Jasa Derek Mobil Gambir - Kecamatan Gambir terletak di Jakarta Pusat. Stasiun Gambir terletak di kecamatan ini. Pada masa penjajahan Belanda, wilayah Gambir, khususnya daerah Kelurahan Gambir dan sekitarnya, dinamakan Weltevreden (termasuk stasiun kereta apinya). Nama "Gambir" sendiri sudah dipakai pula untuk kawasan yang sama sejak awal abad ke-19, diambil dari nama seorang letnan Belanda keturunan Prancis bernama Gambier yang ditugaskan Daendels untuk membuka jalan ke arah selatan.

Sebelum dikembangkan oleh Daendels sebagai pusat pemerintahan Hindia Belanda di daerah baru yang disebutnya Weltevreden sejarah kawasan ini telah dimulai sejak tahun 1658 masih berupa daerah rawa-rawa dan padang ilalang. Oleh pemiliknya yang bernama Anthony Paviljoen, daerah ini telah mulai disewakan kepada masyarakat Tionghoa untuk digarap sebagai lahan pertanian sayur-sayuran dan sawah. Setelah makin berkembang daerah ini timbul pasar yang berlanjut terus menerus sebagai pasar tempat memperingati hari lahir ratu Belanda yang diadakan pasar malam setiap tahun. Pasar yang tumbuh dan berkembang terus itu disebut pasar Gambir.

Setelah Daendels berkuasa dan memindahkan pusat pemerintahan dari Kota ke Weltevreden yang dalam bahasa Belanda berarti tempat yang paling ideal sebagai lokasi pemukiman (tempat yang nyaman), maka Belanda mulai membangun berbagai macam sarana prasarana perkotaan di daerah baru ini. Salah satu sarana perkotaan yang terkenal pada waktu itu adalah lapangan Koningsplein yang disebut juga oleh masyarakat lokal dengan nama lapangan Gambir. Lapangan ini kemudian dikenal dengan nama Lapangan Ikada (Ikatan Atletik Djakarta). Lapangan ini mengingatkan kita pada peristiwa rapat raksasa rakyat Jakarta yang terjadi di lapangan Ikada. Pada masa lalu, di lapangan ini terdapat perkumpulan olahraga dan yang paling terkenal adalah Bataviaasche Sport Club (BSC) dan Batavia Buitenzorg Wedloop Societiet (BBWS). BSC adalah perkumpulan olahraga biasa dan BBWS adalah perkumpulan olahraga berkuda

Daftar Kelurahan

  • Gambir, Gambir, Jakarta Pusat dengan kode pos 10110
  • Kebon Kelapa, Gambir dengan kode pos 10120
  • Petojo Utara, Gambir dengan kode pos 10130
  • Duri Pulo, Gambir dengan kode pos 10140
  • Cideng, Gambir dengan kode pos 10150
  • Petojo Selatan, Gambir dengan kode pos 10160

Kantor dan Instansi Pemerintah

Jasa Derek Mobil Gambir - Kantor camat Kecamatan Gambir terletak di Jalan Tanah Abang I No 10, RT 11/ RW 8, Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, dengan nomor kode pos 10160. Kantor pemerintahan yang ada di kecamatan ini diantaranya adalah Kantor Urusan Agama (KUA) Gambir, Kantor Seksi Dinas Kebersihan Kecamatan Gambir, Badan Kepegawaian Daerah Provinsi DKI Jakarta, Sudin Nakertrans Kodya Jakarta Pusat, Kantor Perwakilan Pemerintah Kabupaten Bantul, Kantor Mabes AD, Dinas Teknis Jatibaru, Dinas Teknis Abdul Muis, KPU JAKPUS Kecamatan Gambir, dan lain sebagainya.

Fasilitas Sekolah

Fasilitas sekolah di kecamatan ini berjumlah 66 sekolah yang terdiri dari 32 sekolah negeri dan 34 sekolah swasta meliputi SD/MI, SMP Sederajat, SMA dan SMK dengan jumlah peserta didik sebanyak 22.077 siswa/i. Adapun universitas yang terdapat di kecamatan ini yaitu Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran dan Akademi Sekretari Saint Mary.

Fasilitas Kesehatan

Adapun fasilitas kesehatan yang ada di Kecamatan Gambir meliputi berbagai rumah sakit, klinik, juga puskesmas seperti :

Jasa Derek Mobil Gambir - Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan, Rumah Bersalin Citarum, Puskesmas Kecamatan Gambir, Klinik Pratama KKP, RSPAD Gatot Subroto Paviliun Imam Sujudi, Ruang Perawatan Umum, Toko Obat Mutiara Sakti. Rumah Sakit Immanuel, Paviliun Amino RSPAD, Pusat Pelayanan Kesehatan Pegawai, Klinik Kemakmuran, Klinik Akupunktur Denny Wong, Klinik Hemodialisis Tidore, Puskesmas Kelurahan Petojo Utara, Puskesmas Keluraha Petojo Selatan, dan lain sebagainya.

Gedung dan Ikon Tempat

Gedung-gedung yang tersedia di daerah ini meliputi gedung pertemuan, tempat acara umum, juga gedung resepsi penikahan seperti Gedung Kemenko Perekonomian, Pelni Wedding Hall, Auditorium Adhiyana, Grand Duta Merlin, Gedung Serbaguna Kementrian Luar Negeri, Grand Gajah Mada, Gelanggang Remaja, Gedung Sarana Jaya, Gedung Kwartir Pramuka Indonesia, dan lain sebagainya.

Pentingnya Kode Pos

Maraknya aktivitas jual beli online dan aktivitas pengantaran barang, membuat keterangan alamat yang lengkap sangatlah penting. Salah satu faktor alamat yang lengkap adalah kode pos. Nomor kode pos sangat penting untuk mencari lokasi dan alamat yang akurat. Kecamatan Gambir sudah memiliki 6 nomor kode pos yang sudah tercantum resmi. Nomor kode pos tersebut masing-masing mewakili kelurahan yang ada di Kecamatan Gambir.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: