Biaya Saat Immobilizer Mobil Hilang - Bagi pemilik kendaraan yang kurang mengerti soal mobil banyak yang percaya, bahwa jika kunci immobilizer hilang, itu berarti hanya dealer resmi yang dapat membuatnya. Tetapi kenyataannya tidak demikian. Hal seperti itu terjadi karena kurang pemahaman sang pemilik kendaraan tentang fitur immobilizer


Berikut Otoloka akan paparkan dan deskripsikan informasi tentang immobilizer di mobil.

Apa Itu Immobilizer?

Arti immobilizer itu sendiri adalah sistem enkripsi elektronik. Sistem ini berfungsi sehingga hanya kunci asli yang dapat menghidupkan mesin. Bahan kunci immobilizer utama adalah chip transponder yang ditempatkan pada kunci mobil. Transponder ini juga ada di belakang kemudi.

Untuk pemilik mobil baru yang menggunakan kunci immobilizer, mereka biasanya akan mendapatkan tiga kunci yang diberikan oleh dealer kepada pemilik mobil. Yang terdiri dari satu kunci primer dan dua kunci lainnya sebagai cadangan. Ketiga kunci ini memiliki data yang telah terdaftar secara resmi.

Berdasarkan pengakuan dari pedagang kunci rangkap di pusat otomotif Jakarta, telah terungkap bahwa jika salah satu kunci cadangan telah hilang, duplikasi kunci immobilizer dapat dilakukan.

Untuk dapat menduplikasi kunci immobilizer, dengan memanipulasi chip transponder. Anda melakukan ini dengan mentransfer data digital yang ada melalui perangkat khusus.

Pedagang itu mengungkapkan, ada persyaratan yang harus dipenuhi untuk dapat menduplikasi kunci immobilizer, yaitu keberadaan kunci asli. Karena kuncinya adalah apa yang akan digunakan untuk mentransfer data melalui perangkat khusus.

Kemudian, perangkat khusus akan membaca data kunci asli kemudian memindahkannya ke chip transponder. Kemudian chip transponder akan dipasang pada tombol kosong.

Biaya Beli Immobilizer Baru

Jadi, berapa biaya pembuatan kunci immobilizer ini? Sebelum melakukan duplikasi kunci, ada persyaratan yang harus Anda penuhi, yaitu mampu menunjukkan STNK dan BPKB. Ini diperlukan untuk menghindari kemungkinan yang tidak diinginkan.

Jika Anda memenuhi persyaratan wajib ini, maka proses membuat duplikasi kunci dapat dilakukan. Untuk biaya pembuatan duplikasi immobilizer kunci ini mulai dari Rp800.000 hingga Rp2.000.000 tergantung pada jenis mobilnya.

Tetapi jika Anda menduplikasi mobil premium seperti BMW, Mercedes-Benz, harganya bahkan lebih mahal. Mulai dari Rp10 hingga 20 juta.

Ini karena komponen immobilizer lebih rumit, bahkan pembongkaran harus dilakukan. Pembongkaran yang dilakukan memang memiliki risiko tinggi, jadi jangan heran jika pembuatan duplikasi untuk mobil premium juga tinggi. Itu tentang informasi tentang immobilizer di dalam mobil. Karena biaya duplikasi kunci cukup mahal, jangan kehilangan kunci immobilizer.


Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: