Petshop Kendari - Kendari adalah nama kotamadya dan juga sebagai ibukota dari provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Kendari diresmikan sebagai kotamadya (kini kota) dengan UU RI No. 6 Tahun 1995 tanggal 27 September 1995. Kota ini memiliki luas 271,8 km² (26.847 Ha) dan berpenduduk sebanyak 345.107 jiwa (2020).[2][1]

Sejarah
Penemu, penulis dan pembuat peta pertama tentang Kendari adalah Vosmaer (berkebangsaan Belanda) tahun 1831. Pada tanggal 9 Mei 1831 Vosmaer membangun istana raja Suku Tolaki bernama TEBAU di sekitar pelabuhan Kendari dan setiap tanggal 9 Mei pada waktu itu dan sekarang dirayakan sebagai hari jadi Kota Kendari.

Pada zaman kolonial Belanda Kendari adalah Ibukota Kewedanan dan Ibu kota Onder Afdeling Laiwoi. Kota Kendari pertama kali tumbuh sebagai Ibukota Kecamatan dan selanjutnya berkembang menjadi Ibukota Kabupaten Daerah Tingkat II berdasarkan Undang-Undang Nomor 29 Tahun 1959, dengan perkembangannya sebagai daerah permukiman, pusat perdagangan dan pelabuhan laut antar pulau. Luas kota pada saat itu ± 31.400 km².

Petshop Kendari
Petshop Kendari

Dengan terbitnya Perpu Nomor 2 Tahun 1964 Jo. Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1964, Kota Kendari ditetapkan sebagai Ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara yang terdiri dari 2 (dua) wilayah kecamatan, yakni Kecamatan Kendari dan Kecamatan Mandonga dengan luas Wilayah ± 75,76 Km².

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 1978, Kendari menjadi Kota Administratif yang meliputi tiga wilayah kecamatan yakni Kecamatan Kendari, Mandonga dan Poasia dengan 26 kelurahan dan luas wilayah ± 18.790 Ha. Mengingat pertumbuhan dan perkembangan Kota Kendari, maka dengan keluarnya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1995 Kota Kendari ditetapkan menjadi Kota Madya Daerah Tingkat II Kendari, dengan luas wilayah mengalami perubahan menjadi 296 Km².Petshop Kendari

Sekitar bulan Juni dan bulan November, arus angin selalu tidak menentu dengan curah hujan yang tidak merata. Musim ini dikenal sebagai musim pancaroba atau peralihan antara musim hujan dan musim kemarau. Pada bulan Juli sampai dengan bulan November, angin bertiup dari arah timur berasal dari benua Australia yang kurang mengandung uap air. Hal ini mengakibatkan kurangnya curah hujan di daerah ini, sehingga terjadi musim kemarau.

Pada bulan Desember sampai dengan bulan April, angin bertiup banyak mengandung uap air yang berasal dari benua Asia dan Samudera Pasifik, setelah melewati beberapa lautan. Pada bulan-bulan tersebut di wilayah Kota Kendari dan sekitarnya biasanya terjadi musim hujan. Kota Kendari memiliki curah hujan yang berkisar antara 1.200–2.400 mm per tahun dengan jumlah hari hujan berkisar antara 120–180 hari hujan per tahun.

Dengan keluarnya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah, Kotamadya Daerah Tingkat II Kendari berubah menjadi Kota Kendari. Berdasarkan Perda Nomor 1 Tahun 2003 telah dimekarkan menjadi 10 kecamatan dengan jumlah kelurahan setelah pemekaran pada bulan Oktober 2006 sebanyak 64 kelurahan.

Kota Kendari dikepalai oleh seorang Wali kota, dalam melaksanakan tugasnya Wali kota Kendari dibantu oleh Sekretaris Wilayah Kota yang membawahi beberapa Asisten, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) dan Inspektorat Wilayah Daerah serta dibantu oleh berbagai Instansi Dinas/Vertikal yang masing-masing mempunyai lingkup tugas yang berbeda-beda. Di setiap kecamatan dan kelurahan, Wali kota Kendari mendudukkan masing-masing seorang Camat dan seorang Lurah dalam upaya untuk membantu kelancaran pelaksanaan pembangunan dan kemasyarakatan sampai ke bawah.Petshop Kendari

Kota Kendari terdiri dari 10 kecamatan dan 67 kelurahan dengan luas wilayah 298,00 km² dan jumlah penduduk sebesar 404.000 jiwa (2021) dengan sebaran penduduk 1.355 jiwa/km².[13][14]

Daftar kecamatan dan kelurahan di Kota Kendari, adalah sebagai berikut:

Kode
Kemendagri
KecamatanJumlah
Kelurahan
Daftar
Kelurahan
74.71.06Abeli13AbeliAnggalomelaiBenuaniraeBungkutokoLapuluNamboPetoahaPoasiaPudaiSambuliTaliaTobimeitaTondonggeu
74.71.03Baruga4BarugaLepo-LepoWatubanggaWundudopi
74.71.08Kadia5AnaiwoiBendeKadiaPondambeaWawanggu
74.71.10Kambu4KambuLalolaraMokoauPadaleu
74.71.02Kendari9Gunung JatiJati MekarKampungsaloKandaiKendari CaddiKassilampeMangga DuaMataPurirano
74.71.05Kendari Barat9Benu-BenuaDapu-DapuraKemarayaLahundapePunggalobaSadohaSanuaTipuluWatu-Watu
74.71.01Mandonga6AlolamaAnggilowuKorumbaLabibiaMandongaWawonbalata
74.71.04Poasia4AnduonohuAnggoeyaMatabubuRahandouna
74.71.09Puuwatu6Abeli DalamLalodatiPunggolakaPuuwatuTobuuhaWatulondo
74.71.07Wua-Wua4AnawaiBonggoeyaMataiwoiWua-Wua
TOTAL67

Petshop Kendari Penduduk Kota Kendari pada tahun 2003 sebanyak 221.723 jiwa meningkat menjadi 222.955 jiwa pada tahun 2004. Lalu pada tahun 2005 penduduk Kota Kendari telah mencapai 226.056 jiwa, dan tahun 2020 penduduk Kota Kendari mencapai angka 345.107 jiwa. Untuk jumlah penduduk metropolitan, Kota Kendari memiliki jumlah penduduk sebanyak 540.202 jiwa (sebagian mencakup wilayah ranomeeto dan sekitarnya). Berdasarkan data tersebut di atas, terlihat bahwa laju pertumbuhan penduduk Kota selama kurun waktu tahun 2003-2005 sebesar 0,97 persen per tahun.

Untuk laju pertumbuhan penduduk menurut kecamatan, laju pertumbuhan penduduk Kecamatan Poasia, Kecamatan Abeli dan Kecamatan Baruga berada di atas laju pertumbuhan penduduk rata-rata Kota Kendari, yaitu masing-masing 7,00 persen 1,89 dan 1 persen. Sedangkan tiga kecamatan lainnya berada di bawah laju pertumbuhan penduduk rata-rata Kota Kendari, yaitu Kecamatan Kendari tercatat mengalami pertumbuhan negatif -3,33 persen, Kecamatan Kendari Barat -1,04 persen dan Kecamatan Mandonga sebesar 0,17 persen.

Tenaga kesehatan pada tahun 2005 terdiri dari dokter umum 35 orang, dokter gigi 17 orang dan apoteker 7 orang. Tenaga perawat mengalami kenaikan dari 122 orang pada tahun 2004 menjadi 140 orang pada tahun 2005. Adapun tenaga kesehatan lainnya meningkat dari 83 orang pada tahun 2004 menjadi 94 orang pada tahun 2005.

Data bayi yang di imunisasi menurut jenis vaksin, dari 9 jenis vaksin masing-masing terdiri dari BCG 1.987 orang, DPT I sebanyak 5.738 orang, DPT II sebanyak 5.623 orang, DPT III sebanyak 5.361 orang, Polio I sebanyak 6.485 orang, Polio II sebanyak 5.533 orang, Polio III sebanyak 5.779 orang dan Campak sebanyak 5.853 orang.Petshop Kendari

Data penderita penyakit terhadap 26 jenis penyakit terlihat bahwa penderita penyakit yang terbanyak pada tahun 2005 adalah penyakit ISPA sebanyak 17.769 orang, Diare sebanyak 4.053 orang, Bronchitis sebanyak 1.295 orang, Malaria Klinis sebanyak 1.283 orang dan Pneumomia sebanyak 407 orang.

petshop sukabumi petshop ambon petshop palu petshop yogyakarta

Bagi banyak orang petshop adalah tempat jualan makanan binatang peliharaan seperti kucing , aksesoris binatang, dan penitipan binatang. Namun bagi sayang binatang termasuk saya, petshop ibarat Surga yang sungguh indah. Bagaimana tidak indah, setiap berkunjung ke petshop kita selalu menemui makhluk-makhluk berparas mungil dan menggemaskan. Mereka selalu mengeong ke kita, hanya untuk menarik perhatian kita agar kita bisa mengelus-ngelus mereka.Petshop Kendari

Saya di rumah memilik 5 ekor kucing, hampir seminggu sekali saya selalu ke petshop untuk membeli makanan kucing-kucing saya yang ada di rumah. Kalau hanya membeli makanannya saja sih sebentar memang, tapi untuk bercengkrama dengan kucing-kucing yang ada di petshop bisa menghabiskan waktu 15-20 menit sendiri. Maklum saya kalau ketemu kucing selalu ingin mengajak main atau mengobrol dan bercanda .

Kedua orangtua saya kadang-kadang suka bilang kalau saya sedikit gila, karena mengajak kucing ngobrol. Tapi ya bagaimana lagi, dengan adanya kucing di rumah membuat saya selalu happy. Bahkan kalau saya sedang penat, bermain dengan kucing bisa menghilangkan penat saya. Kembali ke topik petshop, saya sangat berterimakasih kepada orang pertama yang menciptakan petshop itu. Secara tidak langsung keberadaan petshop bisa membuat manusia yang berkunjung kesana merasa gembira, karena dapat berinteraksi dengan hewan-hewan yang ada di petshop tersebut.

Mau Memulai Bisnis Petshop Kendari yang Menguntungkan

Bisnis PetShop
Bisnis PetShop

Anda termasuk orang yang senang dengan hewan dan memeliharanya di rumah? Jika iya, ini bisa menjadi salah satu peluang bisnis bagi Anda. Dengan membuka bisnis pet shop, Anda tidak hanya dapat meraih keuntungan, tapi juga bisa menjalankan hobi Anda sekaligus.

Berbekal ilmu merawat hewan peliharaan, Anda akan lebih mudah menjalankan bisnis pet shop. Tertarik untuk memulai bisnis ini? Ikuti beberapa tips yang harus Anda lakukan untuk memulai bisnis pet shop di bawah ini.

Tempat atau Lokasi Bisnis Petshop Kendari

Tempat atau Lokasi Bisnis PetShop

Sebelum memulai bisnis pet shop, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih lokasi bisnis.

Cobalah pilih lokasi yang mudah diakses dan strategis oleh pelanggan. Salah satu tips dalam memilih lokasi pelanggan antara lain:

  1. Lokasi yang kondusif, lokasi harus bebas dari kebisingan, buatlah toko petshop Anda dapat menangkal suara dari luar agar hewat tidak mudah stress, buat penyaring udara, dan juga pendingin udara.
  2. Kebersihan toko juga perlu diperhatikan untuk memberikan kenyamanan pada pelanggan dan juga kesehatan hewan yang dijual.
  3. Dekat dengan pemukiman. Dekat dengan pemukiman agar toko Anda mudah dijangkau oleh konsumen. Selain itu Anda perlu menghindari lokasi-lokasi seperti tempat makan, pasar atau perkantoran.

Menentukan Jenis Layanan Bisnis Petshop Kendari

Petshop Kendari
Menentukan Jenis Layanan Bisnis PetShop

Ada berbagai jenis layanan dalam bisnis pet shop, mulai dari jual-beli kebutuhan hewan, jual-beli hewan, menjual aksesoris, mainan, mrizky dan sebagainya.

Untuk memberikan image positif bagi pet shop, Anda juga bisa memberikan layanan dengan sistem one-stop-service atau semua jenis layanan. Anda juga bisa menambahkan layanan jasa titip atau salon bagi hewan peliharaan.

Dengan begitu, target pasar Anda akan semakin besar karena layanan yang Anda berikan begitu lengkap.

Minta Izin Lingkungan Sekitar Terdekat

Bagaimana Cara Membuat Izin Setelah Anda memilih lokasi bisnis dan lokasi tersebut berada di kawasan yang cukup ramai, Anda harus meminta izin kepada warga sekitar.

Selain untuk menghindari konflik di kemudian hari, dengan meminta izin, Anda sudah menghargai orang sekitar, karena tidak semua orang nyaman ada di dekat hewan tertentu.

Sebelum meminta izin kepada warga di sekitar lingkungan tempat bisnis, ada baiknya Anda mengajukan permohonan rekomendasi surat izin gangguan (HO) ke dinas perizinan kota.

Rekrut Veterinarian dan Care-taker

Di negara-negara maju, seorang pebisnis hewan peliharaan bukan hanya mempekerjakan karyawan. Namun tenaga ahli seperti dokter hewan (veterinarian) dan juga perawat hewan (care-taker).

Karena hewan-hewan yang dijual juga tidak hanya untuk dipajang, namun juga dirawat.

Hewan yang dijual harus dijaga kesehatannya. Terlebih jika Anda memiliki layanan penitipan hewan Anda memerlukan seorang care-taker dan juga dokter hewan. Adanya dokter hewan juga dapat meningkatkan fasilitas pet shop Anda.

Bangun Hubungan dengan Komunitas di Sosial Media dan lainnya

Komunitas di Sosial Media
Komunitas di Sosial Media

Bisnis pet shop  merupakan bisnis yang mengandalkan komunitas. Salah satu caranya yaitu membangun hubungan dengan komunitas.

Membangun hubungan dengan komunitas dapat berupa melakukan promosi dan layanan khusus untuk komunitas tertentu dan terlibat dalam event-event yang diselenggarakan komunitas.

Berikan Pembelajaran

Berikan Pembelajaran
Berikan Pembelajaran

“Saya ingin memiliki peliharaan, tapi Saya tidak tahu cara merawatnya”, Pertanyaan itu sering diungkapkan oleh calon konsumen hewan peliharaan.

Anda dapat memberikan konten edukasi melalui media sosial Anda dan juga membuat konten di kanal YouTube.

Konten berfungsi untuk menarik orang-orang yang baru dan ingin membeli hewan peliharaan. Edukasi juga dapat dilakukan dengan mengadakan event seperti lomba grooming, olahraga atau seminar.

Merencanakan Manajemen Bisnis Petshop Kendari

Manajemen Bisnis PetShop

Manajemen bisnis merupakan hal penting yang harus Anda rencanakan sejak awal memulai bisnis. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk memprediksi ke mana arah bisnis Anda berjalan.

Manajamen bisnis yang harus Anda tentukan mulai dari jam operasional, tarif, paket pelayanan, jenis layanan, solusi pembuangan kotoran hewan, kerja sama dengan dokter hewan, Memilih Jenis Kucing dan sebagainya.

Tips Meningkatkan Penjualan bagi Pemilik Bisnis Pet Shop

Petshop Kendari
Tips Meningkatkan Penjualan bagi Pemilik Bisnis Pet Shop
  • Lakukan Sebuah Riset

Anda dapat meneliti atau melakukan riset kecil-kecilan seputar hewan yang paling banyak digemari didaerah yang ingin Anda bangun pet shop.

Dengan riset tersebut Anda dapat memutuskan akan fokus menjual hewan apa saja. Umumnya di Indonesia, hewan yang paling menguntungkan untuk dijual adalah kucing dan anjing karena pangsa pasarnya besar.

  • Lakukan Promosi ke Media

Anda dapat melakukan promosi melalui brosur, maupun melalui media sosial seperti Facebook, Blackberry, Twitter dll. Grup dan fan page Facebook, biasanya sangat cepat dan mudah mengembangkannya bisnis Anda.

Dengan kemudahan akses internet saat ini, Anda dapat dengan mudah mengenalkan produk apa saja yang diual di bisnis pet shop Anda.

  • Strategi Penataan

Menata display produk yang akan di pajang juga memerlukan strategi. Tempatkan produk yang paling banyak terjual atau dicari orang di urutan terdepan etalase.

Sehingga memudahkan orang untuk mencari produk tersebut. Apabila terdapat barang yang sedang promo, Anda juga dapat menempatkan produk tersebut di bagian etalase depan toko pet shop Anda.

  • Berikan Konsultasi

Berikan konsultasi kepada pelanggan setia pet shop Anda mengenai masalah kesehatan dan makanan untuk hewan peliharaan.

Dengan adanya konsultasi tersebut, tentunya akan membuat pelanggan menjadi tahu mengenai apa saja yang diperlukan bagi hewan peliharaannya. Sehingga memberikan nilai lebih pada bisnis pet shop Anda.

  • Bangun Profesionalitas

Anda harus mengindari kesalahan-kesalahan dalam menjalankan usaha ini.

Kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan antara seperti mempekerjakan karyawan yang tidak telaten, tidak bisa memahami kondisi hewan piaraan, pemberian perawatan dan obat yang kurang tepat, serta minim pengetahuan tentang binatang.

Hindari kesalahan sekecil mungkin dalam bisnis pet shop Anda.

Selain manajemen bisnis, Anda juga harus merencanakan manajeman keuangan. Karena, tanpa adanya manajemen keuangan yang baik, bisnis Anda tidak akan mudah untuk berkembang.

Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan manajemen keuangan sejak awal perjalanan bisnis Anda. Jurnal merupakan software akuntansi online, yang dapat membantu Anda melakukan manajemen keuangan bisnis dengan baik.

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: