Jasa Kirim Traktor Balikpapan - Kota Balikpapan memiliki wilayah 85% berbukit-bukit serta 12% berupa daerah datar yang sempit terutama berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) dan sungai kecil serta pesisir pantai. Dengan kondisi tanah yang bersifat asam (gambut) serta dominan tanah merah yang kurang subur. Sebagaimana layaknya wilayah lain di Indonesia, kota ini juga beriklim tropis. Kota ini berada di pesisir timur Kalimantan yang langsung berbatasan dengan Selat Makassar, memiliki teluk yang dapat dimanfaatkan sebagai pelabuhan laut komersial dan pelabuhan minyak.Kota Balikpapan



Jasa Kirim Traktor Balikpapan -
Jasa Kirim Traktor Balikpapan -

Jasa Kirim Traktor Balikpapan

Asal usul nama Balikpapan
Ada beberapa hikayat populer yang menceritakan asal usul kota yang berada di pesisir timur Kalimantan ini, yaitu:

  • Adanya 10 keping papan yang kembali ke Jenebora dari 1.000 keping yang diminta oleh Sultan Kutai sebagai sumbangan bahan bangunan untuk pembangunan Istana Baru Kutai Lama. Kesepuluh papan yang balik tersebut disebut oleh orang Kutai Balikpapan Tu. Sehingga wilayah sepanjang Teluk Balikpapan, tepatnya di Jenebora disebut Balikpapan.[17] Nama asli Balikpapan adalah Billipapan[18][19] atau Balikkappan[20] (logat Banjar).
  • Suku Pasir Balik (suku asli Balikpapan) adalah keturunan kakek dan nenek bernama Kayun Kuleng dan Papan Ayun. Sehingga daerah sepanjang Teluk Balikpapan oleh keturunannya disebut Kuleng-Papan atau artinya Balikpapan (dalam bahasa Paser, Kuleng artinya Balik).
  • Dalam legenda lain juga disebutkan asal usul Balikpapan, yaitu dari seorang putri yang dilepas oleh ayahnya seorang raja yang tidak ingin putrinya tersebut jatuh ke tangan musuh. Sang putri yang masih balita diikat di atas beberapa keping papan dalam keadaan terbaring. Karena terbawa arus dan diterpa gelombang, papan tersebut terbalik. Ketika papan tersebut terdampar di tepi pantai ditemukan oleh seorang nelayan dan begitu dibalik ternyata terdapat seorang putri yang masih dalam keadaan terikat. Konon putri tersebut bernama Putri Petung yang berasal dari Kerajaan Pasir. Sehingga daerah tempat ditemukannya dinamakan Balikpapan.
  • Hari jadi kota Balikpapan adalah tanggal 10 Februari 1897. Penetapan tanggal ini merupakan hasil Seminar Sejarah Balikpapan pada tanggal 1 Desember 1984. Tanggal 10 Februari 1897 ini adalah tanggal pengeboran minyak pertama di Balikpapan yang dilakukan oleh perusahaan Mathilda sebagai realisasi dari pasal-pasal kerja sama antara J.H. Menten dengan Mr. Adams dari Firma Samuel dan Co.

Jasa Kirim Traktor Balikpapan - Kota Balikpapan terdiri dari 6 kecamatan dan 34 kelurahan. Pada tahun 2017, jumlah penduduknya mencapai 619.983 jiwa dengan luas wilayah 527,00 km² dan sebaran penduduk 1.176 jiwa/km². Perda Balikpapan No. 8 tahun 2012 meresmikan pembentukan kecamatan baru, Balikpapan Kota.

Dalam Perda Balikpapan No. 7 tahun 2012 ditetapkan pemekaran 7 kelurahan baru. Dari 27 kelurahan sebelum pemekaran terdapat 369 RW dan 1.143 RT. Ini berarti bahwa jumlah RW sebelum dan sesudah pemekaran tidak berubah, sedangkan RT mengalami penambahan sebanyak 62 buah sehingga berubah dari jumlah 1.081 menjadi 1.143 RT. Jasa Kirim Forklift Balikpapan

Daftar kecamatan dan kelurahan di Kota Balikpapan, adalah sebagai berikut:

Kode
Kemendagri
KecamatanJumlah
Kelurahan
Daftar Kelurahan
64.71.01Balikpapan Timur4LamaruManggarManggar BaruTeritip
64.71.02Balikpapan Barat6Baru IlirBaru TengahBaru UluKariangauMargasariMargo Mulyo
64.71.03Balikpapan Utara6Batu AmparGraha IndahGunung SamarindaGunung Samarinda BaruKarang JoangMuara Rapak
64.71.04Balikpapan Tengah6Gunung Sari IlirGunung Sari UluKarang JatiKarang RejoMekar SariSumber Rejo
64.71.05Balikpapan Selatan7Damai BahagiaDamai BaruGunung BahagiaSepingganSepinggan BaruSepinggan RayaSungai Nangka
64.71.06Balikpapan Kota5DamaiKlandasan IlirKlandasan UluPrapatanTelaga Sari
TOTAL34

Ekonomi
Perekonomian kota ini bertumpu pada sektor industri yang didominasi oleh industri minyak dan gas, perdagangan dan jasa. Kota ini memiliki bandar udara berskala internasional, yakni Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan serta Pelabuhan Semayang selain pelabuhan minyak yang dimiliki Pertamina.

Di sektor perdagangan, pemerintah kota melindungi pengusaha lokal Balikpapan dengan membentuk peraturan daerah yang tidak lagi menerbitkan izin kepada toko modern seperti minimarket dari luar kota untuk beroperasi di Balikpapan. Selain itu pemerintah kota juga akan mengatur jarak dan jam operasional setiap minimarket sehingga pengusaha lokal dapat bersaing di tengah kompetisi yang semakin ketat. Sponsor Minyak Kutus Kutus Balikpapan

Transportasi
Darat
Armada transportasi darat yang ada di kota ini antara lain:

  • Taksi tanpa argo meter.
  • Taksi dengan argo meter.
  • Angkutan Kota (Angkot) dengan jalur atau trayek berdasarkan nomor.
  • Ojek atau sepeda motor.
  • Go-Jek dengan layanan bernama Go-Ride, Go-Food, dsb.
  • Grab.
  • Uber.
  • Terminal yang ada di kota ini bernama Batu Ampar.

Laut
Untuk transportasi laut, di kota ini terdapat armada:

  • Kapal Laut.
  • Speed Boat (Kapal Cepat).
  • Ketinting.
  • Kapal Ferry ke Penajam.

Udara
Kota Balikpapan memiliki sarana untuk transportasi udara, yaitu Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman yang dapat didarati pesawat seperti Boeing 737. Jasa Kirim Forklift Balikpapan

Geografi

Jasa Kirim Traktor Balikpapan - Kota Balikpapan memiliki wilayah 85% berbukit-bukit serta 12% berupa daerah datar yang sempit terutama berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) dan sungai kecil serta pesisir pantai. Dengan kondisi tanah yang bersifat asam (gambut) serta dominan tanah merah yang kurang subur. Sebagaimana layaknya wilayah lain di Indonesia, kota ini juga beriklim tropis. Kota ini berada di pesisir timur Kalimantan yang langsung berbatasan dengan Selat Makassar, memiliki teluk yang dapat dimanfaatkan sebagai pelabuhan laut komersial dan pelabuhan minyak.

Batas wilayah

Letak astronomis Balikpapan berada di antara 1,0 LS - 1,5 LS dan 116,5 BT - 117,5 BT dengan luas sekitar 503,3 km² dengan batas-batas wilayah sebagai berikut:

UtaraKabupaten Kutai Kartanegara
TimurSelat Makassar
SelatanSelat Makassar
BaratKabupaten Penajam Paser Utara
Topografi

Jasa Kirim Traktor Balikpapan - Secara umum Kota Balikpapan berada pada ketinggian 0 sampai 100 meter di atas permukaan laut. Klasifikasi terbesar yaitu berada pada ketinggian 20-100 mdpl dengan luas 20.090,57 ha atau 51,66% dari luas wilayah, ketinggian >10-20 mdpl seluas 17.260 ha atau 34,17% dari luas wilayah dan ketinggian 0-10 mdpl seluas 6.980 Ha atau 13% dari luas wilayah. Dari sisi topografis sebagian besar wilayah Kota Balikpapan berada pada kemiringan lereng antara 15-40% yaitu seluas seluas 21.305,57 Ha atau 42,33% dari luas wilayah keseluruhan. Secara morfologis Kota Balikpapan terdiri dari 85% kawasan perbukitan dengan jenis tanah podsolik merah kuning yang memiliki karakter topsoil tipis, struktur tanah mudah tererosi. Sedangkan 15% lainnya merupakan daerah dataran yang terletak di sepanjang pantai timur dan selatan wilayah Kota Balikpapan dengan jenis tanah umumnya adalah alluvial. Jasa Kirim Forklift Balikpapan

Tempat Wisata

Kota Balikpapan memiliki daerah wisata yang cukup banyak dan beragam, di antaranya adalah:

  1. Taman Agrowisata, diresmikan tanggal 17 Desember 1997 oleh Bapak Tri Sutrisno, berlokasi di Jl. Soekarno Hatta km 23, dengan luas 100 ha dan memiliki berbagai koleksi tanaman tropis serta dilengkapi dengan tempat piknik terbuka, rumah panjang Dayak, tempat berkemah dan pemandangan alami, dilengkapi play groundshelter, tempat parkir, mushola dan play group, dapat dikunjungi dengan angkutan kota trayek nomor 8.
  2. Wana Wisata Km 10 adalah taman arboretum yang dibangun oleh PT. Inhutani I Unit Balikpapan, dengan berbagai jenis pohon hutan dan buah-buahan langka, sebagai tempat berkemah dan jogging yang sejuk dan alami, dilengkapi gedung pertemuan, pusat informasi, gazeboplay ground dan warung kaki lima, dapat ditempuh dengan angkutan kota trayek nomor 8.
  3. Karang Joang Resort, Golf dan Country Club Balikpapan, yaitu padang Golf Kariangau terletak di Kelurahan Karang Joang, tidak jauh dari sungai Wain, terdapat drive rain, hotel berbintang dengan teras dan pembakaran barbequeclub house dengan kolam renang dan activity room dengan karaoke, meja bilyard, bar dan ruangan dengan acara khusus serta tersedia menu masakan Tionghoa, Eropa dan Indonesia, dapat dipesan pada Resort & Golf Karang Joang, Jl. Soekarno Hatta Km 5,5 Balikpapan.
  4. Jembatan Ulin Kariangau merupakan jembatan ulin terpanjang dengan panjang 800 m dan lebar 2 m, terletak 11 km dari pusat kota Balikpapan, terdapat hutan bakau dengan pemandangan lepas ke teluk Balikpapan dengan aktivitas nelayan dan kapal-kapal yang melintas dari pelabuhan Somber menuju Pelabuhan Penajam.
  5. Pantai Manggar Segarasari merupakan tempat rekreasi pantai terletak 22 km dari pusat Kota Balikpapan tepatnya di kecamatan Balikpapan Timur. Di sana terdapat shelterbanana boatspeed boat, ruang informasi dan warung kaki lima. Pantai ini dapat dicapai dengan angkutan kota trayek nomor 7.
  6. Hutan Lindung Sungai Wain merupakan hutan lindung dengan luas 10.025 ha yang dilalui sungai Wain yang panjangnya 18.300 m dengan airnya yang jernih dengan hutan bakau dan habitat burung, ikan, kepiting dan orang hutan.
  7. Panorama Dermaga Penyeberangan Somber, dapat dicapai dengan trayek angkutan kota nomor 3.
  8. Penangkaran Buaya seluas 6 hektar dengan 3000 ekor buaya di Desa Tertitip.
  9. Monumen Jepang
  10. Monumen Perjuangan Rakyat
  11. Perkebunan Salak
  12. Tugu Peringatan Divisi 7 Australia
  13. Kilang Minyak Balikpapan
  14. Monumen Mathilda
  15. Taman Bekapai
  16. Pantai Melawai
  17. Pantai Lamaru
  18. Pantai Polda
  19. Pantai Strans (Pantai Banua Patra)
  20. Goa Jepang
  21. Meriam Peninggalan Jepang
  22. Kampung Atas Air (Kampung Baru)
  23. Museum Tanjungpura
  24. Lapangan Merdeka
  25. Kebun Raya Balikpapan
  26. Lamin Etam Ambors

Jasa Kirim Forklift - Kami dari PT. Gitewan Sarana Transindo adalah spesialis jasa pengiriman Forklift ke seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke antar Pulau yang bisa di lalui kendaraan ataupun kapal laut. Selain Forklift kami sudah terbiasa mengirimkan mobil keseluruh Indonesia dengan Jasa Kirim Mobil sudah menjadi orderan kami tiap hari.

Jasa Kirim Forklift kami telah bekerja sama dengan beberapa pabrikasi forklift, sehingga tidaj perlu ragu ragu lagi menggunakan saya kami , silakan cek customer kami di instagram dan facebook dengan tag #gitewan .

Jasa Kirim Traktor - Kami PT. Gitewan Sarana Transindo adalah melayani pengiriman traktor dengan menggunakan truk towing. dengan berat standart mobil towing kami. Traktor adalah kendaraan yang didesain secara spesifik untuk keperluan traksi tinggi pada kecepatan rendah, atau untuk menarik trailer atau implemen yang digunakan dalam pertanian atau konstruksi. Istilah ini umum digunakan untuk mendefinisikan suatu jenis kendaraan untuk pertanian. Instrumen pertanian umumnya digerakkan dengan menggunakan kendaraan ini, ditarik ataupun didorong, dan menjadi sumber utama mekanisasi pertanian. Istilah umum lainnya, "unit traktor", yang mendefinisikan kendaraan truk semi-trailer.

Kata traktor diambil dari bahasa Latin, trahere yang berarti "menarik". Ada juga yang mengatakan traktor merupakan gabungan dari kata traction motor, yaitu motor yang menarik. Awalnya dipakai untuk mempersingkat penjelasan "suatu mesin atau kendaraan yang menarik gerbong atau bajak, untuk menggantikan istilah "mesin penarik" (traction engine).

Jasa Kirim Traktor Balikpapan -

Jasa Kirim Traktor Balikpapan -
Jasa Kirim Traktor Balikpapan -
jasa kirim traktor banjarmasin
jasa kirim traktor denpasar
jasa kirim traktor serang
jasa kirim traktor jambi

Di Inggris, Irlandia, Australia, India, Spanyol, Argentina, dan Jerman, kata "traktor" umumnya berarti "traktor pertanian", dan penggunaan kata traktor yang merujuk pada jenis kendaraan lain sangat jarang. Di Kanada dan Amerika Serikat, kata "traktor" juga berarti truk semi-trailer.

Instrumen pertanian bermesin pertama adalah mesin portabel pada tahun 1800-an, yaitu mesin uap yang bisa digunakan untuk mengendalikan instrumen mekanis pertanian. Sekitar tahun 1850, mesin penarik dikembangkan dari mesin tersebut, dan digunakan secara luas di pertanian. Traktor pertama adalah mesin bajak bermesin uap.

Traktor bisa diklasifikasikan sebagai two wheel drive, four wheel drive, atau track tractor. Traktor, kecuali track tractor umumnya memiliki 4 roda dengan dua roda yang lebih besar di belakang atau keempat roda sama besar. Track tractor memiliki penggerak seperti tank yang membuatnya mampu bergerak di berbagai medan. Karena traksinya yang sangat hebat, track tractor menjadi populer di California pada tahun 1930-an.

Traktor pada awalnya menggunakan mesin uap. Pada awal abad ke 20, mesin pembakaran dalam menjadi pilihan utama sumber tenaga traktor. Antara tahun 1900 hingga 1960, bensin menjadi bahan bakar utama, dan minyak tanah dan etanol sebagai alternatif bahan bakar. Dieselisasi mencapai puncaknya pada tahun 1960, dan traktor pertanian modern umumnya menggunakan mesin diesel yang memiliki output power antara 18 hingga 575 tenaga kuda (15-480 kW).

Kebanyakan traktor tua memakai transmisi manual. Traktor jenis ini memiliki beberapa rasio kecepatan, umumnya 3 hingga 6. Kecepatan rendah umumnya dipakai di lahan pertanian sedangkan kecepatan tinggi umumnya dipakai di jalan.

Tenaga yang diproduksi oleh mesin harus ditransmisikan ke peralatan yang diimplementasikan ke traktor untuk melakukan pekerjaan yang dibutuhkan (menanam, memanen, membajak, dan sebagainya). Hal ini bisa dicapai dengan drawbar atau sistem sambungan. Jasa Kirim Traktor Balikpapan -

Macam-Macam Traktor

Jenis Traktor Berdasarkan Bentuknya

Pembagian jenis traktor yang akan kami bahas selanjutnya adalah traktor yang dibagi dengan berdasarkan bentuknya. Informasi selengkapnya bisa simak penjelasan di bawah ini.

  1. Traktor Tangan
Jasa Kirim Traktor Balikpapan -
Traktor Tangan

Jenis traktor pertama jika ditinjau dari bentuk dan juga pabrik pembuatannya adalah traktor tangan. Traktor tangan atau hand tractor merupakan traktor yang mempunyai daya yang kecil yaitu kurang dari 12 HP. Selain itu, traktor ini dilengkapi dengan satu axe atau poros roda berjumlah dua. Cara mengoperasikan hand tracktor adalah operator akan berdiri di belakang traktor tersebut. Jenis traktor inilah yang banyak digunakan di Indonesia untuk keperluan membajak sawah. Bagaimana cara mengirimkan Traktor Tangan silakan kunjungi Jasa Kirim Traktor atau melalui WhastApp yang ada di Website gitewan.id

  1. Traktor Beroda Tunggal
Jasa Kirim Traktor
Traktor Beroda Tunggal

Jenis traktor yang kedua adalah traktor yang memiliki roda tunggal. Artinya, daya mesin hanya akan disalurkan pada satu roda sehingga memerlukan adanya titik tumpu yang digunakan sebagai poros keseimbangan. Salah satu contohnya adalah dengan menambahkan alat tambahan atau yang juga dinamakan gandengan. Pengemudi atau operator dari traktor beroda tunggal harus mampu mengatasi berbagai gaya bebas baik yang berasal dari traktor itu sendiri maupun yang berasal dari alat tambahannya. agaimana cara mengirimkan Traktor Tangan silakan kunjungi Jasa Kirim Traktor atau melalui WhastApp yang ada di Website gitewan.id

  1. Mini Traktor
Mini Traktor
Mini Traktor

Apa itu mini traktor? Mini traktor merupakan jenis traktor yang dilengkapi dengan dua buah poros dan empat roda. Sesuai dengan namanya, traktor ini mempunyai ukuran yang kecil yaitu panjangnya berkisar antara 1790 – 2070 mm, lebarnya 995 – 1020 mm. Traktor ini pun juga mempunyai berat yang relatif ringan yaitu 385 – 535 kg dan menggunakan mesin dua silinder atau lebih. Kemudian untuk tenaga yang dihasilkan kurang lebih 13 – 40 HP dengan 6 percepatan maju dan 2 percepatan mundur. agaimana cara mengirimkan Traktor Tangan silakan kunjungi Jasa Kirim Traktor atau melalui WhastApp yang ada di Website gitewan.id

  1. Traktor Besar
Traktor Besar
Traktor Besar

Traktor besar dilengkapi dengan dua poros roda berjumlah 4 atau lebih. Untuk spesifikasinya, panjang traktor ini 2650 – 3910 mm, lebarnya 1740 – 2010 mm dan daya yang dihasilkan kurang lebih 45 HP. Berkaitan dengan harganya, traktor ini memiliki harga yang sangat mahal sehingga jarang orang memilikinya. Selain itu, traktor ini juga diklaim memiliki kemampuan yang tidak begitu efektif dikarenakan petakan sawah yang bentuknya relatif kecil.

Namun kamu bisa menemukan traktor besar di perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor perkebunan yang memang areanya cukup luas. Belum lagi modal dari perusahaan tersebut juga besar sehingga membeli traktor besar merupakan keputusan yang tepat dibandingkan harus membeli mini traktor untuk menjangkau area yang luas. agaimana cara mengirimkan Traktor Tangan silakan kunjungi Jasa Kirim Traktor atau melalui WhastApp yang ada di Website gitewan.id

Jenis-jenis Traktor Berdasarkan Kegunaannya

General Purpose Tractor

General Purpose Tractor
General Purpose Tractor


Sesuai dengan namanya “general” yang memiliki arti umum. Sehingga traktor ini didesain untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang bersifat umum, memiliki poros roda yang kedudukannya relatif rendah. Dengan kata lain traktor ini memiliki fungsi yang bermacam-macam. agaimana cara mengirimkan Traktor Tangan silakan kunjungi Jasa Kirim Traktor atau melalui WhastApp yang ada di Website gitewan.id

Special Purpose Tractor

Special Purpose Tractor
Special Purpose Tractor


Traktor dengan kegunaan secara lebih khusus. Misal traktor pengolah tanah, traktor khusus pertanian, traktor penyiram tanaman dll. Traktor jenis ini memiliki ground clearance (jarak ke tanah) lebih tinggi. agaimana cara mengirimkan Traktor Tangan silakan kunjungi Jasa Kirim Traktor atau melalui WhastApp yang ada di Website gitewan.id

Industrial Tractor

Industrial Tractor
Industrial Tractor


Traktor industri digunakan untuk keperluan industri, ada juga yang khusus dalam kegiatan pembangunan. Karakteristiknya antara lain, memiliki kemampuan daya tari yang besar karena traktor ini memiliki roda depan dan belakang yang sama/hampir sama dan ganda. agaimana cara mengirimkan Traktor Tangan silakan kunjungi Jasa Kirim Traktor atau melalui WhastApp yang ada di Website gitewan.id

Plantation Tractor

Jasa Kirim Traktor
Plantation Tractor


Plantation Tractor adalah traktor yang digunakan pada lahan yang banyak tanamannya, dengan traktor ini akan lebih aman dan mudah digunakan pada medan yang banyak tanamannya. Dapat juga digunakan pada lahan yang memiliki sudut kemiringan tinggi, karena kontruksi pusat titik beratnya rendah. Traktor ini biasanya memiliki pelindung atap. Dari tenaga yang dapat dihasilkan juga cukup besar. agaimana cara mengirimkan Traktor Tangan silakan kunjungi Jasa Kirim Traktor atau melalui WhastApp yang ada di Website gitewan.id

Garden tractor

Garden tractor
Garden tractor

Jenis traktor yang selanjutnya adalah garden tractor (traktor kebun) yang berguna untuk pekerjaan-pekerjaan ringan, misal untuk pemotong rumput, pertanian kecil. Karena itu traktor ini memiliki daya yang kecil. agaimana cara mengirimkan Traktor Tangan silakan kunjungi Jasa Kirim Traktor atau melalui WhastApp yang ada di Website gitewan.id

LINK TERKAIT JASA KIRIM MOBIL

Baca Juga

Terima kasih banyak sudah menyempatkan baca artikel ini. Jika ada pertanyaan lain silakan langsung saja di chat lewat WhatsApp, Telegram dan yang lainnya. Semoga kita selalu di berikan kesehatan di zaman pendemi Covid 19 . Aamiin.. Salam dari kami PT. GITEWAN SARANA TRANSINDO

Jasa Kirim Traktor Balikpapan -
Jasa Kirim Traktor Balikpapan - 
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: