Ketahui 3 Penyebab Mesin Mobil Overheat - Kondisi mesin kepanasan atau overheat kerap dialami bagi pengguna mobil. Biasanya masalah tersebut karena perawatan yang terabaikan, usia mobil yang uzur, atau kondisi cuaca yang ekstrim.



Jika mobil anda overheat, sebaiknya hentikan pemakaian mobil karena cukup berbahaya. Mesin yang dipaksa terus beroperasi pada suhu yang terlalu tinggi, maka akan terjadi kerusakan dari ringan sampai berat dimana mesin bisa-bisa perlu diganti.


Gejala yang dirasakan pada saat overheat biasanya seperti indikator temperatur yang naik dengan cepat, suara mesin terasa ngelitik dan kurang tenaga. Saat kondisi itu mulai terasa, segeralah menepi dan matikan mesin agar suhu turun terlebih dahulu.


Anda harus lebih waspada saat mobil terasa tidak normal dan suhu mesin naik dengan cepat, misalnya suhu naik meskipun baru sebentar dipakai, maka ceklah beberapa komponen berikut:


1. Kipas Mesin

Kipas pada mesin berfungsi untuk menghisap udara agar lewat radiator dan mendinginkan air radiator yang ada. Jika kipas mati, radiator akan kekurangan suplai udara dan suhu pun akan meningkat. Jika kipas mati, kemacetan merupakan musuh utama karena hanya sedikit udara yang lewat. Tapi, jika jalanan lancar seperti di tol, suhu akan normal karena angin yang ada saat berjalan cepat.


2. Thermostat

Thermostat berfungsi untuk menjaga suhu agar tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin alias berada di titik optimal. Jika thermostat tersangkut dan tidak mau membuka, maka hanya sedikit air yang akan melewati radiator dan membuat mesin kepanasan.


3. Air Radiator

Air radiator menjadi salah satu komponen yang paling mudah dicek. Periksa isi air radiator, cek juga overflow tank jika ada. Lalu, pastikan air tidak berada di bawah batas minimum ataupun di atas batas maksimum. Jangan lupa juga perhatikan selang radiator apakah dalam kondisi baik?


Jika mobil anda benar mengalami kerusakan pada komponen-komponen tersebut dengan ciri-cirinya, maka segeralah bawa mobil Anda ke bengkel terdekat.


Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: