cover fuse dan port ECU.

Cek Jarak Tempuh Mobil( Odometer)
Cek Jarak Tempuh Mobil

Jasa Kirim mobil Bireuen - Jarak yang ditempuh mobil baru sepatutnya sangat sedikit, hanya buat keperluan pengetesan oleh pihak pabrikan maupun dealer. Batasan normal jarak tempuh buat pengetesan ialah di dasar 50 km. Apabila jarak tempuh mobil tersebut sudah melewati 50 km, maupun terlebih hingga 100 km, ini perlu diwaspadai mobil yang dikirim pada sobat ialah mobil test drive yang digunakan dealer buat berpromosi. Namun sobat perlu pula memperhitungkan jarak antara rumah dan dealer apabila sobat meminta mobil tersebut diantar ke rumah bukan diambil sendiri ke dealer.

Apabila jarak tempuh mobil baru sudah melebihi 50km, mintalah unit pengganti kendaraan lain maupun gunakan bagaikan argumentasi buat meminta pengurangan Harga pada dealer apabila sobat bisa menerima jarak tempuh tersebut.

Lakukan Test Drive oleh Jasa Kirim Mobil dan Anda
Lakukan Test Drive
Lakukan Test Drive

Sehabis Menerima dari Jasa Pengiriman Mobil, Dini hidupkan mesin dan biarkan dalam kondisi tidak berjalan. Dengarkan suara mesin dan rasakan getaran pada mobil. Mobil baru masa dikala ini harusnya suara dan getaran mesinnya halus, apabila ada getaran yang besar pada putaran rpm rendah, itu berarti ada yang tidak beres. Dalam kondisi tersebut pula cek apakah ada bunyi- bunyian tidak wajar pada mesin dan body mobil.

Disaat melakukan mobil, cek apakah ada bunyi- bunyi tidak wajar dari mesin dan kaki- kaki maupun suspensi. Lakukan test drive dengan didampingi oleh pihak dealer maupun sales. Apabila ada yang tidak wajar, hendak jadi kenyataan buat menolak pengiriman dan berikan ketahui kasus tersebut pada dealer.

Pada mobil bertransmisi manual, test perpindahan gear apakah terasa halus maupun kasar. Sepatutnya tuas transmisi terasa lebih mudah dipindahkan dan tidak ada hentakan- hentakan disaat mobil dijalankan.

Cek Bonus Bonus apabila ada dari Jasa Kirim Mobil
Cek Bonus Bonus apabila ada dari Jasa Kirim Mobil

Jasa Kirim mobil Bireuen - Buat menarik pembeli, umumnya Harga Kirim Mobil biasanya sales menjanjikan bonus bonus pernak- pernik, semacam kaca film, karpet, parking sensor, talang air, mud guard dan sebagainya. Sebaiknya tuliskan bonus- bonus tersebut pada SPK, disaat memesan mobil baru, jangan biarkan jadi pemanis bibir sales belaka. Sehabis itu ceklah disaat delivery, apakah bonus- bonus tersebut sudah terpasang, apabila sudah, cek guna dan kerapian pemasangannya.

Buat Komitmen apabila Delivery Gagal maupun Ada Potongan Harga ke Jasa Kirim Mobil

Jasa Kirim mobil Bireuen - Apabila tampaknya ada cacat yang memunculkan sobat harus meminta penggantian unit baru, maupun sobat menerima adanya cacat minor dengan konsekuensi perbaikan maupun pengurangan harga. Kembali lagi ke rumus dini, jangan percaya hanya pada kata- kata sang sales. Apabila sobat menandatangani pesan serah terima tanpa ada komitmen tertulis yang lain mengenai perbaikan minor maupun potongan harga, pihak dealer dapat mengelak disaat sobat meminta janji tersebut mereka penuhi.

Buatlah komitmen tertulis dengan pihak dealer yang ditandatangani segala pihak, mengenai kapan unit pengganti hendak dikirim maupun kapan perbaikan minor hendak diselesaikan, maupun berapa potongan Harga yang disepakati dan lain sebagainya. Berarti ditulis pula pada komitmen tersebut, jika segala bayaran perbaikan minor yang hendak dicoba hendak ditanggung pihak dealer.

Demikianlah hal- perihal yang berarti diperhatikan, didetetapkan, dicek dan ditest disaat mobil baru sobat datang. Lakukanlah pengecekan dengan teliti, jangan sampai sobat menghasilkan kecacatan sehabis pesan karakteristik serah- terima kendaraan ditandatangani. Dealer tidak hendak menerima komplain maupun keluhan sobat apabila Mengenai itu terjalin, karena dengan menandatangi pesan tersebut, pihak dealer menyangka sobat telah menerima kendaraan dalam kondisi baik.

Dapat jadi cacat tersebut bisa diperbaiki maupun diganti spare part yang tidak sempurna karena masih dalam tanggungan garansi, tetapi sobat tidak lagi mempunyai hak buat meminta penggantian unit mobil yang baru. ingat! Teliti dikala saat sebelum karakteristik tangan! Seeing is believing!

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: