Petshop Papua - Papua adalah provinsi yang terletak di bagian tengah Pulau Papua atau bagian paling timur wilayah Papua milik Indonesia. Belahan timurnya merupakan negara Papua Nugini. Provinsi Papua sebelumnya bernama Irian Jaya yang mencakup seluruh wilayah Pulau Papua. Sejak tahun 2003 dibagi menjadi dua provinsi, dengan bagian timur tetap memakai nama Papua sedangkan bagian baratnya memakai nama Papua Barat (Pabar). Provinsi Papua memiliki luas 312.224,37 km2 dan merupakan provinsi terbesar dan terluas pertama di Indonesia

Provinsi Papua memiliki luas sekitar 312.224,37 km2, pulau Papua berada di ujung timur dari wilayah Indonesia, dengan potensi sumber daya alam yang bernilai ekonomis dan strategis, dan telah mendorong bangsa-bangsa asing untuk menguasai pulau Papua.[3]

Kabupaten Puncak Jaya merupakan kota tertinggi di pulau Papua, sedangkan kota yang terendah adalah kota Merauke. Sebagai daerah tropis dan wilayah kepulauan, pulau Papua memiliki kelembapan udara relatif lebih tinggi berkisar antara 80-89% kondisi geografis yang bervariasi ini memengaruhi kondisi penyebaran penduduk yang tidak merata. Pada tahun 1990 penduduk di pulau Papua berjumlah 1.648.708 jiwa dan meningkat menjadi sekitar 2,8 juta jiwa pada tahun 2006 dan 4.303.707 jiwa pada tahun 2020.[3] Dengan ketinggian 4.884 m, Puncak Jaya merupakan puncak tertinggi di Indonesia sekaligus di Oseania.Petshop Papua

Petshop Papua
Petshop Papua

Perkembangan asal usul nama pulau Papua memiliki perjalanan yang panjang seiring dengan sejarah interaksi antara bangsa asing dengan masyarakat Papua, termasuk pula dengan bahasa-bahasa lokal dalam memaknai nama Papua.

Provinsi Papua, sebelumnya mencakup seluruh wilayah Indonesia di Pulau Papua. Pada masa pemerintahan kolonial Hindia Belanda, wilayah ini dikenal sebagai Nugini Belanda (Nederlands Nieuw-Guinea atau Dutch New Guinea). Setelah berada bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia, wilayah ini dikenal sebagai Provinsi Irian Barat sejak tahun 1963 hingga 1973. Namanya kemudian diganti menjadi Irian Jaya oleh Soeharto pada saat meresmikan tambang tembaga dan emas Freeport, nama yang tetap digunakan secara resmi sampai terbitnya Undang-Undang No. 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Papua mengamanatkan nama provinsi ini untuk diganti menjadi Papua.

Pada tahun 2003, disertai oleh berbagai protes (penggabungan Papua Tengah dan Papua Timur), Papua dibagi menjadi dua provinsi oleh pemerintah Indonesia; bagian timur tetap memakai nama Papua sedangkan bagian baratnya menjadi Provinsi Irian Jaya Barat (kemudian menjadi Papua Barat). Bagian timur inilah yang menjadi wilayah Provinsi Papua pada saat ini.

Nama Papua Barat (West Papua) masih sering digunakan oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM), suatu gerakan separatis yang ingin memisahkan diri dari Indonesia dan membentuk negara sendiri.

UtaraSamudera Pasifik
TimurPapua Nugini
SelatanProvinsi Papua PegununganPapua Tengah
BaratProvinsi Papua BaratProvinsi Maluku

Papua adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah utara Australia dan merupakan bagian dari wilayah timur Indonesia. Sebagian besar daratan Papua masih berupa hutan belantara. Papua merupakan pulau terbesar kedua di dunia setelah Greenland. Sekitar 47% wilayah pulau Papua merupakan bagian dari Indonesia, yaitu yang dikenal sebagai Netherland New Guinea, Irian Barat, West Irian, serta Irian Jaya, dan akhir-akhir ini dikenal sebagai Papua. Sebagian lainnya dari wilayah pulau ini adalah wilayah negara Papua New Guinea (Papua Nugini), yaitu bekas koloni Inggris. Populasi penduduk di antara kedua negara sebetulnya memiliki kekerabatan etnis, tetapi kemudian dipisahkan oleh sebuah garis perbatasan.Petshop Papua

Papua memiliki luas area sekitar 421.981 kilometer persegi dengan jumlah populasi penduduk hanya sekitar 2,3 juta. Lebih dari 71% wilayah Papua merupakan hamparan hutan hujan tropis yang sulit ditembus karena terdiri atas lembah-lembah yang curam dan pegunungan tinggi, dan sebagian dari pegunungan tersebut diliputi oleh salju. Perbatasan antara Indonesia dengan Papua Nugini ditandai dengan 141 garis Bujur Timur yang memotong pulau Papua dari utara ke selatan.

Seperti juga sebagian besar pulau-pulau di Pasifik Selatan lainnya, penduduk Papua berasal dari daratan Asia yang bermigrasi dengan menggunakan kapal laut. Migrasi itu dimulai sejak 30.000 hingga 50.000 tahun yang lalu, dan mengakibatkan mereka berada di luar peradaban Indonesia yang modern, karena mereka tidak mungkin untuk melakukan pelayaran ke pulau-pulau lainnya yang lebih jauh.

No.Kabupaten/kotaPusat pemerintahanBupati/wali kotaLuas wilayah (km²)[42]Jumlah penduduk (2020)[43]DistrikKelurahan/kampungLambangsembunyiPeta lokasi
1Kabupaten Biak NumforBiakHerry Ario Naap2.602,00134.6501914/254
2Kabupaten JayapuraSentaniMathius Awoitauw11.157,15166.171195/139
3Kabupaten KeeromArsoPiter Gusbager8.390,0061.62311-/91
4Kabupaten Kepulauan YapenSerui KotaTonny Tesar2.050,00112.676165/160
5Kabupaten Mamberamo RayaBurmesoDorinus Dasinapa23.813,9136.4838-/60
6Kabupaten SarmiSarmiEduard Fonataba17.742,0041.515102/92
7Kabupaten SupioriSorendiweriYan Imbab678,3222.5475-/38
8Kabupaten WaropenBotawaYeremias Bisay10.977,0933.94311-/100
9Kota Jayapura-Benhur Tommy Mano935,92398.478525/14

Taman Nasional Lorentz adalah sebuah taman nasional yang terletak di provinsi Papua, Indonesia. Dengan luas wilayah sebesar 2,4 juta Ha; Lorentz merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara. Taman ini masih belum dipetakan, dijelajahi dan banyak terdapat tanaman asli, hewan dan budaya. Pada 1999 taman nasional ini diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Wilayahnya juga terdapat persediaan mineral, dan operasi pertambangan berskala besar juga aktif di sekitar taman nasional ini. Ada juga Proyek Konservasi Taman Nasional Lorentz yang terdiri dari sebuah inisiatif masyarakat untuk konservasi komunal dan ekologi warisan yang berada di sekitar Taman Nasional Loretz ini.Petshop Papua

Dari tahun 2003 hingga kini, WWF-Indonesia Region Sahul Papua sedang melakukan pemetaan wilayah adat dalam kawasan Taman Nasional Lorentz. Tahun 2003–2006, WWF telah melakukan pemetaan di Wilayah Taman Nasional Lorentz yang berada di Distrik Kurima Kabupaten Yahukimo, dan Tahun 2006–2007 ini pemetaan dilakukan di Distrik Sawaerma Kabupaten Asmat. Nama Taman Nasional ini diambil dari seorang Penjelajah asal Belanda, Hendrikus Albertus Lorentz,yang melewati daerah tersebut pada tahun 1909 yang merupakan ekspedisinya yang ke-10 di Taman Nasional ini.

petshop nusa tenggara barat petshop nusa tenggara timur petshop bali petshop sumatra barat

Bagi banyak orang petshop adalah tempat jualan makanan binatang peliharaan seperti kucing , aksesoris binatang, dan penitipan binatang. Namun bagi sayang binatang termasuk saya, petshop ibarat Surga yang sungguh indah. Bagaimana tidak indah, setiap berkunjung ke petshop kita selalu menemui makhluk-makhluk berparas mungil dan menggemaskan. Mereka selalu mengeong ke kita, hanya untuk menarik perhatian kita agar kita bisa mengelus-ngelus mereka.

Saya di rumah memilik 5 ekor kucing, hampir seminggu sekali saya selalu ke petshop untuk membeli makanan kucing-kucing saya yang ada di rumah. Kalau hanya membeli makanannya saja sih sebentar memang, tapi untuk bercengkrama dengan kucing-kucing yang ada di petshop bisa menghabiskan waktu 15-20 menit sendiri. Maklum saya kalau ketemu kucing selalu ingin mengajak main atau mengobrol dan bercanda .

Kedua orangtua saya kadang-kadang suka bilang kalau saya sedikit gila, karena mengajak kucing ngobrol. Tapi ya bagaimana lagi, dengan adanya kucing di rumah membuat saya selalu happy. Bahkan kalau saya sedang penat, bermain dengan kucing bisa menghilangkan penat saya. Kembali ke topik petshop, saya sangat berterimakasih kepada orang pertama yang menciptakan petshop itu. Secara tidak langsung keberadaan petshop bisa membuat manusia yang berkunjung kesana merasa gembira, karena dapat berinteraksi dengan hewan-hewan yang ada di petshop tersebut.

Mau Memulai Bisnis Petshop Papua yang Menguntungkan

Bisnis PetShop
Bisnis PetShop

Anda termasuk orang yang senang dengan hewan dan memeliharanya di rumah? Jika iya, ini bisa menjadi salah satu peluang bisnis bagi Anda. Dengan membuka bisnis pet shop, Anda tidak hanya dapat meraih keuntungan, tapi juga bisa menjalankan hobi Anda sekaligus.

Berbekal ilmu merawat hewan peliharaan, Anda akan lebih mudah menjalankan bisnis pet shop. Tertarik untuk memulai bisnis ini? Ikuti beberapa tips yang harus Anda lakukan untuk memulai bisnis pet shop di bawah ini.

Tempat atau Lokasi Bisnis Petshop Papua

Tempat atau Lokasi Bisnis PetShop

Sebelum memulai bisnis pet shop, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih lokasi bisnis.

Cobalah pilih lokasi yang mudah diakses dan strategis oleh pelanggan. Salah satu tips dalam memilih lokasi pelanggan antara lain:

  1. Lokasi yang kondusif, lokasi harus bebas dari kebisingan, buatlah toko petshop Anda dapat menangkal suara dari luar agar hewat tidak mudah stress, buat penyaring udara, dan juga pendingin udara.
  2. Kebersihan toko juga perlu diperhatikan untuk memberikan kenyamanan pada pelanggan dan juga kesehatan hewan yang dijual.
  3. Dekat dengan pemukiman. Dekat dengan pemukiman agar toko Anda mudah dijangkau oleh konsumen. Selain itu Anda perlu menghindari lokasi-lokasi seperti tempat makan, pasar atau perkantoran.

Menentukan Jenis Layanan Bisnis Petshop Papua

Menentukan Jenis Layanan Bisnis PetShop

Ada berbagai jenis layanan dalam bisnis pet shop, mulai dari jual-beli kebutuhan hewan, jual-beli hewan, menjual aksesoris, mainan, mrizky dan sebagainya.

Untuk memberikan image positif bagi pet shop, Anda juga bisa memberikan layanan dengan sistem one-stop-service atau semua jenis layanan. Anda juga bisa menambahkan layanan jasa titip atau salon bagi hewan peliharaan.

Dengan begitu, target pasar Anda akan semakin besar karena layanan yang Anda berikan begitu lengkap.

Minta Izin Lingkungan Sekitar Terdekat

Bagaimana Cara Membuat Izin Setelah Anda memilih lokasi bisnis dan lokasi tersebut berada di kawasan yang cukup ramai, Anda harus meminta izin kepada warga sekitar.

Selain untuk menghindari konflik di kemudian hari, dengan meminta izin, Anda sudah menghargai orang sekitar, karena tidak semua orang nyaman ada di dekat hewan tertentu.

Sebelum meminta izin kepada warga di sekitar lingkungan tempat bisnis, ada baiknya Anda mengajukan permohonan rekomendasi surat izin gangguan (HO) ke dinas perizinan kota.

Rekrut Veterinarian dan Care-taker

Di negara-negara maju, seorang pebisnis hewan peliharaan bukan hanya mempekerjakan karyawan. Namun tenaga ahli seperti dokter hewan (veterinarian) dan juga perawat hewan (care-taker).

Karena hewan-hewan yang dijual juga tidak hanya untuk dipajang, namun juga dirawat.

Hewan yang dijual harus dijaga kesehatannya. Terlebih jika Anda memiliki layanan penitipan hewan Anda memerlukan seorang care-taker dan juga dokter hewan. Adanya dokter hewan juga dapat meningkatkan fasilitas pet shop Anda.

Bangun Hubungan dengan Komunitas di Sosial Media dan lainnya

Komunitas di Sosial Media
Komunitas di Sosial Media

Bisnis pet shop  merupakan bisnis yang mengandalkan komunitas. Salah satu caranya yaitu membangun hubungan dengan komunitas.

Membangun hubungan dengan komunitas dapat berupa melakukan promosi dan layanan khusus untuk komunitas tertentu dan terlibat dalam event-event yang diselenggarakan komunitas.

Berikan Pembelajaran

Berikan Pembelajaran
Berikan Pembelajaran

“Saya ingin memiliki peliharaan, tapi Saya tidak tahu cara merawatnya”, Pertanyaan itu sering diungkapkan oleh calon konsumen hewan peliharaan.

Anda dapat memberikan konten edukasi melalui media sosial Anda dan juga membuat konten di kanal YouTube.

Konten berfungsi untuk menarik orang-orang yang baru dan ingin membeli hewan peliharaan. Edukasi juga dapat dilakukan dengan mengadakan event seperti lomba grooming, olahraga atau seminar.

Merencanakan Manajemen Bisnis Petshop Papua

Manajemen Bisnis PetShop

Manajemen bisnis merupakan hal penting yang harus Anda rencanakan sejak awal memulai bisnis. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk memprediksi ke mana arah bisnis Anda berjalan.

Manajamen bisnis yang harus Anda tentukan mulai dari jam operasional, tarif, paket pelayanan, jenis layanan, solusi pembuangan kotoran hewan, kerja sama dengan dokter hewan, Memilih Jenis Kucing dan sebagainya.

Tips Meningkatkan Penjualan bagi Pemilik Bisnis Pet Shop

Petshop Papua
Tips Meningkatkan Penjualan bagi Pemilik Bisnis Pet Shop
  • Lakukan Sebuah Riset

Anda dapat meneliti atau melakukan riset kecil-kecilan seputar hewan yang paling banyak digemari didaerah yang ingin Anda bangun pet shop.

Dengan riset tersebut Anda dapat memutuskan akan fokus menjual hewan apa saja. Umumnya di Indonesia, hewan yang paling menguntungkan untuk dijual adalah kucing dan anjing karena pangsa pasarnya besar.

  • Lakukan Promosi ke Media

Anda dapat melakukan promosi melalui brosur, maupun melalui media sosial seperti Facebook, Blackberry, Twitter dll. Grup dan fan page Facebook, biasanya sangat cepat dan mudah mengembangkannya bisnis Anda.

Dengan kemudahan akses internet saat ini, Anda dapat dengan mudah mengenalkan produk apa saja yang diual di bisnis pet shop Anda.

  • Strategi Penataan

Menata display produk yang akan di pajang juga memerlukan strategi. Tempatkan produk yang paling banyak terjual atau dicari orang di urutan terdepan etalase.

Sehingga memudahkan orang untuk mencari produk tersebut. Apabila terdapat barang yang sedang promo, Anda juga dapat menempatkan produk tersebut di bagian etalase depan toko pet shop Anda.

  • Berikan Konsultasi

Berikan konsultasi kepada pelanggan setia pet shop Anda mengenai masalah kesehatan dan makanan untuk hewan peliharaan.

Dengan adanya konsultasi tersebut, tentunya akan membuat pelanggan menjadi tahu mengenai apa saja yang diperlukan bagi hewan peliharaannya. Sehingga memberikan nilai lebih pada bisnis pet shop Anda.

  • Bangun Profesionalitas

Anda harus mengindari kesalahan-kesalahan dalam menjalankan usaha ini.

Kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan antara seperti mempekerjakan karyawan yang tidak telaten, tidak bisa memahami kondisi hewan piaraan, pemberian perawatan dan obat yang kurang tepat, serta minim pengetahuan tentang binatang.

Hindari kesalahan sekecil mungkin dalam bisnis pet shop Anda.

Selain manajemen bisnis, Anda juga harus merencanakan manajeman keuangan. Karena, tanpa adanya manajemen keuangan yang baik, bisnis Anda tidak akan mudah untuk berkembang.

Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan manajemen keuangan sejak awal perjalanan bisnis Anda. Jurnal merupakan software akuntansi online, yang dapat membantu Anda melakukan manajemen keuangan bisnis dengan baik.

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: