Meluncur Di Thailand, Yuk Simak Sejarah Toyota Hilux -  Sebuah paradigma yang mengubah perkembangan pick up Toyota. Dahulu kendaraan Kijang jenis pick up sempat merajahi kendaraan komersial di Indonesia. Namun semenjak generasi Toyota Kijang Innova, kendaraan legendaris ini memfokuskan pada model MPV. Sementara itu predikat kendaraan pengangkut barang dikembalikan pada Toyota Hilux di medio 2006.


Sejarah Toyota Hilux di Indonesia

Sebenarnya Toyota Hilux bukanlah wajah baru bagi perkembangan otomotif di Indonesia. Mobil ini pernah mengisi line-up PT Toyota Astra Motor (TAM) pada kurun waktu tahun 1977 hingga 1979. Bisa dikatakan Toyota Hilux ini sempat menjadi salah satu tipe mobil yang ikut serta dalam menopang jalannya kehidupan ekonomi di Indonesia. 

Jika ditelusuri sejarahnya, Hilux diciptakan oleh Toyota sebagai truk pick up yang ditujukan untuk mobilitas perdagangan. Hilux generasi pertama telah dibuat pada tahun 1965 dengan ide yang diperoleh dari Toyota Toyota G1 truck. Toyota G1 truck sendiri merupakan truk ringan buatan Toyota yang dibuat sekitar tahun 1935. Di Indonesia Toyota Hilux generasi kedua resmi berubah bentuk pada tahun 1972.

Tapi sayangnya, kisah Hilux di Indonesia hanya beroperasi selama dua dekade. Sebab berikutnya PT TAM memfokuskan untuk mengembangkan Toyota Kijang berkonsep Kendaraan Bermotor Niaga Sederhana (KBNS) yang cenderung tidak lagi memasarkan Hilux di Indonesia sejak 1979. Akhirnya Toyota Hilux muncul lagi di Indonesia setelah 27 tahun yaitu pada tahun 2006.

2006 Toyota Hilux Kebali Ke Pasar Mobil Indonesia

Toyota Hilux akhirnya hadir kembali di pasar mobil Indonesia pada 2006. Tepatnya saat Toyota melakukan perubahan konsep pada model Kijang dari berbasis niaga menjadi mobil keluarga. Proyek International Innovative Multi-purpose Vehicle (IMV) pun dicetuskan, proyek ini melahirkan tiga bersaudara: Kijang Innova di MPV, Fortuner di SUV dan Hilux di pick up. 

Muncul sebagai bagian dari IMV, tampilan Toyota Hilux lebih modern dan berkarakter. Model yang disediakan ketika dirilis adalah model single-cab. Sebagai penghasil tenaga digunakan mesin 2.000 cc tenaga 136 dk EURO2 sangat mirip dengan bahan bakar Toyota Innova. Transmisi manual 5-speed dipasang untuk mengalirkan daya ke sistem penggerak 4x4. Varian yang masuk saat itu masih bersifat spot order atau sesuai pesanan.

Satu tahun kemudian, resmi PT TAM memasarkan Toyota Hilux. Namun bedanya kali ini hanya terdapat varian yang menggunakan penggerak 4x2. Mesin yang digunakan masih menggunakan unit serupa dengan varian sebelumnya yakni 1TR-FE. Toyota Hilux hadir dalam dua model yaitu model single-cab dan model cab & chassis

Model dual Cabin Muncul di Indonesia 2008

Di tahun 2008 Hilux terus berkembang. Terjadinya pengembangan fungsi dari mobil barang ke lifestyle ala urban menjadi Hilux double-cabin masuk ke pasar. Hanya tersedia dengan pilihan tipe, yakni mesin diesel E. Bersenjata 1KD-FTV 3. 000 cc 4 silinder intercooler ditambah teknologi aplikasi Variable Nozzle Turbo (VNT) untuk menghilangkan gejala turbo lag.

Tidak heran, berbekal mesin tersebut, Hilux mampu menghasilkan daya puncak 163 hp dan torsi mencapai 345 Nm. Tenaga listrik dan torsi akan disalurkan keempat ban melalui indikasi tutorial 5 speed. Karena memiliki mode 4x4 maka via transfer case mekanikal yang terletak di depan tuas transmisi, pengguna dapat memilih mode mana yang diinginkan, mau mode 2H, 4H atau 4L dapat digunakan saat dibutuhkan. 

Pada tahun 2009 Toyota Hilux kabin ganda tipe G diperkenalkan. Tentunya fitur yang dimiliki lebih lengkap dari tipe E. Di antaranya yaitu foglamp depan dan imbuhan beberapa panel krom.Pada kursi dan pintu dibuat kulit sintetis. Dasbor diberi sentuhan panel krom. Di Bagian dashboard diberi sentuhan panel krom. Twin airbag Pinned panduan rem ABS. Sangat mirip MID Fortuner ditetapkan pada produk head unit dan sistem penggerak mirip dengan tipe E.

Cikal bakal Toyota Fourtuner dengan Mesin VNT

Di tahun 2011 keluarga IMV semakin berkembang. Selain semakin segar, rupa yang ditawarkan juga semakin stylish dan menawan. Ada perubahan bentuk pada corak kabin yang lebih mewah. 

Perubahan besar terdapat di mesin varian Double Cabin ini. Unit dengan 2KD-FTV 2.500 cc menggantikan unit lama. Penggunaan teknologi VNT (Variable Nozzle Turbo) dan intercooler akan membuat kemampuan substansial jauh lebih baik dari versi yang digunakan Fortuner dan Innova. Kemampuan mencapai hingga 136 hp dengan 345 Nm torsi. Transmisi manual 5-speed yang digunakan serta penggerak 4x4 tangguh. Sayangnya, tipe Single Cabin pada line-up baru dibekali mesin diesel 2KD-FTV turbo common-rail yang menawarkan efisiensi lebih. 

Teknologi 2015 Toyota Hilux Kedelapan Masuk di Indonesia

Pada tahun 2015 All New Toyota Hilux masuk di pasar industri otomotif Indonesia, tampilan yang lebih gaga dengan desain headlamp serta bumper depan lebih besar dan grille model baru. Coakan di kap mesin yang berguna untuk mengalirkan udara ke intercooler membuatnya terlihat kian macho. ketika itu Hilux hadir di indonesia dengan tiga model, yakni pick up, extra cabin, dan dual cabin. 

Mesin yang digunakan masih sama dengan generasi sebelumnya yakni menggunakan bensin dan diesel non VNT untuk model pick up, dan diesel VNT untuk model extra cabin dan dual cabin. Berbekal mesin bertenaga dengan tampilan tangguh, tidak salah jika Hiroki Nakajima, selaku Officer Toyota Motor Corporation yang juga menjadi Chief Engineer Hilux generasi kedelapan ini mengatakan jika Hilux tipe ini hadir dengan membawa daya tahan dan ketangguhan. 

2017 Hilux Kembali Ganti Mesin

Di tahun 2017 Hilux melakukan sedikit modifikasi pada jantung pacu yang mesin 2KD lawas digantikan mesin 2GD-FTV mirip dengan Toyota Fortuner dan Innova Reborn saat itu. Meski kapasitas silinder totalnya lebih kecil yakni 100 cc dari mesin 2KD, namun tenaganya meningkat 8 dk dari mesin lama, begitu juga dengan torsinya yang naik 57 Nm. Jadi diatas kertas, meskipun mesin baru ini kapasitasnya lebih kecil namun mampu menghasikan tenaga dan torsi lebih besar. 

Unit mesin diesel dapat dikodekan 2GD-FTV mampu siap menyediakan listrik 150 tenaga kuda pada 3400 Unit mesin rpm propeller dan torsi 400 Nm pada unit mesin kecepatan sebesar 1600-2000 rpm. Tidak hanya lebih kuat saat akselerasi, mesin ini juga terbukti tangguh, hasil pengujian konstan saat berkendara di jalan raya dengan kecepatan rata-rata 81 km / jam hanya menghabiskan 1 liter bahan bakar untuk 15, 8 km. Untuk pemakaian di dalam kota dapat menempuh kecepatan di kecepatan 18 km/jam minum 1 liter bahan bakar diesel untuk 11, 4 km. 

Tahun 2019 Model Xtra Cabin Menghilang

Memasuki 2019 Toyota Hilux telah versi penyempurnaan lain, PT TAM memberikan jika permintaan untuk Toyota Hilux Xtra Cabin agak kurang menarik, oleh karena itu mereka mengganti Cabin Tunggal versi Diesel 4x4 dilengkapi dengan mesin 2GD. Walaupun Toyota Hilux Xtra Cabin memberikan tampilan lebih berbeda dan ruang ekstra di belakang kursi penumpang depan dan pengemudi.

Nah, pada tahun 2020, tepatnya pada bulan Juni, Toyota Motor Thailand mengeluarkan model facelift dari Toyota Hilux. Setidaknya ada empat model yang hadir di negara gajah putih itu , mulai dari yang paling murah Toyota Hilux Revo Standard Cab atau disebut B-Cab, maka terdapat Hilux Revo Z Edition, diikuti oleh Hilux Revo PreRunner, dan Hilux terakhir Revo Rocco sebagai kebanyakan model yang mahal. Di setiap model dibedakan dari aksesoris, desain eksterior, dan ukuran kabin.

Hingga artikel ini ditulis, belum jelas kapan Toyota Hilux facelift ini masuk ke Indonesia, jadi begitulah ulasan kami soal sejarah Toyota Hilux di pasar mobil Indonesia.

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: