Penyebab AC Mobil Bau Dan Tips Mengatasinya - Air conditioner (AC) merupakan komponen yang cukup penting dalam sebuah mobil. Dengan AC membuat pengendara semakin nyaman terlebih jika cuaca di luar sedang panas-panasnya. Namun terkadang perawatan AC kerap terlewatkan, sampai akhinya menimbulkan embusan angin yang berbau tak sedap.

Lalu, bagaimana solusi untuk mengatainya? 



Samsudin sebagai National Technical Advisor Astra Peugeot menyatakan, penyebab AC mobil mengeluarkan bau yaitu karena jamur atau kotoran yang menempel pada . Hal ini berkaitan dengan proses kondensasi atau pengembunan yang terbentuk secara alami pada komponen ini.

Samsudin juga tak luput memberikan tips bagaimana caranya untuk mengurangi kelembapan dan potensi munculnya bau pada evaporator. 

“Tipsnya yaitu matikan AC dan mengatur blower ke maksimal saat sebelum mematikan mesin dan memarkirkan kendaraan, lakukan ini saat kendaraan selesai digunakan” jelasnya.

Tetapi jika suka menimbulkan bau, maka evaporator harus dibersihkan secara manual dengan cara dicopot dan dicuci di luar dengan ait. Atau bisa juga dilakukan didalam mobil dengan menggunakan cairan khusus pembersih evaporator. 

Selain itu, Samsudin menjelaskan filter kabin yang kotor juga dapat menjadi penyebab timbulnya bau pada AC mobil. Ia menambahkan sebaiknya melakukan penggantian filter setiap interval 30 ribu kilometer.

Penyebab kelembapan dan timbulnya jamur dalam perangkat AC juga dapat disebabkan karena adanya sumbatan pada saluran pembuangan air yang dihasilkan dari proses kondensasi. Sumbatan ini dapat diatasi dengan cara meniupkan udara ke saluran pembuangan yang tersumbat.


Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: